Mudah dan Aman, Ini Dia 4 Langkah Membuat Slime Tanpa Lem Fox

Slime merupakan mainan yang sangat disukai anak-anak. Dengan bentuk yang lengket dan kenyal, anak-anak suka meremas-meremas dan memainkannya dengan tangan kecil mereka. Namun tahukah Anda, jika slime sangat mudah untuk dibuat. Bahkan anak-anak bisa membuat slime sendiri di rumah. Bahan-bahan yang diperlukan juga tidak jauh dari bahan-bahan keseharian di rumah.

Bahan-bahan tersebut bisa berupa lem bening, lem Fox, boraks, bahkan tepung kanji. Dari bahan-bahan yang disebutkan, cara pembuatan slime tanpa lem Fox lebih mudah dilakukan karena tidak terlalu banyak bahan untuk digunakan. Lalu, bagaimanakah cara membuat slime tanpa lem Fox? Anda bisa membaca cara-caranya dalam penjelasan berikut ini.

Cara Membuat Slime Activator

Apa itu slimeactivator? Slimeactivator adalah sebuah bahan tambahan dalam pembuatan slime. Akan tetapi, ada beberapa slime yang tidak membutuhkan slimeactivator. Bahan yang digunakan untuk membuat slimeactivatorhanyalah boraks, air dan sebuah wadah (botol kaca kecil). Langkah-langkah membuat slimeactivator sangat sederhana dan cepat. Berikut adalah langkah-langkah pembuatan slimeactivator:

  1. Masukkan boraks yang telah Anda sediakan dalam wadah.
  2. Tambahkan air ke dalam wadah.
  3. Tutup wadah lalu kocok adonan tersebut hingga tercampur rata.

Cara Membuat Slime Clear

Slimeclear adalah salah satu jenis slime yang banyak digemari oleh anak-anak. Slime ini tidak memiliki warna alias bening. Hal inilah yang menjadikan slime jenis ini banyak digemari. Bahan dan perlengkapan untuk membuat slimeclear adalah air hangat, garam, slimeactivator, lem bening, dan boraks. Cara pembuatannya sederhana, Anda bisa lihat di bawah ini:

  1. Setelah semua bahan tersedia, masukkan lem, garam, air hangat ke dalam wadah. Lalu aduk hingga garam larut.
  2. Tambahkan boraks ke dalam wadah sebanyak 2-3 tetes, aduk semua bahan hingga rata dan sedikit menggumpal. Jika adonan tersebut masih belum menggumpal, Anda bisa menambahkan boraks hingga menggumpal.
  3. Setelah itu, tambahkan slimeactivator hingga 1-2 tetes atau hingga slime tidak menempel pada wadah.

Cara Membuat Slime dari Lem Povinal

Adapun cara membuat slime tanpa lem Fox, yaitu dengan menggunakan lem Povinal. Lem Povinal adalah lem yang biasa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Lem Povinal sebanyak lima botol adalah bahan baku dalam pembuatan slime kali ini, bahan dan perlengkapan lain yang digunakan adalah pewarna makanan sebanyak dua sendok teh, lem Povinal, baking powder secukupnya, dan air putih segelas. Lalu, bagaimana cara pembuatannya? Simak dalam penjelasan berikut:

  1. Setelah semua perlengkapan siap, masukkan lem Povinal ke dalam wadah dengan tambahan air yang dimasukkan secara perlahan sembari diaduk.
  2. Masukkan pewarna makanan ke dalam adonan sambil tetap diaduk.
  3. Pindahkan slime ke dalam wadah yang tertutup dan diamkan selama 30 menit.
  4. Slime siap dimainkan.

Cara Membuat Slime dari Tepung Kanji

Bahan selanjutnya dalam membuat slime tanpa menggunakan lem Fox adalah tepung kanji. Tepung kanji sebenarnya bisa dijadikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan slime. Anda cukup membutuhkan tepung kanji sebanyak 2 gelas, minyak goreng sebanyak 150 gram, pewarna makanan (sesuai keinginan) sebanyak 2 sendok teh, air bersih sebanyak 400 ml, sendok untuk mengaduk, dan sebuah wadah. Untuk cara pembuatannya sebagai berikut:

  1. Tepung kanji dimasukkan ke dalam wadah yang telah Anda siapkan dan tambahkan air secara perlahan sambil diaduk agar adonan slime tidak menggumpal.
  2. Setelah itu, tambahkan minyak goreng hingga kekenyalan slime dirasa pas.
  3. Lalu, tuang pewarna yang sudah disiapkan ke dalam adonan.
  4. Aduk kembali hingga teksturnya sempurna.
  5. Slime siap dimainkan.

 

Begitulah beberapa cara membuat slime tanpa lem fox yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Anda bisa membuat slime tersebut bersama dengan anak Anda. Bahan-bahan yang diperlukan juga bahan-bahan murah dan sering dijumpai di kehidupan sehari-hari. Dengan membuat sendiri slime di rumah, Anda bisa menghemat biaya membeli slime di pasaran. Jadi, apa yang Anda tunggu? Coba buat slime sendiri di rumah sekarang.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
19 Nov 2019

Related Article