5 Manfaat Penggunaan Lampu LED Terhadap Lingkungan Sekitar

Apa manfaat penggunaan lampu LED terhadap lingkungan mungkin jadi pertanyaan banyak orang, mengingat lampu ini kerap digunakan di rumah dan gedung perkantoran. Pasalnya, dapat dipastikan kalau LED memang punya manfaat untuk lingkungan karena jika tidak, lampu ini tidak akan populer dalam menjaga keberlangsungan bumi.

LED atau Light Emitting Diode berbeda dari lampu pijar atau lampu Compact Fluorescent Lamp (CFL). Perbedaannya terletak dari segi material, usia guna, hingga efek ke lingkungan. LED dinilai lebih ramah lingkungan daripada CFL dengan alasan berikut ini. 

promo klopmart

Apa Manfaat Penggunaan Lampu LED Terhadap Lingkungan?

Apa manfaat penggunaan lampu LED terhadap lingkungan sebenarnya ada banyak. Manfaat penggunaan lampu LED terhadap lingkungan mulai dari menghemat energi, mengurangi sampah karena bahan LED bisa didaur ulang, hingga menjaga suhu udara. Paling menarik, lampu LED juga bisa menjadi pengganti sinar matahari untuk tanaman.

1. Hemat Energi

Sejatinya, lampu digunakan sebagai alat penerangan yang memberikan cahaya sehingga mengusir gelap. Sayangnya, tidak semua lampu didesain sesuai dengan fungsinya tersebut. Misalnya adalah lampu CFL yang justru mengeluarkan energi panas lebih banyak alih-alih cahaya yang dibutuhkan. Lampu CFL mengeluarkan panas hingga 95%, sedangkan 5%-nya adalah cahaya.

Hal ini berbanding terbalik dari lampu LED yang didesain untuk lebih mengeluarkan cahaya dibandingkan panas. Sebanyak 95% energi lampu LED digunakan untuk memproduksi cahaya, sedangkan 5%-nya digunakan untuk menghasilkan panas. Inilah yang kemudian menjadikan lampu LED lebih hemat energi karena sudah banyak cahaya yang dihasilkan alih-alih panas. Di sisi lain, lampu LED pun tidak akan menyumbang suhu panas ke lingkungan.

2. Awet 

LED lebih awet jika dibandingkan dengan lampu pijar lain. Lampu LED bertahan 20 kali lipat lebih lama dibanding lampu pijar, termasuk CFL. Itu berarti, Anda tidak perlu sering membeli lampu LED karena alasan mati ataupun rusak. Anda bisa lebih menghemat pengeluaran jika menggunakan lampu LED yang lebih awet dibandingkan dengan lampu pijar lain.

Di samping itu, lampu LED juga menyala lebih lama daripada lampu pijar yang lainnya. LED bisa menyala hingga 60 ribu jam, di mana ini merupakan waktu yang cukup lama untuk sebuah lampu yang digunakan sehari-hari. Durasi waktu menyala lampu LED ini lebih lama jika dibandingkan dengan lampu pijar biasa. Pasalnya, lampu pijar hanya bertahan 8000 jam untuk menyala. 

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Lampu LED dalam Ruangan

3. Bisa Didaur Ulang

Apa manfaat penggunaan lampu LED terhadap lingkungan yang berikutnya adalah mengurangi sampah. Selain awet dan tahan lebih lama, ternyata lampu LED juga bisa didaur ulang saat sudah tidak bisa dimanfaatkan sebagai sumber pencahayaan. Itu berarti, lampu LED tidak akan menyumbang sampah ke lingkungan. Lampu yang sudah mati bisa didaur ulang menjadi barang baru dengan nilai guna.

Bahan pembuat lampu LED seluruhnya adalah bahan yang bisa didaur ulang. Alhasil, tidak akan ada sampah yang dihasilkan oleh lampu LED ketika sudah mati. Dengan begitu, lampu LED mengurangi jejak karbon ke lingkungan yang dihasilkan dari sampah. Ini berbeda dari jenis lampu selain LED yang terbuat dari bahan tidak ramah lingkungan. Selain menyumbang sampah, lampu selain LED juga berisiko membahayakan lingkungan karena mengandung merkuri.

4. Ganti Cahaya Matahari untuk Tanaman

Apa manfaat penggunaan lampu LED terhadap lingkungan yang perlu Anda tahu adalah benda tersebut bisa menjadi pengganti fungsi cahaya matahari untuk tanaman. Bukan berarti lampu LED menggantikan keseluruhan fungsi matahari untuk tumbuhan, namun LED bisa berperan mirip matahari bagi tanaman. Contoh penggunaan lampu LED untuk tanaman ini bisa Anda lihat pada praktik hidroponik di dalam ruangan.

Karena tanaman indoor atau di dalam ruangan tidak akan mendapatkan cahaya matahari maksimal seperti di luar ruangan, maka sebagai gantinya bisa memakai LED. LED lebih dipilih daripada lampu pijar lain karena menyediakan cahaya yang sesuai dengan tanaman. Dengan pencahayaan yang sesuai, tanaman bisa tumbuh sehat dan maksimal. Di samping itu, radiasi dari sinar lampu LED pun minim sehingga aman jika mengenai tanaman.

Baca juga: 6 Perbedaan Lampu LED dan Biasa, Apa Saja?

5. Menjaga Suhu Udara

Manfaat berikutnya menggunakan LED sebagai pencahayaan sehari-hari adalah menjaga suhu udara. Dengan menggunakan lampu LED, Anda bisa menjaga suhu udara bumi yang seperti diketahui mulai memanas akhir-akhir ini. Lampu LED tidak akan menyumbang panas yang besar ke lingkungan karena memang tidak memproduksinya secara berlebih. 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, 95% energi LED dipakai untuk memproduksi cahaya yang dibutuhkan oleh manusia maupun tanaman, sedangkan 5%-nya untuk memproduksi panas. Ini berbeda dari lampu pijar lain yang justru menyumbang lebih banyak panas daripada cahaya. Alhasil, inilah yang membuat lampu LED lebih mampu menjaga suhu udara. 

Dari pemaparan di atas, sudah jelas apa manfaat penggunaan lampu LED terhadap lingkungan. Lampu LED tidak menyumbang sampah yang signifikan terhadap lingkungan karena awet dan tahan lama masa gunanya. Selain itu, lampu LED juga tidak menyumbang panas ke lingkungan karena didesain untuk lebih menghasilkan cahaya alih-alih panas.

perlengkapan kelistrikan

Dengan kata lain, lampu LED menjadi pilihan bijak untuk Anda yang ingin menjaga keberlangsungan Bumi dan lingkungan. Dapatkan lampu LED ini di toko online Klopmart. Klopmart adalah salah satu toko online yang jual lampu LED dengan harga terjangkau dan banyak pilihan. 

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Tips & Trik

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Selengkapnya
5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Tips & Trik

5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Selengkapnya
11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Tips & Trik

11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Selengkapnya