2 Cara Buka Brankas Tanpa Ribet dan Perlu Anda Tahu

Bagi para pemilik brankas atau lemari besi yang digunakan untuk menyimpan benda-benda serta surat-surat berharga, pasti sudah tahu dan paham cara mengoperasikannya. Namun, bagi Anda yang berencana untuk memiliki brankas, jelas Anda perlu tahu lebih banyak. Termasuk cara buka brankas yang lebih mudah untuk dilakukan.

Perlu juga untuk Anda ketahui bahwa kebanyakan brankas besi yang dijual luas sekarang ini berasal dari brand terkemuka seperti Chubb, Solingen, President, Mosler, Lufo dan masih banyak lagi brand lainnya. Kebanyakan dari brand itu juga memakai dua jenis kunci kombinasi, yakni kunci kombinasi manual dan kombinasi 4 roda. Selain daripada itu adalah jenis brankas yang memiliki tingkat keamanan yang super tinggi dengan sistem kunci yang lebih rumit bahkan rangkap.

Baca Juga: SEJARAH BRANKAS

Cara membuka dengan kombinasi manual

Cara buka brankas yang pertama ini adalah untuk brankas atau lemari besi dengan sistem kombinasi manual dengan standar tiga roda (10-20-30) yang dapat Anda coba lakukan.

Pertama, Anda perlu memperhatikan terlebih dahulu garis atau indeks pembuka nomor brankas yang seharusnya ada pada posisi jam 12, tepat di garis tengah paling atas. Lalu, lakukan putaran dari angka berapa saja, tidak harus dari angka nol. Geser putaran kombinasi Anda ke kiri sampai angka 0 tersebut berada di posisi indeks atau garis pembuka.

Kedua, putar nomor kombinasi ke arah kiri lagi sebanyak tiga kali hitungan melewati nomor pertama (10). Berhenti saat hitungan masuk ke hitungan keempat. Lalu, putar kombinasi ke arah kanan sebanyak dua kali sampai melewati nomor kedua (20), kemudian berhenti tepat pada hitungan yang ketiga. Ketiga, putarlah kombinasi ke arah kiri sebanyak satu kali untuk melewati nomor ketiga (30), lalu berhenti tepat pada hitungan yang kedua.

Tahap terakhir yang perlu Anda lakukan adalah memutar kombinasi ke arah kanan hingga putaran kombinasi tidak dapat bergerak lagi. Dengan begitu, brankas atau lemari besi dengan kombinasi manual tiga roda akan terbuka. Baca lagi langkah-langkah di atas dengan seksama sampai Anda paham sebelum mencoba cara buka brankas yang pertama ini. Perlu diingat juga, cara ini tidak dapat digunakan untuk kombinasi empat roda.

Cara membuka dengan kombinasi 4 roda

Untuk membuka brankas dengan kombinasi empat roda (10-20-30-40), harus menggunakan cara yang lain. Cara buka brankas yang satu ini punya langkah yang tidak jauh berbeda dengan cara buka brankas untuk kombinasi manual tiga roda. Begini caranya yang dapat Anda lakukan dengan lemari besi berkunci kombinasi empat roda.

Pertama, periksa dulu garis indeks pembuka nomor kombinasi lemari besi yang berada pada posisi garis tengah paling atas sejajar posisi jam 12. Setelah itu, mulai putar kombinasi dari angka berapa saja tidak harus angka nol. Geser kombinasi putaran ke arah kanan sampai angka nol berada pada posisi sejajar dengan garis indeks pembuka.

Kedua, putar pemutar nomor kombinasi sebanyak empat kali ke arah kanan hingga melewati nomor yang pertama (10) atau nomor berapa pun yang sudah di set menjadi nomor pertama di brankas Anda. Lalu, putar sekali lagi dan berhenti tepat di hitungan kelima.

Ketiga, putar kombinasi ke kiri sebanyak tiga kali sampai melewati nomor kedua (20) atau nomor yang diatur di brankas. Lanjutkan putaran sekali lagi dan berhenti di putaran keempat. Keempat, geser ke kanan sebanyak dua kali sampai melewati nomor ketiga (30) atau nomor yang sudah diatur.

Putar kombinasi sekali lagi sampai berhenti tepat pada hitungan yang ketiga. Kelima, putar kombinasi ke kiri satu kali sampai melewati nomor keempat (40) atau nomor yang sudah diatur, lalu putar sekali lagi hingga berhenti tepat di hitungan kedua.

Terakhir, saat Anda sudah benar-benar melakukan setiap langkah cara buka brankas tadi dengan tepat, putar kombinasi ke arah kanan hingga putaran kombinasi berhenti. Anda harus ekstra hati-hati dan teliliti, baik arah putaran maupun jumlah putaran yang dilakukan. Presisi kunci kombinasi 4 roda sangat tinggi. Begitu putaran kombinasi berhenti, brankas sudah dapat dibuka dengan memasukkan anak kunci mekanis brankas tersebut.

Jika terjadi kesulitan selama membuka brankas, ada kemungkinan nomor kombinasi yang diputar salah atau Anda kurang akurat mengikuti langkah-langkah dari cara buka brankas di atas. Termasuk yang mungkin terjadi adalah nomor yang diatur di dalam blok kunci kombinasi bisa jadi sudah tidak sesuai standar.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya