Sejarah Singkat Pandai Besi Di Nusantara dan Hasil Karyanya

Meski cukup asing dengan julukan pandai besi, tetapi Anda mungkin akan familier dengan hasilnya seperti pisau, pedang, dan produk lainnya. Pandai besi pada dasarnya merupakan julukan lain dari tukang besi. Pekerjaan ini biasanya berkaitan dengan penciptaan produk dari material besi baik itu produk konstruksi maupun rumah tangga. 

Berbicara tentang pandai besi di Nusantara, Anda akan melihat bagaimana seni penempaan logam ini telah berkembang pesat sejak dahulu. Dari mulai pembuatan senjata tradisional hingga produk modern yang digunakan dalam kehidupan. Mari mengenal lebih jauh tentang sejarah pandai besi, penghasilannya, serta produk-produk unik yang dihasilkan oleh para pandai besi melalui artikel berikut ini.

Sejarah Singkat Pandai Besi di Nusantara

Pandai besi telah menjadi bagian penting dalam sejarah perkembangan peradaban manusia di seluruh dunia. Bagaimana tidak, dahulu berbagai senjata diciptakan dari tempaan besi yang dibuat tajam. 

Di Nusantara sendiri, sejarah pandai besi sudah dimulai sejak masa prasejarah dan dikenal dengan nama pandai wesi yang artinya besi dalam bahasa Jawa. Penggunaan besi sendiri dikenal sejak abad kedua Masehi di Pulau Jawa dan baru setelahnya menyebar ke seluruh daerah di Indonesia.

Terdapat beberapa desa di Jawa tengah yang menjadi asal terciptanya pandai besi sejak abad 8 seperti Tanggung dan Kedok. Pada masa Hindu-Buddha di Indonesia, proses pengolahan besi sudah lebih maju. 

Salah satu contohnya yang terkenal adalah penempaan keris yang merupakan senjata khas Indonesia. Pada masa itu, keris menjadi bagian penting dalam upacara adat dan digunakan sebagai hadiah, bahkan sebagai tanda kehormatan.  Tak hanya itu saja, keris juga kerap kali digunakan sebagai senjata untuk melindungi diri dari musuh.


Setelah masa Hindu-Buddha, pengolahan besi di Nusantara semakin berkembang lagi. Para pandai besi mampu menghasilkan berbagai macam senjata dan alat-alat pertanian mulai dari  cangkul, sabit, hingga parang. Hasil kerajinan pandai besi ini kemudian banyak dimanfaatkan untuk mencari uang dan melawan musuh saat peperangan.

Pada masa kejayaan Islam, senjata dan alat-alat pertanian masih menjadi produk utama pandai besi dan digunakan untuk membajak ladang dan memotong padi. Namun hal ini bukan berarti produksi alat peperangan dihentikan, beberapa pandai besi masih tetap memproduksi senjata. 

Setelah masa kolonialisme, pengolahan besi sayangnya mengalami kemunduran. Namun, pada masa kemerdekaan, para pandai besi kembali bangkit dan menghasilkan berbagai macam produk seperti alat-alat rumah tangga dan dekorasi. Produk-produk ini masih terus diproduksi dan menjadi bagian penting dalam kebudayaan dan seni rupa Nusantara.


Baca juga: Cara Menghitung Besi dari Kg ke Batang, Disertai Contoh!

Penghasilan Pandai Besi

Pekerjaan sebagai pandai besi dapat memberikan penghasilan yang cukup besar tergantung pada keterampilan dan pengalaman pandai besi tersebut. Besaran penghasilan juga dipengaruhi oleh jenis produk yang dihasilkan, tingkat kerumitan, dan lokasi pandai besi berada.

Untuk pandai besi yang menghasilkan produk seperti keris atau senjata tradisional lainnya, biasanya memiliki penghasilan yang lebih tinggi dibandingkan dengan pandai besi yang menghasilkan produk dekoratif seperti patung atau tempat lilin. Hal ini dikarenakan nilai senjata tradisional yang lebih tinggi dibandingkan dengan produk dekoratif.

Selain itu, lokasi pandai besi juga memengaruhi besaran penghasilan. Pasalnya, pandai besi yang berada di pusat kota atau pusat kerajinan biasanya memiliki penghasilan yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang berada di daerah terpencil atau pedesaan.

Besaran penghasilan seorang pandai besi tentunya juga dilihat dari keterampilan dan pengalamannya. Semakin lama seseorang telah bekerja sebagai pandai besi, semakin tinggi kemungkinan ia memiliki keterampilan yang lebih baik dan pengalaman yang lebih luas dalam menghasilkan produk berkualitas. Hal ini juga dapat memengaruhi jumlah pesanan yang diterima dan pada akhirnya akan memengaruhi besaran penghasilan yang didapatkan.

Apalagi, logam sejak dahulu hingga sekarang dipandang sebagai simbol keteguhan kekuatan oleh sebagian besar orang. Jadi, menjadi pandai besi tentunya memiliki keahlian yang baik bahkan juga kehalusan besi agar hasilnya sempurna. Tak heran jika harga produknya pun tak jarang mencapai nilai yang cukup tinggi.

Hal lain yang menjadi faktor pandai besi memiliki penghasilan yang cukup besar adalah pekerjaan dengan risiko kesehatan dan keselamatan yang tinggi. Sebab pandai besi sering terpapar asap, panas api, hingga suara bising. Selain itu, penggunaan alat-alat berat dan bahan kimia dalam proses produksi juga memperbesar risiko kecelakaan dan cedera pada pandai besi.

Namun saat ini, seiring dengan perkembangan teknologi dan kesadaran akan kesehatan serta keselamatan kerja, pandai besi kini sudah dapat menggunakan mesin-mesin dan teknologi canggih untuk memudahkan pekerjaan serta mempercepat proses produksi dengan risiko kesehatan dan keselamatan yang lebih kecil.

Contoh Produk Pandai Besi

Sebelumnya, Anda mungkin telah melihat berbagai contoh produk pandai besi dari penjelasan artikel di atas. Namun, tentu saja Anda membutuhkan penjelasan yang lebih lengkap agar lebih memahaminya. Berikut beberapa contoh produk pandai besi yang dapat ditemukan di Indonesia dan sebaiknya Anda ketahui:

1. Keris

Keris merupakan senjata tradisional khas Indonesia yang dibuat oleh para pandai besi dengan teknik penempaan yang cukup rumit. Keris biasanya memiliki bilah yang melengkung serta tersedia dalam dua bentuk yaitu tegak lurus atau bergelombang dengan goresan-goresan pada permukaannya yang disebut pamor. Keris dapat digunakan sebagai senjata, hiasan, atau hadiah dalam upacara adat.

2. Cangkul

Selanjutnya terdapat produk pandai besi pada industri pertanian yaitu cangkul yang digunakan untuk membajak ladang dan sawah atau menggali tanah. Cangkul terbuat dari besi yang ditempa dan dilengkapi dengan pegangan kayu yang kokoh. Tak hanya itu saja, cangkul juga kerap digunakan sebagai alat dekoratif dalam rumah atau taman.

3. Patung

Patung dari besi sering digunakan sebagai dekorasi di taman atau halaman rumah. Patung ini biasanya melalui proses penempaan yang cenderung rumit sebab akan dibuat menjadi berbagai macam bentuk dan ukuran, tergantung pada keinginan pelanggan. Patung besi juga sering dihiasi dengan ukiran atau lukisan tangan untuk menambah nilai seni dan keindahan.


5. Alat Musik

Siapa yang menyangka bahwa ternyata beberapa alat musik tradisional seperti gamelan dan angklung juga menjadi salah satu contoh produk buatan pandai besi. Gamelan yang terdiri dari berbagai macam instrumen musik ini sebagian besar terbuat dari berbagai jenis logam seperti perunggu dan besi. 

Instrumen gamelan dibuat oleh pandai besi dengan teknik penempaan yang prosesnya cukup panjang dan teliti untuk menghasilkan suara yang indah dan harmonis. Di sisi lain, angklung adalah alat musik yang terbuat dari bambu dan besi. 

Proses pembuatannya dilakukan dengan menempatkan beberapa pipa bambu pada ukuran yang berbeda dan diikatkan dengan tali yang diletakkan di bingkai yang terbuat dari besi. Ketika dipukul atau digoyang, angklung menghasilkan bunyi yang unik dan menarik.

Selain produk-produk di atas, pandai besi juga dapat membuat berbagai macam produk seperti pagar, gerbang, kursi, meja, dan berbagai macam dekorasi rumah lainnya. Dalam beberapa tahun terakhir, pandai besi bahkan sudah mulai memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi mereka.

Secara keseluruhan, pada dasarnya pandai besi memang memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Melalui kemampuan mereka dalam membuat berbagai macam produk besi, pandai besi telah memberikan kontribusi besar dalam pembangunan infrastruktur, pertanian, dan dekorasi rumah di Indonesia. 

Keberhasilan pembuatan berbagai produk besi dan logam ini tentu tidak lepas dari ketersediaan alat dan bahan yang berkualitas tinggi. Beberapa alat dan bahan dasar yang biasanya dibutuhkan untuk pembuatan produk besi terutama senjata adalah pukul, nimbal, penjepit, perapian, dan tentunya besi yang berkualitas seperti besi hollow. 

Baca juga: Apa Itu Hollow dalam Dunia Konstruksi? - Klopmart

Jika Anda membutuhkan berbagai kebutuhan pembuatan produk besi di atas terutama besi hollow atau justru membutuhkan berbagai material pembangunan, pastikan untuk mendapatkan yang berkualitas di Klopmart. 

Klopmart hadir untuk memudahkan penyediaan segala kebutuhan material bangunan dan besi yang tentunya tepercaya. Tak perlu ragu, kunjungi Klopmart sekarang dan rasakan kemudahan berbelanja material bangunan yang lengkap dengan harga terjangkau dan hemat biaya pengiriman! Semoga informasi tentang pandai besi ini bermanfaat untuk Anda. 

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya