Cara Membersihkan Kaca Helm Kesayangan Anda, Begini Caranya!

Sebagai pengendara motor, wajib bagi Anda untuk memiliki helm sebagai alat pelindung diri selama berkendara. Apalagi Indonesia termasuk negara yang hukumnya juga mewajibkan para pengendara motor untuk memakai helm selama berkendara di jalan. Sering berkendara membuat helm jadi kotor lebih cepat, terlebih jika Anda menempuh jarak yang cukup jauh setiap harinya saat berkendara.

Kelihatan sepele, namun sebenarnya penting. Kaca helm yang kotor bisa mengganggu pandangan Anda saat berkendara di jalan. Bukan tidak mungkin justru akan merugikan serta membahayakan Anda serta pengendara lainnya. Jadi, sudah sepatutnya Anda memastikan kaca helm selalu bersih saat akan digunakan. Tidak sulit untuk dilakukan, ini cara membersihkan kaca helm yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

Manfaatkan cairan sanitasi

Untuk membersihkan kaca helm Anda di rumah, tidak bisa menggunakan sabun cuci biasa. Akan terlihat bersih memang, namun tidak sesuai dengan fungsinya untuk membersihkan dan proses membersihkan pun menjadi tidak optimal. Untuk membersihkan kaca helm, Anda dapat menggunakan cairan khusus untuk membersihkan kaca helm atau pembersih kaca.

Jika tidak memiliki cairan pembersih kaca atau pembersih khusus kaca helm, ada siasatnya. Anda dapat memanfaatkan cairan sanitasi untuk membersihkan kaca helm kesayangan Anda. Cairan sanitasi ini contohnya seperti hand sanitizer. Selain untuk tangan, benda ini dapat Anda manfaatkan untuk membersihkan kaca helm sehari-hari. Lebih baik daripada hanya menggunakan kain pembersih untuk mengelap kaca helm sebelum Anda kenakan.

Cara membersihkan kaca helm yang terlihat buram

Masalah kaca helm yang kotor akan membuat kaca yang awalnya terlihat bening menjadi kaca helm yang buram dan mengaburkan pandangan. Karena berbahaya bagi pemakai helm, maka dari itu helm wajib dibersihkan. Pakai cara membersihkan yang mudah untuk dilakukan di bawah ini.

  1. Sebelum membersihkan kaca helm, lepas dulu kaca dari badan helm agar lebih mudah untuk dibersihkan. Namun, tidak masalah jika kaca dibiarkan masih terpasang pada badan helm saat Anda sedang terburu-buru. Sebaliknya, jika Anda punya cukup waktu, lebih baik dilepas.

  2. Lap kaca helm menggunakan kain kering dan bersih untuk membersihkan debu-debu kering yang menempel.

  3. Setelah itu, basahi kaca helm, lalu cuci kaca dengan cairan yang biasa digunakan untuk mencuci piring dirumah. Bilas hingga bersih, kemudian keringkan dengan kain.

  4. Berikutnya, pakaikan cairan sanitasi tadi atau krim pembersih kaca pada permukaan kaca helm. Gosok dengan spons sampai kaca terlihat bening.

  5. Setelah itu, lap menggunakan kain bersih agar tidak ada sisa-sisa cairan pembersih di atas permukaan kaca.

Lakukan ini secara rutin paling tidak seminggu sekali untuk tetap menjaga kebersihan helm yang Anda gunakan. Terutama jika Anda termasuk sering berkendara sepanjang minggu, entah karena berpergian untuk bekerja atau keperluan yang lain. Sebaliknya, jika Anda tidak begitu sering menggunakan helm, cukup dibersihkan sebelum akan digunakan saja. Helm yang lama disimpan juga masih bisa kotor karena debu, sehingga Anda juga perlu untuk membersihkannya secara rutin.

Tips agar kaca helm tetap terlihat bening

Selain cara membersihkan di atas, cara untuk menjaga helm agar tetap terlihat bening juga penting. Beberapa tips yang dapat Anda lakukan adalah dengan memastikan paling tidak Anda mengelap kaca helm dengan kain halus bersih sebelum dikenakan setiap harinya. Pastikan juga agar menyimpan atau meletakkan helm di tempat yang aman, tempat yang memungkinkan kaca helm terutama tidak tergores.

Saat tidak akan memakai helm untuk waktu yang cukup lama, pastikan simpan di wadah atau tempat khusus agar helm tidak cepat rusak, kacanya tidak cepat kotor, atau tergores saat Anda akan memakainya lagi di kemudian hari.

Lalu, saat sedang berpergian dengan motor, tidak ada salahnya menyimpan helm Anda di penitipan barang atau penitipan helm alih-alih hanya menggantungnya di motor Anda. Jaga helm Anda juga agar tidak terlalu sering terkena sinar matahari langsung karena sinar matahari ini juga jadi faktor yang membuat kaca helm cepat menjadi buram.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
06 Mei 2020

Related Article