Angkur: Pengertian, Jenis, dan Cara Memasangnya yang Benar

Angkur menjadi salah satu komponen penting dalam konstruksi bangunan. Namun, bagi sebagian orang, mungkin masih belum familier dengan istilah ini. Apa itu angkur? Biasanya, angkur digunakan sebagai medium untuk memindahkan beban dari bagian struktur bangunan atau non struktur beton. Untuk mengetahui lebih dalam tentang angkur dan seberapa penting dalam konstruksi bangunan, mari simak pembahasan di bawah ini.

Promosi Klopmart

Apa Itu Angkur?

Apa Itu Angkur?

Angkur merupakan salah satu komponen penting dalam konstruksi bangunan karena fungsinya yang sangat vital. Sebagai bagian dari beton, angkur berfungsi untuk menghubungkan benda lain seperti baja, kayu, atau struktur lainnya. Jika Anda menggunakan angkur, benda seperti kayu dan baja akan lebih kuat dan tahan lama saat dipasang ke beton. 

Pada umumnya, angkur digunakan pada dinding beton, lantai, atau atap untuk memperkuat struktur bangunan. Dalam penggunaannya, angkur bisa berfungsi untuk menopang beban yang diterima oleh struktur bangunan sehingga lebih kokoh dan stabil.

Ada dua jenis angkur yang umum digunakan, yaitu cast in place dan post installed. Angkur jenis cast in place dipasang pada saat beton masih basah dan belum mengeras, sementara angkur jenis post installed dipasang setelah beton sudah mengeras.

Perlu Anda ingat, proses memasang angkur harus dilakukan dengan benar agar bisa menopang beban dengan kuat. Pemilihan jenis angkur yang sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi konstruksi juga sangat penting dalam memperkuat struktur bangunan.

Baca juga: DYNABOLT - ANCHOR BOLT - BAUT ANGKUR

Jenis-Jenis Angkur

Jenis-Jenis Angkur

Dalam konstruksi bangunan, angkur memainkan peran penting dalam memperkuat struktur dan menghubungkan benda lain dengan beton. Dalam penggunaannya, terdapat dua jenis angkur yang umum digunakan, yaitu cast in place dan post installed. Kedua jenis angkur ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing tergantung dari spesifikasi dan kebutuhan konstruksi yang dilakukan. Berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai kedua jenis angkur tersebut.

1. Cast in Place

Angkur jenis ini dipasang pada saat beton masih basah dan belum mengeras. Cara pemasangannya dengan menempatkan angkur di dalam cetakan beton sebelum beton dicor. Setelah beton mengeras, angkur akan terkunci pada beton dan siap digunakan.

Kelebihan dari angkur jenis ini terletak pada kekuatannya yang lebih baik, karena terhubung langsung dengan beton. Terdapat 4 jenis angkur cast in place yang dapat ditemukan di pasaran, yaitu headed bolt (dengan kepala heksagonal atau segi enam), L-bolt (baut L), J-bolt (baut J), dan headed stud (stud yang dilas pada base plate). 

Biasanya, konstruksi besar lebih sering menggunakan angkur dengan kepala heksagonal, karena kapasitas beban yang lebih besar dibandingkan dengan L-bolt dan J-bolt. Meskipun penggunaan angkur umumnya terbatas pada bangunan baru, namun dapat digunakan untuk berbagai jenis konstruksi dari skala kecil hingga besar, mulai dari pemasangan pada base plate hingga sebagai penggantung.

2. Post Installed

Angkur jenis ini dipasang setelah beton mengeras dan siap digunakan. Cara pemasangannya dengan mengebor lubang di beton dan memasukkan angkur ke dalamnya. Kemudian, angkur akan diikat dengan bahan kimia atau mekanik untuk memastikan kekuatan yang maksimal.

Jenis angkur ini mudah dipasang dan dapat digunakan pada beton yang sudah ada, sehingga prosesnya dapat dilakukan dengan lebih optimal. Terdapat 5 jenis angkur post installed yang umumnya Anda temukan dalam konstruksi, di antaranya:

  • Adhesive anchor

  • Undercut anchor

  • Expansion anchor

  • Angkur terkontrol puntir tipe stud

  • Self-drilling anchor

Post installed anchor dibagi menjadi dua jenis berdasarkan prinsip pemasangannya, yaitu mechanical anchor dan bonded anchor. Mechanical anchor bekerja menggunakan prinsip mekanis dan terdiri dari dua jenis baut jangkar, yaitu expansion dan undercut, yang memanfaatkan gaya gesekan antara baut dan beton. 

Sementara itu, bonded anchor merupakan jenis baut yang dilengkapi dengan perekat tambahan agar bisa menempel kuat pada beton. Terdapat dua jenis bonded anchor, yaitu adhesive anchor dan grouted anchor

Adhesive anchor memerlukan bahan kimia adhesive untuk pemasangannya agar bisa melekat kuat pada beton, sedangkan grouted anchor dilengkapi dengan pasta yang berfungsi sebagai perekat dan pengikat baut pada beton.

Baca juga: Macam-macam Baut dan Sekrup Serta Jenisnya

Cara Memasang Angkur Baja (Dynabolt)


Angkur baja atau dynabolt termasuk salah satu jenis angkur yang sering digunakan dalam konstruksi. Angkur ini dapat digunakan untuk memperkuat hubungan antara benda lain seperti besi, kayu, atau struktur lain dengan beton. Untuk memasang angkur baja, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan agar pemasangan dapat dilakukan dengan baik dan benar. Berikut ini  langkah-langkah cara memasang angkur baja. 

1. Tentukan Lokasi dan Ukuran Angkur

Pastikan lokasi pemasangan sudah diukur dengan tepat dan sesuai dengan gambar rencana konstruksi. Tentukan juga ukuran angkur yang akan dipasang, termasuk panjang dan diameter angkur. Pastikan juga ukuran angkur yang dipilih sesuai dengan beban dan kondisi lingkungan sekitar. Hal ini sangat penting untuk memastikan angkur dapat bekerja dengan maksimal dan tahan lama.

2. Gunakan Bor Beton untuk Membuat Lubang

Selanjutnya, pastikan ukuran bor yang digunakan sesuai dengan ukuran angkur yang akan dipasang. Bor beton harus digunakan dengan hati-hati untuk menghindari kerusakan pada beton sekitarnya. 

Jika ada debu yang terbentuk selama pemboran, pastikan untuk membersihkannya agar angkur dapat terpasang dengan sempurna. Setelah lubang selesai dibuat, pastikan untuk membersihkan sisa-sisa debu dan partikel beton, sehingga angkur bisa terpasang dengan kuat dan tepat pada posisinya.

3. Bersihkan Debu dan Kotoran di Dalam Lubang

Setelah membuat lubang dengan bor beton, langkah selanjutnya membersihkan debu dan kotoran yang ada di dalamnya. Hal ini sangat penting dilakukan agar angkur dapat dipasang dengan kuat dan tidak terjadi kerusakan pada konstruksi. 

Gunakan sikat kawat untuk membersihkan bagian dalam lubang dengan hati-hati hingga tidak ada sisa-sisa debu atau kotoran yang tersisa. Pastikan juga permukaan dalam lubang sudah benar-benar kering sebelum memasang angkur.

4. Masukkan Angkur ke Dalam Lubang Beton

Jika lubang beton sudah bersih, masukkan angkur ke dalam lubang beton. Pastikan angkur benar-benar masuk ke dalam lubang dengan kedalaman yang sesuai dengan ukuran angkur. Sebelum memasukkan angkur, pastikan juga angkur telah dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran dan debu yang menempel pada permukaannya. Anda dapat menggunakan kuas atau kain lap bersih untuk membersihkan angkur.

Setelah itu, pastikan angkur telah diposisikan dengan tepat dan lurus di dalam lubang. Jika perlu, gunakan palu untuk menempatkan angkur pada posisi yang benar. Hal ini sangat penting untuk memastikan angkur dapat berfungsi dengan baik dan kuat ketika diberi beban.

5. Pasang Baut atau Mur pada Angkur

Untuk melakukan proses ini, pastikan baut atau mur yang dipilih memiliki ukuran dan jenis yang sesuai dengan angkur yang digunakan. Anda bisa menggunakan kunci pas untuk memasang baut atau mur dengan kuat dan rapat.

Pastikan baut atau mur dipasang dengan benar dan tidak terlalu kencang atau terlalu longgar agar angkur dapat bekerja dengan baik. Setelah semua baut atau mur terpasang, periksa kembali apakah angkur sudah terpasang dengan kuat sebelum dilanjutkan ke tahap berikutnya.

Jika proses pemasangan angkur ini sudah selesai dilakukan, penting bagi Anda memastikan angkur dipasang dengan benar agar bisa menopang beban yang lebih kuat. Pastikan juga untuk memilih angkur sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi konstruksi. Jadi, mengetahui apa itu angkur dan jenisnya sangat penting dalam konstruksi.

Material Bahan Bangunan

Tidak hanya menggunakan angkur, Anda juga bisa menggunakan sekrup baja ringan untuk menghubungkan struktur bangunan seperti rangka atap, dinding partisi, dan plafon. Sebagai Toko Material Bahan Bangunan Online Terlengkap, Klopmart menyediakan sekrup baja ringan dengan kualitas terbaik. Kunjungi Klopmart sekarang dan dapatkan bahan-bahan konstruksi bangunan sesuai kebutuhan Anda.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya