Saniter

6 Cara Membersihkan Kaca Helm Kesayangan Anda, Begini Caranya!

Media
06 Mei 2020

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Sebagai pengendara motor, wajib bagi Anda untuk memiliki helm sebagai alat pelindung diri selama berkendara. Namun, sering berkendara membuat helm jadi kotor lebih cepat, terlebih jika Anda menempuh jarak yang cukup jauh setiap harinya saat berkendara. Inilah sebabnya Anda perlu mengetahui bagaimana cara membersihkan kaca helm kesayangan Anda.

Kelihatan sepele, namun sebenarnya penting. Kaca helm yang kotor bisa mengganggu pandangan Anda saat berkendara di jalan. Bukan tidak mungkin justru akan merugikan serta membahayakan Anda serta pengendara lainnya. Jadi, sudah sepatutnya Anda memastikan kaca helm selalu bersih saat akan digunakan. Tidak sulit untuk dilakukan, inilah cara membersihkan kaca helm yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

Baca Juga: 8 Peralatan Kebersihan Yang Wajib Anda Miliki

6 Cara Membersihkan Kaca Helm yang Terlihat Buram

Masalah kaca helm yang kotor akan membuat kaca yang awalnya terlihat bening menjadi kaca helm yang buram dan mengaburkan pandangan. Karena berbahaya bagi pemakai helm, maka dari itu helm wajib dibersihkan. Gunakan cara membersihkan yang mudah untuk dilakukan di bawah ini.


1. Lepaskan Kaca Helm yang Buram

Cara membersihkan kaca helm yang pertama yaitu melepas kaca helm Anda. Sebelum membersihkannya, lepas dulu kaca dari badan helm agar lebih mudah untuk dibersihkan. Namun, tidak masalah jika kaca dibiarkan masih terpasang pada badan helm saat Anda sedang terburu-buru. Sebaliknya, jika Anda punya cukup waktu, lebih baik dilepas.

Baca juga: Helm Pelindung: Sejarah, Standarisasi, dan Warna

2. Rendam di Dalam Air

Anda harus merendam terlebih dahulu kaca helm menggunakan air. Anda tidak perlu menggunakan sabun atau bahan pencuci lainnya. Rendam sampai noda-noda kering yang menempel di kaca helm Anda terlihat melunak.

3. Bersihkan Noda atau Debu

Lap kaca helm menggunakan kain kering untuk membersihkan debu-debu kering yang menempel dan telah lunak tadi. Pastikan untuk lap dengan kain halus yang bersih agar tidak menggores kaca helm.

4. Cuci dengan Cairan

Setelah itu, basahi kaca helm, lalu cuci kaca dengan cairan yang biasa digunakan untuk mencuci piring di rumah. Selanjutnya bilas dengan air hingga bersih, kemudian keringkan dengan kain lembut.

5. Pakai Krim Pemberisih

Cara membersihkan kaca helm berikutnya yaitu pakaikan cairan sanitasi atau krim pembersih kaca pada permukaan kaca helm. Gosok dengan spons atau kanebo sampai kaca terlihat bening.

Baca juga: 3 Cara Mengkilapkan Lantai Ubin Rumah dengan Mudah

6. Lap Hingga Bersih

Setelah itu, lap menggunakan kain bersih agar tidak ada sisa-sisa cairan pembersih di atas permukaan kaca.

Lakukan ini secara rutin paling tidak seminggu sekali untuk tetap menjaga kebersihan helm yang Anda gunakan. Terutama jika Anda termasuk sering berkendara sepanjang minggu, entah karena berpergian untuk bekerja atau keperluan yang lain.

Sebaliknya, jika Anda tidak begitu sering menggunakan helm, cukup dibersihkan sebelum akan digunakan saja. Helm yang lama disimpan juga masih bisa kotor karena debu, sehingga Anda juga perlu untuk membersihkannya secara rutin.

Tips Merawat agar Kaca Helm Tetap Terlihat Bening

Selain cara membersihkan kaca helm di atas, melakukan perawatan kaca helm agar tetap terlihat bening juga sangat penting. Beberapa tips yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Memastikan paling tidak Anda mengelap kaca helm dengan kain halus bersih sebelum dikenakan setiap harinya.

  • Pastikan juga agar menyimpan atau meletakkan helm di tempat yang aman, tempat yang memungkinkan kaca helm terutama tidak tergores.

  • Saat tidak akan memakai helm untuk waktu yang cukup lama, pastikan simpan helm di wadah atau tempat khusus agar helm tidak cepat rusak, kacanya tidak cepat kotor, atau tergores saat Anda akan memakainya lagi di kemudian hari.

  • Lalu, saat sedang berpergian dengan motor, tidak ada salahnya simpan helm Anda di penitipan barang atau penitipan helm saat Anda memarikirkan motor di tempat umum alih-alih hanya menggantungnya di motor Anda.

  • Jaga helm Anda juga agar tidak terlalu sering terkena sinar matahari langsung karena sinar matahari ini juga jadi faktor yang membuat kaca helm cepat menjadi buram.

Baca juga: 4 Cara Membersihkan Kuas Cat dengan Mudah

Memanfaatkan Cairan Pembersih Kaca yang Lain

  • Manfaatkan Cairan Sanitasi

Untuk membersihkan kaca helm Anda di rumah, sebenarnya tidak bisa menggunakan sabun cuci biasa. Akan terlihat bersih memang, namun tidak sesuai dengan fungsinya untuk membersihkan dan proses membersihkan pun menjadi tidak optimal. Untuk membersihkan kaca helm yang buram, Anda dapat menggunakan cairan khusus untuk membersihkan kaca helm atau pembersih kaca.

Jika tidak memiliki cairan pembersih kaca atau pembersih khusus kaca helm, ada siasatnya. Anda dapat memanfaatkan cairan sanitasi untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada kaca helm kesayangan Anda. Cairan sanitasi ini contohnya seperti hand sanitizer. Selain untuk tangan, hand sanitizer ini dapat Anda manfaatkan untuk membersihkan kaca helm sehari-hari. Lebih baik daripada hanya menggunakan kain pembersih untuk mengelap kaca helm sebelum Anda kenakan.


  • Memanfaatkan Minyak Kayu Putih

Di tahap ini Anda juga bisa menggunakan minyak kayu putih untuk membersihkan helm Anda. Namun, Anda mungkin bertanya. Apakah minyak kayu putih bisa membersihkan kaca helm? ya, tentu saja bisa. Minyak kayu putih dapat mengilapkan kaca helm atau visor. Apabila Anda tidak begitu suka dengan baunya, Anda bisa mengganti dengan minyak bayi.

Menjaga kebersihan dan kejernihan kaca helm adalah langkah penting bagi pengendara motor untuk keselamatan mereka sendiri dan pengguna jalan lainnya. Kaca helm yang kotor dapat mengganggu pandangan dan menimbulkan bahaya saat berkendara. Cara membersihkan kaca helm yang terlihat buram dapat dilakukan dengan beberapa langkah sederhana seperti melepas kaca helm, merendamnya dalam air, membersihkannya dengan cairan pembersih, dan menjaganya dari goresan serta sinar matahari langsung.

Tidak hanya itu, erawatan rutin seperti menyimpan helm di tempat yang aman dan mengelap kaca helm sebelum digunakan juga penting untuk menjaga kebersihan dan kejernihan kaca helm. Dengan melakukan perawatan yang tepat, pengendara dapat memastikan kaca helm mereka tetap bersih dan jernih, meningkatkan keselamatan berkendara mereka.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya