Standar Ukuran Seng Gelombang dan Harga per Lembar

Seng gelombang merupakan sebuah model atap yang paling sering dijumpai di Indonesia. Pasalnya, tingkat kekuatannya tergolong tinggi dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang memang terjamin. Selain itu, ada banyak ukuran seng gelombang yang biasa digunakan sebagai atap berdasarkan kebutuhan. Oleh karena itu, banyak rumah-rumah di Indonesia yang menggunakan seng gelombang sebagai atapnya.

Seng gelombang sendiri terbuat dari lembaran baja tipis yang terlapisi oleh zinc melalui proses peleburan dan pencetakan yang disebut elektrolisa. Atap yang terbuat dari seng bergelombang bisa tahan lama jika lapisan zinc di permukaannya masih melekat. Lapisan zinc itu sendiri bisa awet hingga 30 tahun lamanya. Menarik, bukan? Berikut ini adalah harga dan standar ukuran seng gelombang per lembar untuk Anda tahu.

Harga Seng Gelombang

Nilai efektivitas dan praktis dari seng gelombang adalah sebuah daya tarik untuk menjadi bahan satu ini sebagai bahan dasar atap rumah. Harganya yang murah juga menjadi alasan banyak yang memakainya. Anda bisa mengecek harganya di Klopmart, sebuah toko online shop asal Indonesia yang terpercaya.

Harga satu seng gelombang berukuran 0.20 mm dikenakan biaya Rp55.000. Selain itu, Anda juga bisa membeli satu seng gelombang yang memiliki ukuran 0.30 mm dan dikenakan biaya sebesar Rp70.000. Harganya terbilang murah jika dilihat dari kualitasnya yang memang bagus. Tidak hanya seng gelombangnya saja, Anda juga bisa membeli paku untuk pemasangan seng gelombang dengan harga Rp30.000 per satu kilogramnya di Klopmart.

Seng gelombang sangat murah dibandingkan bahan atap lain, bahkan tingkat kekuatan dari seng gelombang juga cukup baik. Proses pemasangan seng gelombang juga sangat cepat dan mudah serta bisa digunakan di daerah-daerah yang tidak menentu keadaan cuacanya, baik panas maupun hujan. Pengecatan seng gelombang juga mudah karena permukaannya yang memiliki sifat melekat terhadap cat.

Baca juga: Tinggi Atap Rumah Ideal yang Nyaman

Jenis Standar Ukuran Seng Gelombang

Selain ketebalan, ukuran panjang dalam suatu ukuran seng gelombang juga menentukan harganya. Di sisi lain, ukuran seng gelombang juga memiliki pengaruh terhadap kemudahan dan waktu pada proses pemasangan atap. Semakin panjang seng gelombang yang dipakai, semakin mudah pula proses pemasangannya.

Anda bisa memilih berbagai ukuran seng gelombang sesuai ukuran. Jadi, standar ukuran seng gelombang sendiri akan berbeda-beda berdasarkan kebutuhan. Berikut ini adalah beberapa jenis ukuran seng gelombang yang bisa Anda pertimbangkan:

  • Seng gelombang berukuran 0.2 mm x 80 cm x 180 cm
  • Seng gelombang berukuran 0.25 mm x 80 cm x 180 cm
  • Seng gelombang berukuran 0.25 mm x 80 cm x 210 cm
  • Seng gelombang berukuran 0.25 mm x 80 cm x 240 cm
  • Seng gelombang berukuran 0.25 mm x 80 cm x 300 cm
  • Seng gelombang berukuran 0.30 mm x 80 cm x 300 cm
  • Seng gelombang berukuran 0.30 mm x 80 cm x 210 cm
  • Seng gelombang berukuran 0.30 mm x 80 cm x 240 cm
  • Seng gelombang berukuran 0.30 mm x 80 cm x 300 cm

Beberapa tipe ukuran seng gelombang di atas bisa Anda aplikasikan pada bangunan rumah yang hendak Anda pasang atap. Oleh karena itu, Anda harus melakukan pengukuran dan penyesuaian dengan ragam ukuran seng gelombang yang ada. Jadi, gunakanlah meteran untuk mengukur panjang spasi di atap Anda agar atap seng gelombang bisa dipasang dengan pas.

Seng gelombang digunakan secara masif di bangunan-bangunan yang ada di sekitar Anda. Pemasangan yang mudah, harga yang terjangkau, dan aksesibilitas pembelian yang bisa dilakukan dengan mudah menjadi alasan kenapa seng gelombang menjadi primadona sebagai atap suatu bangunan, khususnya rumah tinggal. Oleh karena itu, Anda bisa mempertimbangkan seng gelombang sebagai bahan dasar dari atap rumah Anda.

Tidak hanya itu, ada banyak ukuran seng gelombang tersedia di toko-toko bahan bangunan. Namun, jika di sekitar Anda tidak ada toko bahan bangunan yang menjual seng gelombang, Anda bisa melakukan pemesanan di Klopmart.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Besi Beton dengan Mudah

Klopmart menyediakan banyak sekali peralatan dan perlengkapan bahan bangunan dengan lengkap. Pastinya, barang-barang yang dijual di sini cukup terjangkau dan memiliki kualitas yang baik. Semoga bermanfaat!


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
17 Jan 2020

Related Article