Konstruksi

#SAATNYAGANTIKASUR!

Media
22 Nov 2018

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Mungkin ini pertanyaan yang agak jarang terlintas di pikiran kita. Mungkin kita berpikir bahwa selama kasurnya masih bisa dijadikan alas tidur, it is OK! Tetapi seperti yang kita tahu, tidak ada yang abadi di dunia ini. Semuanya akan hancur pada akhirnya.

Sebelumnya, perlu ditegaskan bahwa artikel ini tidak berpromosi untuk satu merk kasur tertentu. Artikel ini lebih menyoroti kepada perlunya kenyamanan tidur demi kesehatan kita sendiri. Kenyamanan tidur kita tentunya tidak lepas dari kondisi kasur yang di atasnya kita membaringkan diri dan tidur. Mungkin tidak kita sadari bahwa kita berbaring di atas kasur selama sekitar enam hingga delapan jam saat tidur malam setiap harinya.

Jika kasur sudah tua, maka kemampuan untuk menopang tubuh kita juga akan menurun sehingga kenyamanan tidur kita pun terganggu. Otomatis kondisi kesehatan kita pun terganggu.

Ada beberapa poin yang menandakan bahwa kasur kita sudah saatnya diganti dengan yang baru:

  • Sudah berapa lama usia kasur Anda? Umumnya kasur memiliki usia pakai sekitar 5 hingga 10 tahun khususnya spring bed. Jika sudah melewati batasan angka-angka ini, biasanya kawat-kawat per akan mulai mengalami kerusakan. Kasur sudah tidak dapat berfungsi dengan baik menopang tubuh Anda.
  • Kasur spring bed mulai mengeluarkan bunyi logam berderit saat diberi beban pada permukaan kasur. Jika bunyi ini terjadi cukup sering dan saat Anda bergerak di atasnya, maka sudah dapat dipastikan, struktur per sudah mengalami deformasi atau perubahan bentuk struktur. Hal ini sudah pasti mengurangi kemampuan menopang tubuh Anda.
  • Perhatikan kasur secara fisik. Jika dilihat dan diraba permukaannya terasa tidak rata dan ada tonjolan-tonjolan di bawahnya, berarti per kasur sudah rusak. Perhatikan apakah terlihat perubahan bentuk pada permukaannya. Raba permukaan busa paling atas, jika sudah terasa tonjolan-tonjolan per, maka kondisi busa kasur sudah tipis dan mudah rusak. Periksa juga kondisi kain pelapis kasur, jika mulai robek di sana-sini, busa di bawahnya akan mudah robek dan lepas.
  • Akhir-akhir ini Anda sering merasakan pegal, tegang otot di bagian pinggang dan punggung saat setelah bangun tidur. Rasanya seperti habis dipukuli orang. Jika hal ini sering dan selalu terjadi, maka kasur Anda sudah tidak sanggup menopang tubuh Anda. Jika dibiarkan otot dan tulang punggung kita akan cedera. Ada baiknya untuk segera diganti.
  • Pertambahan berat badan dan tinggi badan yang signifikan. Hal ini terjadi saat dalam masa pertumbuhan dan usia remaja. Jika hal ini terjadi, periksa keadaan kasur. Ada kemungkinan, kasur sudah tidak dapat menopang tubuh seiring bertambahnya berat badan.

Di kesempatan mendatang kita akan bahas tentang Kiat memilih kasur yang tepat. Setelah ini coba periksa kasur Anda supaya tidur malam dengan nyaman… zzzz…

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya