Cat dan Kimia

Cara Mengecat Tembok Rumah Tanpa Bantuan Tukang

Media
12 Des 2019

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Warna tembok yang sudah usang tentu membuat Anda bosan. Tapi, daripada Anda mengeluarkan uang lebih banyak untuk membayar tukang, lebih Anda melakukannya sendiri. Bagaimana caranya? Tenang saja, di artikel kali ini, akan dibahas cara mengecat tembok dengan mudah tanpa bantuan tukang. Dijamin Anda bisa mempraktikkannya sendiri di rumah.

Siapkan peralatan mengecat

Langkah pertama dalam cara mengecat tembok tanpa tukang adalah menyiapkan alat dan bahan. Hal ini untuk memudahkan proses pengecatan. Beberapa peralatan cat yang pasti Anda butuhkan adalah lakban, koran, masking tape, amplas, tangga lipat, kuas besar, kuas kecil, dempul, roller, bak cat, dan kaleng air.

Pastikan Anda sudah memiliki peralatan ini sebelum memulai. Jangan lupa juga untuk memilih warna cat yang diinginkan. Jika Anda belum tahu tempat untuk membeli cat berkualitas dengan harga terjangkau, bisa intip rekomendasi dari Klopmart.

Bersihkan permukaan tembok

Selesai dengan alat dan bahan pengecatan, Anda bisa mulai untuk mempersiapkan permukaan tembok sebelum dicat. Bersihkan debu dan kotoran dari permukaan tembok. Caranya bisa dengan menyapukan kemoceng, sapu, atau spons yang sudah dicelupkan ke larutan deterjen dan menunggunya hingga kering.

Untuk permukaan tembok baru, Anda cukup membiarkan permukaan tembok mengering. Untuk permukaan tembok lama, Anda harus mengerok cat lama hingga terkelupas sempurna dan amplas permukaannya hingga rata. Sebelum mengaplikasikan cat baru, lapisi dulu permukaan tembok lama dengan cata dasar acrylic emulsion.

Tutup lubang dan retakan pada tembok

Jika Anda mencari cara mengecat tembok yang sudah pernah dicat sebelumnya, maka pastikan dulu tidak ada retakan di permukaannya sebelum mulai pengecatan ulang. Anda bisa menggunakan dempul untuk menutupi retakan ini dan ratakan tambalan dengan amplas. Setelah selesai, oleskan cat dasar alias primer sebagai pelindung sekaligus untuk mendapatkan hasil warna cat yang merata.

Lapisi tembok yang tidak akan dicat

Jika Anda sudah selesai dengan permukaan tembok yang akan dicat ulang, kini saatnya untuk mempersiapkan permukaan tembok yang tidak ingin dicat. Tutupi bagian tembok yang tidak dicat dengan koran maupun plastik lebar. Bisa juga Anda menutupi permukaan ini dengan lakban kertas agar tidak terkena cipratan atau tumpahan cat dari dinding di sekitarnya. Nantinya, setelah proses pengecatan selesai, Anda harus langsung mencabut penutup ini.

Aplikasikan cat pada tembok

Masuk ke cara mengecat tembok, pertama Anda harus mengaduk cat agar tidak menggumpal dan warnanya bisa optimal ketika diaplikasikan. Kemudian, campurkan cat dengan air bersih sebanyak 10% dari keseluruhan cat untuk pengenceran. Jika sudah, Anda bisa mulai pengecatan mulai dari atas ke bawah dengan teknik zig-zag. Anda bisa menggunakan 20% dari pengenceran cat untuk lapisan pertama dan 10% berikutnya untuk lapisan selanjutnya. Sapukan kuas cat ke seluruh tembok hingga semua permukaan tertutup rata.

Bersihkan peralatan dan simpan kembali

Jika seluruh cara mengecat tembok ini sudah Anda aplikasikan, maka hal berikutnya adalah membersihkan seluruh peralatan dan menyimpannya kembali. Untuk kuas cat dan peralatan pengecatan lain, Anda harus membersihkannya hingga tidak ada cat yang tersisa. Setelah itu, jemur hingga kering dan simpan kembali di tempat tertutup. Jangan lupa juga untuk mencopot lapisan penutup di bagian tembok yang tidak dicat.

 

Mudah sekali bukan, menerapkan cara mengecat tembok tanpa tukang di atas? Asal Anda memiliki peralatan yang dibutuhkan dan mengikuti langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas, pengecatan akan berjalan sempurna. Jika Anda membutuhkan hal-hal lain seputar renovasi rumah, seperti mengganti kran air, butuh kloset baru, atau yang lain, bisa cari barang-barang tersebut di Klopmart. Selamat mencoba! 

Inspirasi Lainnya

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Saniter

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Selengkapnya
Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Saniter

Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Selengkapnya
Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Konstruksi

Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Selengkapnya