Home & Living

GRC Board vs Kalsiboard: Mana yang Lebih Baik?

Media
26 Jan 2022
Klopmart
KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

GRC Board vs Kalsiboard adalah topik yang penting untuk diperhatikan ketika Anda ingin membangun rumah. Kedua material tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Untuk mengetahui material mana yang lebih cocok dengan selera Anda, mari kita simak penjelasan mengenai perbedaan GRC Board vs Kalsiboard di bawah ini.

GRC Board vs Kalsiboard

GRC Board dan Kalsiboard memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Harga dari kedua jenis material ini juga cukup kompetitif, tak mengherankan jika ada banyak orang yang menggunakan salah satu dari kedua jenis material tersebut.

Untuk memahami perbedaan dari keduanya, mari kita bandingkan kedua jenis material tersebut.

Apa Itu GRC Board?

GlassFiber Reinforced Concrete atau biasa disebut dengan GRC adalah plafon yang terbuat dari campuran serat dan semen. Jika dilihat, plafon GRC Board memiliki bahan dasar yang mirip dengan beton, namun lebih ringan.

Jika beton memiliki tulang baja di dalamnya, plafon GRC Board menggunakan serat kaca sebagai tulangan. Selain itu, plafon GRC Board juga cenderung lebih tahan air.

Plafon GRC Board bisa Anda gunakan untuk dipasang sebagai plafon untuk ruangan yang basah atau berisiko memiliki kelembapan tinggi. Misalnya, Anda bisa menggunakan plafon GRC untuk plafon dapur yang mungkin terkena uap panas setiap hari.

Pertimbangan Sebelum Memilih GRC Board

Berikut adalah beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum Anda membeli GRC Board:

1. Mudah untuk Dibentuk

Plafon GRC Board mudah dibuat karena sifat material yang fleksibel dan dapat mengikuti bentuk lengkung tertentu.

2. Mudah untuk Dipasang

Karena permukaannya sudah rata, plafon GRC Board tidak perlu melalui proses plamir atau proses meratakan permukaan yang akan dicat. Jadi, proses instalasi akan memakan waktu lebih sedikit. Bobotnya juga tergolong ringan, hanya seberat 18 kg per m2 saja.

3. Harga Murah

Untuk masalah harga, plafon GRC Board tidak begitu mahal. Masing-masing berukuran 1,2 x 2,4 m dengan ketebalan 4 mm, material plafon GRC Board dijual hanya 57 ribu hingga 58 ribu rupiah.

4. Susah untuk Dicari

Beberapa tempat di Indonesia sendiri masih belum menyediakan GRC Board dikarenakan keterbatasan bahan dan material dalam pembuatannya. Tetapi Anda dapat menemukan GRC Board di Klopmart.

Apa Itu Kalsiboard?

Kalsiboard adalah bahan bangunan yang terbuat dari campuran semen, pasir silika, dan serat selulosa yang diproses sedemikian rupa, kemudian dikeringkan dengan menggunakan tekanan dan suhu yang sangat tinggi. Hal inilah yang membuat kalsiboard aman bagi kesehatan dan juga ramah lingkungan.

Kalsiboard tersedia dalam berbagai ukuran dengan tingkat ketebalan yang berbeda-beda, antara lain: kalsiboard tebal 3 mm untuk plafon, kalsiboard tebal 8 mm untuk partisi interior, kalsiboard tebal 10 mm untuk dinding luar, kalsiboard 20 mm untuk lantai, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 10 Material Lantai Untuk Rumah Anda

Kalsiboard juga memiliki kekuatan dan elastisitas yang baik, yang membuat kalsiboard bisa digunakan untuk membuat plafon berbagai bentuk tanpa mengurangi kekuatannya. Selain itu, Kalsiboard merupakan bahan bangunan yang tahan rayap, tahan cuaca, dan anti karat. JIka plafon kalsiboard Anda terdapat noda air, Anda hanya perlu mengamplasnya kemudian dicat kembali.

Pertimbangan Sebelum Memilih Kalsiboard

Berikut adalah beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum Anda membeli Kalsiboard:

1. Lebih Aman untuk Kesehatan

Kalsiboard memiliki nol persen asbes yang membuatnya aman untuk kesehatan. Tanpa kandungan asbes juga membuat Kalsiboard tidak mudah pecah.

2. Instalasi Mudah dan Cepat

Kalsiboard ini memiliki tepi yang lebih tipis sehingga lebih mudah untuk dihubungkan. Akibatnya, permukaan sambungan sejajar dengan permukaan lembaran. Bahkan tanpa menggunakan kompon, Kalsiboard dapat disambungkan dengan kuat.

3. Berumur Panjang

Pada dasarnya, Kalsiboard juga memiliki tingkat durabilitas yang tinggi. Plafon ini bisa bertahan hingga puluhan tahun tanpa mengalami kerusakan yang berarti. Oleh karena itu, harganya akan sedikit lebih mahal dari GRC Board.

Itu tadi adalah perbedaan antara GRC Board dan Kalsiboard, jika Anda tertarik untuk membeli Jayaboard GRC, Anda bisa mengunjungi Klopmart. Semoga artikel tentang GRC Board vs Kalsiboard ini dapat membantu Anda memilih material untuk rumah Anda.

Inspirasi Lainnya
5 Model Teralis Pintu Satu Terbaru

Pintu & Kunci

5 Model Teralis Pintu Satu Terbaru

Selengkapnya
Berbagai Model Teralis Pintu 2 Minimalis yang Memukau

Konstruksi

Berbagai Model Teralis Pintu 2 Minimalis yang Memukau

Selengkapnya
9 Model Pintu Rumah Stainless yang Keren untuk Anda Tiru

Konstruksi

9 Model Pintu Rumah Stainless yang Keren untuk Anda Tiru

Selengkapnya