Konstruksi

7 Jenis-Jenis Kawat Beserta Fungsinya

Media
07 Mar 2023

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Untuk memastikan bahwa bangunan memiliki struktur yang kuat dan kokoh, Anda tentu membutuhkan jenis kawat yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Dalam sebuah pembangunan, kawat sendiri dibutuhkan untuk mengikat setiap struktur bangunan agar kuat dan juga sebagai penghantar listrik. 

Sebab itu, pemilihan jenis kawat tidak boleh dilakukan sembarangan dan harus disesuaikan dengan fungsinya. Sebelum memutuskan pemilihan dan penggunaan kawat yang tepat, sebaiknya kenali berbagai jenisnya terlebih dahulu. Simak informasi tentang jenis-jenis kawat beserta fungsi atau kegunaannya melalui artikel berikut ini. 

Jenis-Jenis Kawat untuk Bahan Bangunan

Kawat merupakan salah satu bahan bangunan yang memiliki beragam jenis dan fungsi. Kawat digunakan untuk berbagai keperluan seperti pengikat, penahan, dan pendukung pada struktur bangunan. Berikut adalah tujuh jenis kawat yang umum digunakan dalam bahan bangunan.

1. Kawat Duri

Kawat duri merupakan jenis kawat dengan duri-duri tajam pada permukaannya yang dipelintir dari kawat panjang pada jarak tertentu dan memiliki selingan puntiran dari potongan kawat yang bagian ujung kawat selingan ini dibuat tegak lurus. 

Kawat ini umumnya berfungsi sebagai pengaman pada pagar atau tembok untuk mencegah pencurian atau aksi perusakan. Kawat duri terbuat dari baja galvanis atau stainless steel,sehingga tahan terhadap korosi dan cuaca.

Kawat duri tersedia dalam beberapa bentuk. Pertama kawat duri yang umumnya digunakan pada pagar rumah. Kemudian, ada pula kawat duri konser yang banyak digunakan pada acara konser atau festival sebagai pembatas penonton. Terakhir adalah kawat duri mesin yang digunakan sebagai pengaman pada mesin-mesin industri.


2. Kawat Bronjong

Kawat bronjong merupakan kawat yang digunakan untuk membuat dinding penahan serta penguat struktur tanah. Kawat bronjong terdiri dari gabungan kawat baja berbentuk kotak-kotak yang dianyam menjadi satu unit. Kawat bronjong dipasang pada dinding penahan dan diisi dengan batu atau beton.

Kawat bronjong memiliki beberapa kelebihan seperti mudah dipasang, ringan, dan tahan terhadap tekanan tanah. Kawat bronjong juga dapat menahan erosi dan aliran air pada dinding penahan. Bahkan saat ini, Anda mungkin juga kerap melihat kawat bronjong ini pada bagian tepi sungai untuk menahan bebatuan sekaligus menjadi dekorasi. 


Baca juga: Apa Itu Bronjong? Manfaat, Ukuran hingga Keunggulannya!

3. Kawat Bendrat

Kawat bendrat merupakan jenis kawat tipis yang fleksibel dan mudah dibentuk. Kawat bendrat digunakan sebagai pengikat atau pendukung pada struktur bangunan seperti pada tulangan beton, balok, slab, dan lain-lain, serta berfungsi juga untuk mengikat tiap besi beton. Kawat bendrat juga dapat digunakan untuk membuat rangka pada benda-benda kerajinan tangan.

Kawat bendrat terbuat dari baja atau besi serta tersedia dalam berbagai ukuran dan panjang. Namun, kawat bendrat yang digunakan pada tulangan beton biasanya memiliki ukuran 6mm hingga 16mm. Jenis kawat yang satu ini biasanya dijual dalam bentuk gulungan dan harganya pun dihitung berdasarkan ukuran dan berat yang dipilih.


Baca juga: 6 Ukuran Kawat Bendrat dan Kodenya yang Harus Anda Ketahui

4. Kawat Harmonika

Kawat harmonika merupakan kawat yang dapat ditarik atau ditekuk untuk dianyam menjadi bentuk tertentu. Kawat harmonika banyak digunakan sebagai pengikat pada pagar, pintu, atau jendela. Namun, tak jarang kawat ini juga digunakan sebagai aksesoris pada perabotan rumah tangga.

Kawat harmonika sendiri terbuat dari baja atau besi yang dilapisi dengan cairan galvanis agar tahan karat dan tidak mudah rusak. Anda bisa memilih kawat harmonika sesuai kebutuhan sebab kawat ini tersedia dalam berbagai ukuran dan panjang. Kawat harmonika yang digunakan pada pagar biasanya memiliki ukuran mulai dari 1,6 mm hingga 4 mm.

5. Kawat Silet

Kawat silet merupakan kawat mata tajam pada permukaannya yang berbentuk silet. Fungsinya adalah sebagai pengaman pada pagar atau tembok untuk mencegah pencurian atau aksi perusakan. Kawat silet banyak ditemukan pada pagar bangunan besar sebagai bentuk pengaman pada pabrik atau gudang. 

Namun beberapa orang juga memanfaatkannya untuk pengamanan rumah dan diletakkan pada bagian atas pagar. Untuk pemilihannya, Anda bisa menyesuaikan ketajaman mata silet dengan jenis kegunaannya sebab kawat silet yang digunakan untuk rumah tangga dengan bangunan komersial yang besar umumnya berbeda. 

6. Kawat Loket

Kawat loket atau yang kerap disebut welded wiremesh merupakan jenis kawat yang dibentuk melalui proses pengelasan khusus sehingga memiliki struktur kotak-kotak yang bersih, mengkilap, dan cukup kuat. Kawat ini bisa Anda temukan penggunaannya pada pembuatan kandang burung, gudang, keranjang baju, rak roti, dan lain sebagainya.

Terdapat beberapa jenis kawat loket berdasarkan material pembuatannya, yaitu kawat loket stainless steel dengan lapisan besi kromium dan kawat loket galvanis yang tahan terhadap karat dan korosi karena dilapisi dengan cairan galvanis. Selain itu, terdapat juga jenis kawat loket PVC yang dilapisi dengan cairan PVC dan sama-sama memiliki ketahanan akan korosi yang baik.

Kawat loket memiliki keunggulan dalam ketahanannya terhadap beban berat dan korosi serta dapat dipasang dengan mudah dan efisien. Dalam penggunaannya, kawat loket dapat diubah-ubah bentuknya sesuai kebutuhan, serta dapat digabungkan dengan bahan-bahan lain seperti besi, kayu, atau beton.


7. Kawat RAM

Kawat RAM merupakan kawat yang digunakan pada jaring-jaring pengaman atau safety net. Karakteristiknya, kawat ini biasanya memiliki warna hijau dan bentuknya seperti anyaman pada kawat bronjong. Hanya saja, kawat RAM memiliki anyaman kotak yang lebih kecil tetapi lebih panjang di setiap rollnya. 

Kawat RAM juga tahan terhadap tarikan atau beban sehingga banyak digunakan sebagai pengaman pada area yang berbahaya, seperti pada proyek konstruksi atau bangunan tinggi. Selain dalam konstruksi, kawat RAM juga kerap kali digunakan untuk membuat pagar rumah atau berbagai dekorasi dinding rumah seperti tempat untuk menggantung kunci, menempelkan memo, dan masih banyak lagi. 

Dilihat dari informasi di atas, ternyata ada banyak jenis kawat yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Jadi, mulai dari sekarang, Anda dapat menentukan pemilihan kawat sesuai kebutuhan. 

Jika membutuhkan kawat untuk mengamankan area rumah atau bangunan komersial, gunakan kawat duri. Sedangkan jika membutuhkan kawat untuk memperkuat struktur rumah, gunakan kawat bendrat. 

Sekarang, Anda tak perlu lagi pusing dan kerepotan mencari alat konstruksi dan bahan bangunan yang dibutuhkan, sebab Klopmart hadir untuk menjadi solusi kebutuhan pembangunan Anda. 

Tak perlu khawatir, kualitas produk yang disediakan oleh Klopmart seluruhnya berkualitas. Seperti gunting kawat yang mungkin Anda butuhkan saat proses konstruksi, Klopmart memberikan harga gunting kawat yang terjangkau namun dengan kualitas unggulan dan dibuar dari material terbaik. 

Jadi tunggu apalagi? Belanja kebutuhan bahan bangunan Anda di Klopmart dan dapatkan penawaran spesial gratis ongkos kirim sekarang juga. Semoga informasi tentang jenis-jenis kawat ini bermanfaat untuk Anda.

Inspirasi Lainnya

7 Cara Penempatan Tandon Air di Dalam Rumah (Panduan Lengkap)

Home & Living

7 Cara Penempatan Tandon Air di Dalam Rumah (Panduan Lengkap)

Selengkapnya
10 Cara Membersihkan Tandon Air yang Berlumut, Dijamin Efektif!

Tips & Trik

10 Cara Membersihkan Tandon Air yang Berlumut, Dijamin Efektif!

Selengkapnya
8 Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk Shower yang Inspiratif

Home & Living

8 Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk Shower yang Inspiratif

Selengkapnya
Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya
whatsappweb