Home & Living

MENGHEMAT AIR DI RUMAH

Media
00 0000

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Table Of Contents

    Menghemat Air di Rumah

    Air, terutama air bersih, merupakan kebutuhan yang mendasar dalam kehidupan manusia dan mahluk hidup lainnya. Fungsi utama air yang sangat vital bagi kehidupan adalah sebagai air minum karena untuk memenuhi kebutuhan air di dalam tubuh. Selain untuk memenuhui kebutuhan dasar tersebut, air bersih juga bermanfaat bagi kebutuhan manusia dalam kehidupan sehari-hari antara lain untuk mandi, sikat gigi, mencuci pakaian, dan memasak.

    Walaupun sumber daya air mungkin cukup banyak tersedia di sekitar kita, tetapi persediaan air bersih belum tentu seimbang dengan jumlah air secara keseluruhan tersebut. Kita harus menyadari bahwa keberadaan air bersih setiap tahunnya mulai menyusut. Salah satu langkah agar persediaan air bersih senantiasa tersedia adalah dengan menghemat penggunaan air.

    Banyak program atau gerakan kepedulian yang digalakkan oleh beberapa pihak, salah satunya adalah melestarikan alam dan penghematan persediaan air. Kesadaran akan penghematan air bersih sebenarnya dapat di mulai dari rumah.

    Berikut ini beberapa hal sederhana yang perlu kita perhatikan dan lakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk menghemat air:

    1. Periksa dan Perbaiki Kebocoran

    Secara berkala periksalah kondisi keran dan sambungan antar pipa dari kebocoran. Jika ditemukan kebocoran segeralah memperbaikinya. Jangan dibiarkan walaupun hanya kebocoran kecil karena jumlah air yang terbuang sebenarnya tidak sedikit.

     

    1. Mematikan Keran Air

    Biasakan mematikan keran bukan hanya setelah selesai digunakan tetapi justru pada saat kita sedang menggosok gigi atau mencuci piring. Gunakan kembali air mengalir saat hendak membilas gigi atau membilas piring. Jangan biarkan air mengalir terus menerus dengan percuma.

    Biasakan mematikan keran bukan hanya setelah selesai digunakan saja, tetapi justru pada saat kita sedang menggosok gigi, bercukur atau mencuci piring. Mulailah membangun kebiasaan untuk mematikan keran ketika kita mulai menyikat gigi, mencukur dan mencuci piring. Gunakan air kembali saat hendak membilasnya. Jangan biarkan air mengalir terus menerus dengan percuma.

     

    1. Penggunaan Shower

    Pada saat mandi, terutama saat kita sedang memakai sabun dan shampoo, mulailah membangun kebiasaan untuk mematikan shower agar aliran air tidak mengalir terus menerus. Gunakan kembali shower saat kita siap untuk membilas seluruh badan.

     

    1. Penggunaan Mesin Cuci

    Mencuci baju atau piring dalam jumlah yang sedikit dengan dalam mesin cuci hanya akan membuang-buang air karena jumlah yang air yang digunakan oleh mesin cuci tidaklah sedikit. Cucilah baju atau piring dalam jumlah yang cukup banyak agar penggunaan air lebih hemat.

     

    1. Penyiraman Tamanan

    Aktivitas menyiram tanaman dan halaman haruslah menggunakan air yang secukupnya sesuai kebutuhan. Jika tanaman dan halaman sudah terkena air hujan, maka kita tidak perlu untuk menyiramnya kembali. Selain itu perhatikan waktu kita menyiram, pagi atau sore hari adalah waktu yang tepat karena lebih banyak air yang terserap dan lebih sedikit air yang menguap dibandingkan jika kita menyiramnya di siang hari.

     

    1. Mempergunakan Kembali

    Air yang kita gunakan untuk mencuci beras, buah dan sayuran dapat kita tamping dan digunakan kembali untuk menyiram tanaman.

     

    1. Menampung Air Hujan

    Air hujan yang kita tampung dapat digunakan untuk menyiram tanaman dan halaman. Daripada air hujan dibiarkan begitu saja, mengapa tidak kita tampung dalam wadah atau drum agar dapat digunakan untuk hal ini. Jangan lupa untuk menutup wadah atau drum air tersebut agar tidak menjadi sarang nyamuk.

     

    Foto: Freepik

    Inspirasi Lainnya

    8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

    Alat Safety

    8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

    Selengkapnya
    8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

    Alat Safety

    8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

    Selengkapnya
    7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

    Cat dan Kimia

    7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

    Selengkapnya