2 Cara Menghitung Kebutuhan Pasir untuk Cor Lantai Rumah

Ada banyak yang harus dipersiapkan dalam membangun rumah, salah satunya memahami cara menghitung kebutuhan pasir untuk cor lantai. Ya, proyek pembangunan rumah bukan sekadar perkara jenis material yang digunakan. Detail mengenai penghitungan dan pengukuran kebutuhan material pun diperlukan dalam proyek ini.

Tidak jarang ada kontraktor yang merasa kekurangan atau kelebihan material bangunan dalam menyelesaikan sebuah proyek. Penyebab utamanya terletak pada kelalaian atau mengabaikan proses menghitung kebutuhan material yang tepat. Masalah ini juga terjadi ketika hendak membangun cor untuk lantai.

Klopmart tidak ingin masalah tersebut terjadi pada Anda. Untuk mengantisipasi hal tersebut, simak panduan lengkap mengenai penghitungan kebutuhan pasir untuk pengecoran lantai di bawah ini.

Cara Menghitung Kebutuhan Pasir untuk Cor Lantai

Anda perlu mengetahui bahwa penghitungan kebutuhan pasir untuk cor lantai eksterior maupun interior sangatlah berbeda. Rumusnya berbeda karena dapat memengaruhi kekuatan lantai yang akan dibangun. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

1. Kebutuhan Pasir untuk Lantai Cor (Eksterior) 

Penghitungan ini digunakan apabila Anda ingin membangun lantai cor di teras, carport, atau area eksterior lainnya. Cara penghitungannya sederhana, Anda cukup mengalikan volume beton dan koefisien pasir. Ada pun jumlah koefisien pasir yang digunakan tergantung pada mutu betonnya. Simak tabel di bawah ini untuk mengetahui mutu beton dan koefisien pasir.

 

Mutu Beton

Koefisien Pasir

7.4MPa (K100)

869

9.8MPa (K125)

828

12.2MPa (K150)

799

14.5MPa (K175)

760

16.9MPa (K200)

731

19.3MPa (K225)

698

21.7MPa (K250)

692

24.0MPa (K275)

684

26.4MPa (K300)

681

28.8MPa (K325)

670

31.2MPa (K350)

667

 

Mari kita lihat contoh ini agar lebih jelas. Pak Banu ingin membuat lantai cor untuk melapisi teras. Dia menggunakan beton K200 (16.9) dengan volume 30 m3. Berapakan kebutuhan pasir Pak Banu?

Jawaban:

Kebutuhan pasir = volume beton x koefisien

Kebutuhan pasir = 30 m3 x 731 kg/m3

Kebutuhan pasir = 21.930 kg

Angka tersebut dikonversi ke satuan meter kubik dengan cara dibagi 1.400. 

Jawaban: 21.930 kg : 1.400 kg/m3 = 15,7 m3.

Jadi, Pak Banu harus membeli pasir sebesar 15,7m3.

Baca juga: 8 Jenis-Jenis Pasir yang Digunakan dalam Proyek Konstruksi

2. Kebutuhan Pasir untuk Mengecor Lantai Interior

Pengecoran lantai juga diperlukan untuk lantai interior, tepatnya sebelum Anda membangun keramik di atasnya. Tujuan pengecoran lantai adalah menghasilkan tampilan yang mulus saat memasang keramik. Untuk pengecoran lantai, ada patokan standar yang ditetapkan, yakni 0,045 meter pasir per m2 lantai.

Singkatnya, kebutuhan pasir untuk lantai rumah interior digambarkan dalam rumus berikut: 

Kebutuhan pasir = 0,045 x luas lantai

Berikut ini contoh soalnya. Pak Banu juga ingin memasang keramik di lantai untuk kamar anaknya yang berukuran 3x4m. Berapa kebutuhan pasir untuk kamar tersebut?

Jawaban:

Luas kamar anak: 3m x 4m = 12 m2.

Kebutuhan pasir = 0,045 x luas lantai

Kebutuhan pasir = 0,045 m x 12m2

Kebutuhan pasir = 0,54 m3

Jadi, Pak Banu harus membeli pasir sebesar 0,54 m3.

Baca juga: 5 Manfaat Pasir Besi yang Jarang Diketahui Orang Banyak

Tips Memilih Pasir yang Bagus untuk Mengecor Lantai

Mengetahui kuantitas pasir yang dibutuhkan saja tidak cukup. Anda juga harus pintar memilih pasir yang bagus dan berkualitas supaya hasil pengecorannya lebih tahan lama. Ada tiga langkah yang bisa Anda ikuti dalam memilih material pasir yang tepat untuk keperluan proyek pembangunan.

1. Kenali Ciri-ciri Pasir yang Bagus

Pasir yang bagus pasti memiliki karakteristik sesuai standar yang ditetapkan oleh SNI. Berikut ini ciri-cirinya:

  • Indeks kekerasan pasir berada di bawah 2,2. Namun, bentuk butirannya lebih tajam dan keras.
  • Pasir tidak mudah hancur apabila diuji dengan Natrium Sulfat atau Magnesium Sulfat.
  • Tidak mengandung lumpur lebih dari 5%, tetapi Anda bisa mencuci pasir terlebih dahulu apabila kandungan lumpurnya di atas angka tersebut.
  • Tidak mengandung terlalu banyak bahan organik di dalamnya.
  • Memiliki susuran pasir yang bervariasi.
  • Memiliki reaksi negatif terhadap golongan alkali agar proses pembuatan beton menjadi awet.
  • Khusus untuk pasir laut, material ini tidak boleh digunakan untuk membuat campuran beton.
  • Pasir pasang lebih direkomendasikan untuk membuat plesteran.

2. Perhatikan Kualitas Pasir

Langkah kedua, Anda perlu melihat kualitas pasir sesuai ciri-ciri yang telah disebutkan di poin pertama. Pasir berkualitas tinggi selalu bersifat murni dan tidak mengandung bahan campuran apa pun di dalamnya. Hindari pasir tersebut apabila terdapat kandungan seperti sampah, lumpur, tanah liat, kerikil, atau bahan organik. Pasir yang terkontaminasi bahan tersebut tidak lagi memiliki mutu yang tinggi.

Baca juga: 7 Cara Membuat Keramik dari Tanah Liat (Terlengkap)

Bagaimana cara mengecek kualitas pasir? Caranya: Ambil segenggam pasir yang ingin dibeli, kemudian masukkan ke dalam air. Pasir berkualitas tinggi akan lebih lama terlarut di dalam air. Sementara itu, pasir yang berkualitas rendah pasti mudah terlarut dalam air sehingga tidak bisa digunakan untuk proses pengecoran lantai.

3. Cek Kuantitas Pasir untuk Menghindari Penipuan

Berikutnya, Anda perlu memperhatikan kuantitas pasir yang dibeli dengan teliti. Hindari risiko penipuan dalam membeli pasir yang berkedok menaruh bongkahan kayu balok dalam bak mobil ketika proses pengantaran. Walaupun berat pasir di timbangan sesuai yang Anda pesan, nyatanya berat pasir justru berkurang sehingga tidak cukup untuk proyek pembangunan.

Bersikaplah tegas apabila Anda menemukan bongkahan kayu atau benda pemberat lainnya ketika menemukannya di bak pasir. Anda bisa meminta pihak penjual untuk membuang balok kayu tersebut. Tinggalkan penjual tersebut apabila mereka mencari berbagai macam alasan agar tidak membuang bongkahan balok kayu tersebut.

Baca Juga: Tabel Mutu Beton yang Harus Dipahami Oleh Kontraktor

4. Beli Pasir Berkualitas di Klopmart

Tips terakhir yang tidak kalah penting adalah membeli pasir hanya di toko bangunan tepercaya. Saat ini, Anda tidak perlu mengunjungi toko bangunan terdekat apabila belum memiliki waktu atau sedang mengejar deadline pengerjaan proyek. Solusinya, Anda bisa mengunjungi Klopmart, toko bangunan online terbesar di Indonesia. Klopmart juga menyediakan pasir bangka yang berguna untuk memenuhi kebutuhan pengecoran lantai di rumah.

Pasir bangka yang dijual di Klopmart telah memenuhi ciri-ciri pasir berkualitas yang telah disebutkan di atas. Namun keunggulan utamanya terletak pada hasil plesterannya yang halus sehingga Anda tidak akan menggunakan terlalu banyak material semennya. Di Klopmart, Anda bisa mendapatkan pasir bangka dengan harga grosir dan terjangkau serta bisa mendapatkan gratis ongkir untuk pengirimannya.

Cukup klik halaman jual pasir bangka ini, kemudian check-out barangnya, dan kami akan mengirimkannya langsung ke lokasi proyek pembangunan sesuai jumlah pesanan Anda. Hubungi kami apabila Anda memerlukan layanan konsultasi mengenai material ini. Rasakan kemudahan berbelanja material bangunan berkualitas dan cepat hanya di Klopmart.

Pastikan Anda sudah memahami cara menghitung kebutuhan pasir untuk cor lantai rumah di atas sebelum membeli material yang dibutuhkan dan memulai proyek pembangunannya.

Sumber:

  • https://www.99.co/blog/indonesia/cara-menghitung-kebutuhan-pasir-untuk-lantai/ 
  • https://arafuru.com/material/cara-memilih-pasir-yang-bagus-untuk-bangunan.html 
  • https://arafuru.com/material/cara-memilih-pasir-yang-bagus-untuk-bangunan.html

Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
29 Sep 2022

Related Article