Download Klopmart App

Pusat Bantuan

KENALI WASTAFEL ANDA

Wastafel bukanlah benda asing bagi kita semua. Wastafel adalah salah satu perlengkapan yang penting di kamar mandi, baik yang digunakan di rumah, perkantoran, pertokoan, restoran, dan fasilitas umum. Wastafel itu sendiri merupakan tempat untuk membersihkan diri seperti cuci muka, cuci tangan, gosok gigi dan bercukur. Wastafel umumnya menempel pada dinding dilengkapi dengan keran air, cermin dan rak untuk meletakkan sabun, pasta gigi, atau perlengkapan kecantikan. Penempatan wastafel bisa di dalam ataupun di luar kamar mandi tergantung besarnya ruangan yang tersedia.

 

Wastafel itu sendiri ternyata sudah dikenal sejak jaman dahulu kala. Bentuk wastafel, saat itu merupakan sebuah mangkok/baskom dari batu besar, sudah ada dan ditempatkan di sekeliling rumah permandian pada jaman Romawi Kuno yang digunakan untuk mencuci muka dan tangan. Ada juga yang melaporkan bahwa mekanisme kerja sebuah wastafel sebagai tempat untuk membersihkan tersebut sudah ada sejak jaman Yunani Kuno.  Baru setelah abad ke-16 orang mengenal meja wastafel atau dikenal dengan istilah washstand yang umumnya terbuat dari kayu dan ditempatkan di dalam kamar tidur. Meja wastafel ini merupakan tempat untuk menaruh semacam kendi (pitcher) beserta sebuah mangkuk besar untuk mencuci muka dan tangan. Di masa ini, hanya orang-orang kaya saja yang memiliki meja wastafel ini di rumah mereka.

 

Seiring perkembangan jaman dan akibat meningkatnya kesadaran akan kebersihan diri, kebutuhan akan adanya wastafel meningkat juga. Terutama ketika ruang bernama kamar mandi menjadi satu tempat dimana kita bisa membersihkan diri mulai dari cuci muka dan tangan, membersihkan badan alias mandi, dan membuang hajat, maka bentuk dan fungsi dari wastafel juga berubah mengikuti perkembangan jaman. Sesudah Perang Dunia 2, ruang kamar mandi tersebut menjadi standar ruangan yang dibangun di setiap perumahan di seluruh dunia.

 

Di masa modern ini, produk perlengkapan kamar mandi tersedia dalam berbagai variasi, bentuk, dan ukuran. Begitu juga dengan wastafel, ada beberapa bentuk dan jenis wastafel yang umum ditemui di pasaran.

 

BENTUK WASTAFEL

Beberapa bentuk wastafel yang sering kita temui antara lain adalah:

  • Wastafel Persegi Panjang. Contoh Toto Wastafel LW279J
  • Wastafel Persegi. Contoh Toto Wastafel L710CTRE
  • Wastafel Bulat. Contoh Toto Wastafel LW895J
  • Wastafel Oval. Contoh Toto Wastafel LW813CJ
  • Wastafel Setengah Lingkaran. Contoh Toto Wastafel LW824CJ

​

 

BAHAN WASTAFEL

Bahan yang paling umum digunakan untuk membuat wastafel adalah bahan keramik karena bahan keramik itu kuat dan tahan lama. Ada juga wastafel yang dibuat dari bahan stainless steel, bahan plastik acrylic dan bahan kaca. Bahan stainless steel biasanya digunakan khusus untuk wastafel dapur. Tidak semua wastafel digunakan di kamar mandi, karena ada model wastafel yang digunakan di dapur sebagai tempat untuk mencuci piring dan perlengkapan memasak.

 

 

JENIS WASTAFEL

Selain bentuk wastafel dan bahan yang digunakan untuk membuat wastafel, ada beberapa jenis wastafel yang perlu diketahui, antara lain:

  1. Wall Hung. Jenis wastafel yang digantung pada tembok.  Contoh Toto Wastafel L38V1
  2. Corner. Jenis wastafel gantung yang dipasang pada sudut tembok. Contoh Toto Wastafel LW815CJ
  3. Counter Top. Jenis wastafel yang dipasang di atas meja atau lemari wastafel.  Contoh Toto Wastafel LW630J
  4. Semi Recessed. Setengah bagian dari wastafel dipasang diatas meja atau lemari wastafel.  Contoh Toto Wastafel LW646J
  5. Under Counter. Semua bagian wastafel berada di bawah atau terbenam di dalam meja atau lemari wastafel. Contoh Toto Wastafel L546
  6. Self-Rimming. Jenis wastafel yang dipasang dari atas meja atau lemari wastafel. Sebagian besar bodi wastafel terbenam ke dalam meja. Hanya bagian pinggir atas wastafel yang berada diatas meja atau lemari wastafel. Contoh Toto Wastafel LW639CJ
  7. Full Pedestal. Jenis wastafel yang digantung pada tembok dengan kaki atau penyangga yang sampai ke lantai. Contoh Toto Wastafel LW241CJ/LW239FJ
  8. Semi-Pedestal. Jenis wastafel yang digantung pada tembok tetapi memiliki kaki atau penyangga yang tidak mencapai ke lantai dan hanya menutupi pipa saluran pembuangan air. Contoh Toto Wastafel LW241CJ/LW242HFJ

​

Dengan mengenali bentuk dan jenis wastafel, diharapkan kita dapat memilih wastafel kamar mandi yang pas dengan selera kita, yang cocok dengan interior rumah kita dan yang sesuai dengan ukuran dan bentuk ruang kamar mandi kita.


Cek harga klik disini

Related Article