Lampu & Listrik

Fungsi Stop Kontak Listrik Bangunan dan Cara Kerjanya

Media
29 Jan 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Informasi fungsi stop kontak dan cara kerjanya menjadi poin penting yang bisa Anda dapatkan di sini. Siapa yang tidak tahu stop kontak? Siapa yang belum pernah menggunakan stop kontak? Bisa dipastikan semua orang sudah pernah menggunakan stop kontak.

Ketika Anda membutuhkan daya listrik untuk menyalakan sebuah perangkat elektronik, pasti Anda mencolokkan ke stop kontak. Dengan keberadaan stop kontak, maka Anda bisa mendapatkan daya listrik. AC, TV, PS5, hingga laptop membutuhkan stop kontak dalam sistem kerjanya. Mengetahui fungsi stop kontak juga membantu anda bagaimana cara menghemat listrik

Namun di luar dari penggunaan sehari-hari yang sudah Anda lakukan, ada informasi menarik lainnya tentang alat ini. Untuk informasi lebih lengkap, simak rangkumannya di bawah ini. 

Fungsi Stop Kontak

Mungkin Anda berpikir bahwa fungsi stop kontak adalah memberikan daya listrik. Padahal bukan itu fungsi utamanya. Fungsi stop kontak adalah menjadi alat pemutus ketika terjadi kontak di antara arus negatif, positif, dan grounding dalam instalasi listrik. Bahkan stop kontak juga bisa memutuskan arus listrik saat terjadi kontak antara tubuh manusia dengan listrik. 

Jadi sebenarnya stop kontak memberikan rasa aman bagi para penggunanya. Itulah mengapa alat ini selalu terbuat dari plastik yang memang bisa aman dari listrik. Stop kontak juga menjadi terminal penghubung antara arus listrik dengan perangkat elektronik lainnya. Tentunya yang juga menggunakan energi listrik. Jadi peralatan tersebut bisa menyala, berfungsi, dan digunakan dengan lancar.

Bagi sebagian besar orang, stop kontak lebih sering dikenal sebagai colokan listrik. Tentu saja itu bukanlah penyebutan yang salah. Sebutan colokan listrik bisa muncul karena untuk menggunakan alat ini, Anda harus mencolok atau menancapkan steker ke lubang stop kontak. Dengan begitu arus listrik dapat mengalir ke perangkat elektronik tersebut.

Setiap bangunan pasti memiliki stop kontak. Apalagi ketika kita berbicara jumlah stop kontak di rumah. Dalam satu rumah bisa terdapat 10 stop kontak. Bahkan lebih dari itu. Penempatan stop kontak pun harus strategis. Harus yang bisa dijangkau oleh perangkat elektronik dengan mudah. Setiap ruangan juga dipastikan memiliki stop kontak.

Ada beragam jenis stop kontak yang tersedia di pasaran saat ini. Dimulai dari stop kontak in bow, stop kontak out bow, stop kontak saklar, stop kontak tunggal, dan stop kontak terminal. Namun mari fokus kepada bagaimana cara kerja dari alat ini.


Cara Kerja Stop Kontak

Stop kontak memiliki kawat plus dan netral. Ketika peralatan elektronik bekerja normal, maka total arus yang mengalir dalam kedua kawat tersebut bersifat sama. Inilah yang membuatnya tidak ada perbedaan arus. Akhirnya stop kontak bisa bekerja dengan optimal. Namun bagaimana jika Anda tersetrum? Kawat plus akan mengalirkan arus tambahan melewati tubuh Anda hingga sampai ke tanah. 


Bisa dibilang, itu adalah cara kerja stop kontak yang paling umum dan relevan. Anda tidak tahu apakah bisa terjadi insiden tersetrum pada masa mendatang. Oleh karena itu, ketika sedang menggunakan stop kontak, Anda harus berhati-hati.

Dengan seberapa pentingnya keberadaan stop kontak dalam rumah, Anda bisa mendapatkan produk terbaik dari salah satu alat kelistrikan ini bersama Klopmart. Klopmart adalah solusi penjualan alat material konstruksi bangunan yang bisa memudahkan Anda dalam mendapatkan produk pilihan. Tentu saja terdapat barisan stop kontak dari berbagai merek dan harga. Dengan informasi fungsi stop kontak, kunjungi jual stop kontak dari Klopmart untuk mendapatkan produk kebutuhan Anda sekarang juga

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya