Download Klopmart App

Pusat Bantuan

Begini Cara Mengaplikasikan Cat Genteng yang Tahan Lama

Selain dinding, bagian rumah lainnya yang harus mendapatkan perhatian khusus adalah genteng. Sebab genteng tidak hanya sebagai pelindung rumah dari hujan dan panas saja, fungsinya sama halnya seperti dinding yakni membuat rumah nampak indah. Namun, tak sedikit pula masyarakat yang belum mengetahui bagaimana memilih cat genteng yang tahan lama dan cara mengaplikasikannya. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk menyimak ulasannya berikut ini.

 

Siapkan bahan yang diperlukan

Sebelum melakukan proses pengecatan genteng, maka Anda perlu mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Beberapa di antaranya yang sangat penting diperhatikan adalah memilih jenis cat dasarnya dan pelapisnya seperti di bawah ini:

  • Cat dasar sebaiknya gunakan cat tembok biasa. Kemudian kamu bisa melapisinya dengan menggunakan cat genteng yang tahan lama dan tahan dalam segala kondisi cuaca.
  • Untuk pengaplikasian, gunakan spray gun dan jangan gunakan kuas. Namun, Anda pun perlu perhatikan sebab tidak semua cat bisa diaplikasikan menggunakan spray gun tersebut.
  • Siapkan pernis maupun cat bening guna melindungi warna cat, ini bersifat opsional dan pilihlah jenis polyurethane based yang tahan cuaca. Jangan lupa siapkan juga amplas dan cairan pembersih untuk mengilangkan kotoran dan jamur.

 

Pengecatan genteng lama

Untuk pengecatan genteng lama, langkah awalnya adalah membersihkan kotoran pada genteng dengan cara menyemprotnya dengan air dan cairan anti jamur secara merata. Kemudian, gosoklah noda yang menempel menggunakan amplas dan bahan anti jamur lainnya. Bilas kembali dengan menggunakan selang setelah dibersihkan dan tunggulah sampai mengering.

Siapkanlah cat dasarnya dan encerkan. Untuk selanjutnya, Anda bisa menerapkan cat tersebut ke genteng dan menunggu sampai kering. Setelah kering Anda bisa mengaplikasikan cat genteng tersebut secara merata dengan menggunakan spray gun. Agar hasil maksimal gunakan clear coat jika diperlukan.

 

Pengecatan genteng baru

Pada dasarnya memoles kembali atap baru dengan cat genteng yang tahan lama sama halnya seperti mengaplikasikan pada genteng lama. Namun, tentu Anda tidak membutuhkan proses yang lebih lama. Untuk genteng baru tidak masalah bila tidak menggunakan cat dasar. Namun, penting bagi Anda untuk memilih cat yang memiliki sifat ‘all in’ atau mengandung elemen-elemen cat dasar. Elemen cat ini hampir sama dengan kandungan pada cat kayu atau besi yang pengaplikasiannya tidak memerlukan bahan cat finisihing lainnya.

Jika Anda ingin genteng rumah tampak berkilap seperti baru, langkahnya pun sangat mudah. Anda cukup menggunakan cat jenis top coat. Jenis cat tersebut memiliki tingkat kilap cukup tinggi seperti glossy maupun semi glossy. Setiap cat memiliki tingkat kilau tersendiri. Anda pun perlu menghindari cat dengan tingkatan kilau matte, doff, hingga eggshell.

 

Tips penting

Selain menggunakan cat yang tahan lama, agar genteng rumah Anda semakin awet ada beberapa tips penting lainnya yang perlu diperhatikan. Di antaranya adalah:

  • Lakukan pengecatan saat cuaca cerah dan memiliki tingkat kelembapan rendah serta tidak dalam kondisi mendung.
  • Gunakanlah cat pelindung yang tahan terhadap cuaca dan anti bocor seperti cat merek Aquaproof.
  • Mengecat dengan menggunakan kuas memang tidak masalah, namun ini akan membutuhkan waktu cukup lama. Maka spray gun atau menggunakan metode semprot adalah pilihan terbaik.
  • Sebaiknya aplikasikan cat secukupnya agar tidak menetes ke dalam rumah dan bagian rumah lainnya seperti dinding.
  • Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah gunakan cat yang aman dan ramah lingkungan dan sesuaikan dengan warna cat dinding rumah.

 

Bagaimana, cukup mudah bukan, mengecat genteng rumah agar makin awet? Untuk produk cat genteng yang tahan lama dan berkualitas baik Anda bisa klik di sini.


Cek harga klik disini

Related Article