Konstruksi

6 Cara Membuat Kandang Kambing Sederhana dan Kokoh

Media
07 Mar 2023

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Cara membuat kandang kambing tidak sulit. Saat Anda memiliki tekad dan dana yang cukup maka kandang kambing bisa langsung dibuat. Tidak perlu kandang yang megah, sesederhana memenuhi ukuran yang ideal maka Anda sudah berhasil menyediakan tempat untuk seluruh hewan ternak.



Meski sederhana, Anda tentu tidak boleh membuatnya secara sembarangan. Ada banyak aspek yang perlu dipikirkan seperti kesehatan, kebersihan, serta ukurannya. Klopmart sudah mengumpulkan berbagai informasi seputar kandang kambing yang perlu Anda ketahui. Langsung saja simak informasinya di bawah ini.

Ukuran Kandang Kambing Ideal

Mengetahui ukuran kandang kambing yang tepat sangat penting untuk memastikan kesehatan dan kenyamanannya. Kandang yang terlalu kecil jelas membuat kambing merasa stres kemudian jatuh sakit. Investasi yang Anda keluarkan untuk kambing jadi terbuang sia-sia, bukan? 


Jangan salah, faktor kecil seperti ini dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan kambing Anda. Kalau berbicara ukuran kandang kambing yang ideal maka jawabannya ialah 1 m x 1,5 m. Ukuran tersebut cukup untuk satu ekor kambing. Kalau Anda memelihara 5 ekor kambing maka tinggal kalikan saja ukurannya dengan jumlah hewan ternak tersebut.  


Selain itu kandang yang ideal juga harus memiliki ketinggian minimal 1 m - 1,5 m sehingga kambing dapat berdiri dengan bebas dan tidak merasa terkekang. Pastikan juga kandang memiliki ventilasi yang baik agar sirkulasi udara berjalan lancar.


Jenis-Jenis Kandang Kambing


Desain kandang kambing sebenarnya sangat beragam. Anda bisa memilih desain yang paling sederhana hingga yang luar biasa. Tentu semuanya kembali lagi tergantung jenis kambing, jumlahnya, area yang tersedia, hingga dananya. Coba simak beberapa jenis kandangnya berikut ini. 

1. Kandang Terbuka

Kandang terbuka adalah jenis kandang yang tidak memiliki atap dan hanya ada tembok atau pagar sebagai pembatas. Jenis kandang ini cocok digunakan pada daerah yang memiliki iklim tropis dengan cuaca panas. Pasalnya kandang terbuka memungkinkan sirkulasi udara yang baik dan memberikan kenyamanan bagi kambing.

2. Kandang Tertutup

Terbalik dari kandang terbuka, jenis kandang ini dilengkapi dengan atap. Jika Anda tinggal dalam iklim yang berubah-ubah dan cuaca yang cenderung lembap maka jenis kandang tertutup cocok dipilih. 

3. Kandang Mobile

Kandang mobile mengacu kepada jenis kandang yang dapat dipindahkan dengan mudah. Jenis kandang ini cocok untuk pemeliharaan kambing dengan skala kecil. Jadi saat panas matahari mengenai kandang maka Anda bisa memindahkannya ke tempat yang teduh. 


Begitu juga kalau sedang hujan lebat, Anda bisa menempatkannya pada area dengan banyak pohon untuk meminimalkan curah hujan yang jatuh ke kandang. 

4. Kandang Semi-permanen

Seperti namanya, kandang semi-permanen sengaja dibangun dengan bahan-bahan yang relatif tahan lama, seperti kayu atau bambu. Jenis kandang ini cocok digunakan pada daerah yang memiliki iklim stabil. Kandang semi-permanen memungkinkan pemilik kambing untuk memperbaiki atau mengganti bagian-bagian kandang yang rusak dengan mudah.


Baca juga: 11 Kelebihan dan Kekurangan Bambu - Klopmart

5. Kandang Permanen

Kalau Anda sudah punya rencana matang tentang peternakan kambing maka tidak ada salahnya untuk membuat kandang permanen. Kandang seperti ini tentu membutuhkan bahan yang lebih kokoh seperti semen atau batu bata.

6. Kandang Multi-level

Bagi Anda yang punya area peternakan terbatas maka kandang bertingkat alias multi-level perlu dibuat. Jenis kandang ini juga cocok digunakan untuk pemeliharaan kambing dengan skala besar. Selain hemat tempat, Anda bisa memanfaatkan kandang multi-level untuk memilah kambing berdasarkan umur atau jenis kelamin.

Bahan dan Perlengkapan Membuat Kandang Kambing Sederhana


Kata “sederhana” menandakan bahwa Anda tidak memerlukan banyak bahan maupun peralatan untuk membuatnya. Catat berbagai perlengkapan yang harus Anda siapkan berikut ini. 

1. Kayu 

Kayu merupakan bahan utama yang biasa digunakan untuk membuat kandang kambing. Sementara itu pagar yang digunakan harus cukup kuat untuk menahan kambing yang bisa saja mencoba kabur atau melompat dari kandang.

2. Atap dan Penutup

Atap dan penutup sangat penting untuk melindungi kambing dari hujan, panas, dan dingin. Atap bisa dibuat dari genting, seng, atau bahan lain yang tahan air. Penutup juga bisa dibuat dari plastik atau kain terpal yang tahan lama serta mudah dibersihkan.

3. Wadah Makan dan Minum

Wadah makan dan minum jelas tidak boleh dilupakan ketika Anda membuat kandang kambing. Biasanya akan lebih baik kalau Anda membuat wadah untuk makan dan minum di luar kandang sehingga memudahkan saat memberi rumput atau pakan lainnya. Ingat untuk memperhatikan berapa banyak kambing yang Anda pelihara supaya wadahnya tidak terlalu besar atau kecil.


Baca juga: Jenis-Jenis Plastik Wadah Makanan yang Aman

4. Penampung Kotoran

Penampung kotoran berguna untuk aspek kebersihan kandang. Saat kotoran jatuh ke penampung maka Anda jadi tidak perlu repot menyapu atau membersihkannya satu per satu. Tinggal bersihkan tempat penampungannya dan tugas membersihkan kandang kambing selesai. 

Cara Membuat Kandang Kambing Sederhana

Kalau semua bahan dan peralatan sudah maka Anda bisa langsung memulai pembuatan kandang. Mulai dari rangkanya hingga atap dan wadah makanan kambing. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkahnya berikut ini. 

1. Rencanakan Desain Kandang

Langkah pertama dalam membuat kandang kambing adalah merencanakan dan memilih desain yang diinginkan. Setelahnya barulah menentukan ukuran sesuai jumlah kambing yang akan dipelihara. 


Perhitungkan juga di mana Anda akan menaruh wadah makanan dan minuman. Jika sulit membayangkannya hanya dalam angan-angan maka Anda bisa terlebih dahulu membuat sketsa di atas kertas. 

2. Buat Kerangka Kandang

Selanjutnya, mulailah membuat kandang berdasarkan desain yang sudah ditentukan. Tentunya proses pembangunan kandang akan berbeda-beda tergantung bahan yang Anda gunakan. Kalau menggunakan kayu maka Anda perlu memotong semua bahan tersebut sesuai ukuran, lalu merakitnya satu per satu dengan paku dan palu. 


Kalau menggunakan semen maka langsung tandai area mana saja yang ingin dibangun untuk memudahkan prosesnya. Pastikan semua perhitungan tepat demi kandang yang berkualitas. 

4. Pasang Pagar

Ada baiknya Anda tidak berhenti sampai pembangunan kandang, tetapi melanjutkannya dengan membangun pagar. Kambing jelas tidak selalu berada di kandang, ada waktunya untuk mereka keluar supaya tidak stres. Buatlah area yang cukup luas untuk kambing sehingga mereka bisa leluasa berjalan atau makan rumput. 

5. Pasang Tempat Makan dan Minum

Setelah semuanya sudah terpasang, jangan lupakan tempat makan dan minum. Pasang wadah-wadah tersebut pada tempat yang mudah Anda akses sehingga pemberian pakan atau air jadi lebih mudah.

6. Lakukan Uji Coba dan Pemeriksaan Kandang

Setelah kandang selesai dibuat, bersihkan dan coba periksa apakah semua bagian sudah terpasang dengan baik. Pastikan kandang mampu menahan beban kambing yang akan dipelihara.


Itulah beberapa langkah mudah dalam cara membuat kandang kambing. Semoga Anda terbantu dengan penjelasan informasi di atas dan bisa mempraktikkan apa yang sudah dipelajari. Jika Anda ingin langsung membuat kandangnya, cari saja semua bahan yang dibutuhkan di Klopmart.



Tersedia paku, palu, hingga triplek melamin. Semua barang yang dibutuhkan akan langsung dikirim ke rumah begitu Anda menyelesaikan pembayaran. Segera kunjungi Klopmart untuk membeli semua kebutuhan Anda dalam membuat kandang kambing terbaik! Mencari tempat yang jual triplek melamin berkualitas? Tentu Klopmart tempatnya!


Jika Anda mencari informasi berguna lainnya seperti cara membuat kandang kambing di atas, jangan ragu untuk mengunjungi Klopmart!


Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya