Atap & Lantai

MUSIM KEMARAU: PERHATIKAN HAL-HAL INI!

Media
00 0000

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Table Of Contents

    Di saat musim kemarau yang panjang seperti saat ini, temperatur air tanah di beberapa tempat bahkan mencapai sekitar 34o – 40o Celsius! Panasnya udara terasa tak tertahankan. Kita perlu banyak mengkonsumsi air putih supaya kondisi tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari dehidrasi.

    Rupanya panasnya temperatur udara ini juga menaikkan temperatur tanah, sehingga mempengaruhi keadaan rumah tinggal kita.

     

    Lantai Rumah

    Periksa keadaan lantai rumah yang menggunakan keramik ataupun batu alam. Pastikan kondisinya baik dan tidak retak ataupun memiliki rongga udara di bawahnya. Hal ini dapat kita ketahui dengan cara mengetuk permukaan lantai. Jika ada rongga udara, maka lantai keramik akan berbunyi lebih nyaring saat diketuk. Jika dibiarkan udara panas akan mendorong rongga udara hingga keramik akan terangkat diiringi bunyi ledakan (popping). Baca lebih lanjut: LANTAI KERAMIK ANDA MELEDAK (POPPING)?

     

    Genteng Rumah

    Genteng rumah juga perlu diperhatikan. Periksa kondisinya dengan teliti dan hati-hati. Pastikan tidak ada genteng yang retak maupun pecah. Mumpung masih musim kemarau, perbaiki dan gantilah genteng Anda, sebelum musim hujan tiba. Baca juga: MACAM JENIS GENTENG RUMAH.

     

    Talang Air

    Talang air juga perlu diperhatikan kondisinya. Pastikan talang air masih dalam keadaan baik, tidak ada retak maupun pecah. Pastikan juga dalam kondisi bersih. Angin musim kemarau seringkali membawa terbang daun-daun kering ke atas atap. Hal ini perlu dilakukan sehingga saat musim hujan, air akan mengalir dengan leluasa turun dari atap Anda. Baca lebih lanjut: 4 JENIS TALANG AIR.

     

    Sambungan Genteng & Dinding

    Periksa kondisi sambungan antara genteng dan dinding. Pastikan sambungan ini dalam kondisi baik, tidak ada retakan. Jika ada retakan, maka air hujan akan merembes masuk ke dalam dinding rumah.

     

    Dinding Rumah

    Dinding rumah juga perlu diperhatikan, khususnya dinding pada bagian luar. Jika ada retakan-retakan pada permukaannya, segera perbaiki. Lapisi dengan cat tahan air ataupun dengan pelapis waterproofing. Baca juga: MEMILIH WATERPROOFING RUMAH YANG TEPAT.

     

    Kusen Pintu & Jendela

    Kusen pintu yang terbuat dari kayu akan mengkerut saat udara panas. Sebaliknya saat musim hujan dengan kelembaban tinggi akan menyebabkan kusen kayu mengembang. Proses pemuaian dan pengerutan ini akan menyebabkan tekanan pada dinding rumah hingga menyebabkan retakan. Jika dibiarkan dinding akan semakin rusak. Pintu perlu diserut dan tentunya harus dilepaskan terlebih dahulu dari kusennya.

     

    Kamar Mandi

    Periksa kondisi nat antar keramik dalam kamar mandi Anda. Jika semen pengisi nat antar keramik sudah habis terkikis akan membuka jalan bagi cacing tanah untuk mencari kesejukan dan kelembaban. Periksa juga lubang drainase, gunakan penutup drainase yang sulit dilalui kecoa dan tikus. Biasanya mereka mencari sumber air dari kamar mandi dan toilet. 7 CARA BASMI CACING DI KAMAR MANDI.

     

    Hama

    Saat musim kemarau dengan temperatur tanah yang semakin tinggi, akan menyebabkan beberapa serangga seperti semut pindah ke dalam rumah mencari kesejukan. Jika dibiarkan, maka semut-semut ini akan membuat sarangnya semakin besar di dalam rumah Anda. Bagi rumah yang berada berdekatan dengan sawah ataupun sungai, perlu waspada akan tikus dan ular. Ular sawah sepanjang dua meter pernah ditemui bersarang dalam plafon rumah di dalam kompleks perumahan mewah yang berada berdekatan dengan area persawahan. CARA AMPUH USIR KECOA.

     

    Perbaiki bagian-bagian yang rusak sehingga Anda siap menjalani musim kemarau dan juga menghadapi musim hujan berikutnya. Biasanya hujan yang tertunda oleh musim kemarau panjang , akan turun cukup deras dan besar debit airnya. Bersiaplah…

    Inspirasi Lainnya

    Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

    Saniter

    Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

    Selengkapnya
    Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

    Saniter

    Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

    Selengkapnya
    Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

    Konstruksi

    Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

    Selengkapnya