Konstruksi

JENIS-JENIS KAYU INDONESIA (Bagian 2)

Media
00 0000

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Table Of Contents

    Pada kesempatan yang lalu, kita sudah membahas beberapa jenis kayu yang umum atau sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

     

    Mari kita lanjutkan lagi untuk beberapa jenis kayu Indonesia:

     

    Kayu Cendana

    Kayu jenis ini memiliki keharuman yang khas. Kayu cendana juga digunakan sebagai bahan baku untuk dupa selain digunakan sebagai bahan baku pembuat benda-benda kerajinan. Pohon ini termasuk jenis tumbuhan parasit yang tumbuh hingga ketinggian 15 meter dengan diameter batang sebesar 30 centimeter dan banyak ditemukan di wilayah Nusa Tenggara Timur. Walaupun sulit dibudidayakan dan masa tumbuhnya cukup lama untuk dapat dipanen, kayu cendana sangat diminati bahkan hingga dijual dengan harga jual per kilogram!

    Produk benda-benda kerajinan ataupun furniture berukuran kecil dari kayu cendana biasanya tidak dilapisi pernis, supaya wanginya dapat keluar dan tercium oleh orang-orang di sekitarnya.

     

    Kayu Ulin

    Kayu ulin adalah kayu khas pulau Sumatera bagian selatan dan Kalimantan. Kayu ulin terkenal dengan kekuatan dan daya tahan terhadap cuaca ini. Hal ini membuatnya sejak dahulu kala digunakan sebagai material bahan baku pembuatan rumah panggung penduduk setempat, pembuatan kapal dan juga produk kerajinan patung serta perhiasan.

    Pohon kayu ulin dapat tumbuh hingga ketinggian 50 meter dengan diameter batang sekitar lebih dari 1 meter. Kayu ini juga dikenal berat dank eras sehingga dimasukkan ke dalam kategori Kelas Kuat I dan Kelas Awet I. Berat jenis kayu ulin adalah 1.04.

     

    Kayu Eboni

    Seperti lagu Paul McCartney, Ebony and Ivory, berkisah tentang keharmonisan dari orang-orang yang memiliki perbedaan warna kulit (ras). Ras kulit putih digambarkan sebagai tuts piano gading yang berwarna putih berpadu dengan ras kulit hitam yang digambarkan sebagai tuts hitam dari kayu eboni. Kayu ini memang memiliki warna coklat gelap cenderung hitam dengan urat-urat kayu yang eksotis sehingga sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan alat-alat music seperti piano, gitar dan biola. Kayu ini juga kerap digunakan sebagai benda-benda kerajinan seperti tongkat, ukir-ukiran, patung dan perhiasan.

    Pohon kayu eboni dapat tumbuh hingga ketinggian 40 meter dengan diameter batang sekitar satu meter. Kayu ini termasuk dalam kategori kelas Kuat I dan kelas Kuat I dengan berat jenis sekitar 1.05 (0.90 – 1.14).

     

    Kayu Trembesi (Meh Jati)

    Kayu ini memiliki urat kayu yang cukup menawan, bahkan dikatakan mirip dengan urat kayu jati. Hal inilah yang menyebabkan kayu trembesi mendapatkan nama ‘Meh Jati’ di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. ‘Meh Jati’ berarti ‘hampir mirip atau hampir menyerupai kayu jati’. Seperti kayu jati, kayu ini juga menghasilkan sedikit minyak yang membuatnnya lebih tahan terhadap serangan rayap.

    Pohon kayu trembesi dapat ditemui di daerah dengan curah hujan tinggi, mulai dari Pulau Sumatera, Jawa, Kepulauan Maluku dan Nusa Tenggara. Pohon ini dapat tumbuh hingga ketinggian 40 meter dengan diameter batang hingga 4.5 meter.

    Kayu trembesi ini digunakan sebagai bahan baku pembuatan indoor furniture dan juga pembuatan veneer. Tingkat kepadatan yang rendah membuat kayu ini tidak cocok untuk digunakan sebagai bahan baku outdoor furniture.

    Kayu Meh Jati ini termasuk kategori kayu Kelas Kuat III dan Kelas Awet IV dengan berat jenis 0.60.

     

    Kita akan membahas lagi jenis-jenis kayu Indonesia lainnya di kesempatan berikutnya.

     

    (Dirangkum dari Wikipedia dan KlikTeknik)

    Inspirasi Lainnya

    8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

    Alat Safety

    8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

    Selengkapnya
    8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

    Alat Safety

    8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

    Selengkapnya
    7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

    Cat dan Kimia

    7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

    Selengkapnya