Konstruksi

Jenis-Jenis Plastik Wadah Makanan yang Aman

Media
08 Feb 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Plastik adalah material yang akrab dengan kehidupan manusia. Mulai dari permainan, peralatan hingga kendaraan, menggunakan plastik. Wadah makanan dan minuman pun tak ketinggalan dibuat dari plastik, karena selain mudah dibentuk dan diberi warna menarik, bobotnya pun ringan sehingga praktis dalam penggunaannya. Namun ada jenis-jenis plastik yang tidak cocok digunakan untuk peralatan dan wadah makanan & minuman.

Kita perlu mengetahui jenis-jenisnya sehingga kita dapat menentukan keamanan dari wadah makanan dan minuman tersebut bagi kesehatan kita. Untuk mengenali jenis plastic tersebut, para produsen diwajibkan membubuhkan tanda identitas pada produknya. Umumnya tanda-tanda tersebut berada di bagian bawah wadah. Kita sebagai pengguna atau konsumen, juga perlu kesadaran untuk mencari tahu dan mengenali tanda-tanda tersebut. Sehingga jika kita cuek dan lalai membacanya, hal itu akan menjadi kesalahan kita sendiri! Jadi pilihlah plastik yang aman bagi kesehatan kita!
 

Jenis-Jenis Plastik Wadah Makanan

Nah, setelah kita mengenalinya, pilihan ada di tangan kita sendiri.  Pastikan peralatan dan wadah makanan & minuman kita dibuat dari jenis plastik yang aman bagi kesehatan kita!
 

1. Food Container

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah food container. Food container adalah wadah makanan plastik yang memiliki banyak varian.

Food container tidak hanya berfungsi sebagai tempat atau wadah plastik makanan, tetapi juga berfungsi untuk menjaga kesegaran makanan. Oleh karena itu, food container umumnya memiliki rubber seal yang berfungsi untuk menahan udara dari luar untuk masuk ke dalam.
 

2. Toples Plastik

Toples plastik kini telah menjadi kebutuhan rumah tangga yang wajib dimiliki. Wadah makanan satu ini dapat menjadi alternatif wadah plastik makanan yang umumnya menyimpan makanan-makanan berat.

Toples plastik umumnya digunakan untuk menyimpan makanan-makanan ringan, seperti snack atau kue.  Tidak melulu berbentuk tabung, toples plastik memiliki berbagai bentuk, seperti persegi panjang, oval, segi lima, dan lain-lain. Harganya yang relatif murah dibandingkan jenis toples yang lain membuat toples plastik menjadi pilihan yang tepat untuk menyimpan makanan ringan Anda di ruang tamu.
 

3. Kotak Makan

 Wadah plastik makanan satu ini mulai menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan anak sekolah hingga pekerja kantoran. Kotak makan, sebagaimana wadah plastik makanan lainnya, berfungsi untuk menyimpan makanan dan menjaganya hingga segar.

Salah satu ciri khas kotak makan adalah kotak makan umumnya mempunyai ruang yang lebih banyak dibandingkan wadah plastik makanan lainnya. Hal ini karena memang tujuan dari kotak makan adalah untuk menyimpan berbagai jenis makanan sebagai bekal makanan.

Dikarenakan fungsi dan sifatnya yang relatif lebih .luas daripada wadah plastik makanan lainnya, kotak makan plastik umumnya memiliki lebih banyak variasi dalam segi bentuk hingga warna.

Baca juga: 6 Cara Menggunakan Cat untuk Botol Plastik dengan Tepat
 

Simbol-Simbol Box Wadah Plastik

Ketika Anda sedang melihat-lihat wadah makanan plastik, Anda mungkin menyadari bahwa ada simbol-simbol atau tulisan yang tertera pada kemasan tersebut. Apa arti simbol atau tulisan tersebut?

Simbol atau tulisan tersebut umumnya menunjukkan sifat dari wadah makanan plastik tersebut. Misalnya, simbol  PET atau PETE menunjukkan kalau wadah plastik tersebut hanya dapat dapat digunakan sekali. Tidak hanya itu, tempat minum plastik yang memiliki logo tersebut umumnya tidak disarankan diisi dengan air hangat karena dapat mengeluarkan zat yang membahayakan kesehatan Anda.

Lalu, logo HDPE menunjukkan kalau wadah plastik tersebut dapat bertahan di tempat bertekanan tinggi. Sama seperti PET atau PETE, wadah plastik dengan logo HDPE juga direkomendasikan untuk digunakan hanya sekali.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang simbol-simbol di box wadah plastik, Anda bisa mencari tahu informasi lebih lanjut di internet.

Itulah dia penjelasan tentang keamanan plastik wadah makanan. Walaupun terkadang memiliki kesan negatif, tempat makan dan minum plastik tidak selalu berbahaya. Anda bisa meminimalisir resiko dengan mengetahui bagaimana cara merawat plastik wadah makanan yang Anda miliki.

Sumber: Wikipedia

Baca juga: 6 Cara Mencegah Semut di Meja Makan

Inspirasi Lainnya

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Saniter

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Selengkapnya
Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Saniter

Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Selengkapnya
Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Konstruksi

Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Selengkapnya