Download Klopmart App

Pusat Bantuan

Cara Menentukan Ukuran Tangki Air Sesuai Kebutuhan Rumah Tangga

Penggunaan tangki air di rumah memberi banyak manfaat. Di samping menjamin ketersediaan kebutuhan air, benda ini juga mampu menghemat tagihan listrik bulanan Anda. Untuk menentukan ukuran tangki air, Anda bisa mengalikan jumlah pengguna setiap satu hari dengan volume penggunaan air bersih setiap satu hari. Misalnya, ada empat orang penghuni dengan masing-masing kebutuhan air sebesar 250 liter per hari. Maka, rumah tersebut bisa memakai ukuran tangki air dengan kapasitas minimal 1.000 liter (250 x 4).

Namun, penentuan ukuran tangki air juga bisa didasarkan pada hal-hal berikut ini. Apa saja? Yuk, cari tahu!

 

Baca Juga: Membuat Sumur Resapan

Jumlah penghuni rumah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, besar ukuran tangki air akan berbanding lurus dengan jumlah penghuni di rumah Anda. Oleh karena itu, untuk menentukan ukuran yang dibutuhkan Anda wajib memperhitungkan jumlah pasti penghuni tetap di dalam rumah. Ingat, semakin banyak jumlah penghuni, maka semakin besar pula jumlah air bersih yang dibutuhkan. Dengan begitu, ukuran tangki air yang dibutuhkan juga lebih besar.

 

Estimasi penggunaan air bersih

Setelah menghitung jumlah penghuni rumah, Anda bisa melakukan estimasi penggunaan air bersih untuk masing-masing orang. Secara umum, manusia membutuhkan air bersih minimal 233 liter dalam satu hari. Untuk lebih memudahkan perhitungan, anggap saja setiap orang membutuhkan 250 liter air bersih per hari. Kalikan jumlah ini dengan total penghuni yang ada, maka hasil yang didapatkan merupakan kapasitas minimal tangki air yang tepat digunakan di rumah Anda.

 

Kualitas tangki air

Di samping mempertimbangkan ukuran tangki air, kualitas juga tidak boleh Anda lupakan begitu saja. Tangki air berkualitas bisa digunakan dalam jangka panjang, sehingga Anda lebih bisa menghemat budget pembelian. Disarankan untuk memilih tangki air dengan dinding berlapis-lapis sehingga tahan terhadap segala cuaca. Pilih juga tangki air dengan permukaan yang licin, tahan terhadap benturan, dan guncangan dengan kekuatan besar. Ini penting diperhatikan agar tangki air tidak mudah mengalami kerusakan atau bocor.

 

Harga pembelian

Perlu diketahui, ukuran tangki air juga akan berpengaruh terhadap harga jualnya. Jadi, semakin besar kapasitas air bersih yang dapat ditampung, maka semakin mahal pula harganya. Beruntung sekarang Anda bisa menemukan produk tangki air berkualitas sesuai budget hanya dengan mengunjungi situs www.klopmart.com. Tersedia beragam ukuran, bahan dan merek tangki air yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan rumah tangga.

 

Jangan lupa gunakan pelampung bola dan radar

Setelah menemukan ukuran tangki air yang sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa menambahkan pelampung bola dan radar. Dua benda ini akan mengapung di atas permukaan air dan terhubung langsung dengan keran. Artinya, pelampung bola dan radar akan mengatur volume air di dalam tangki secara otomatis. Jadi, ketika tangki air kosong, bola penampung akan turun dan membuka keran air secara otomatis. Saat air terisi hingga di ambang batas yang diatur, maka keran pun tertutup secara otomatis.

 

Di Indonesia, hampir semua rumah telah menggunakan tangki air untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari. Banyaknya ukuran tangki air, bahan, serta merek yang tersedia Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Bagaimana dengan tangki air yang Anda butuhkan di rumah? Pastikan Anda sudah menghitung dengan baik jumlah pengguna serta estimasi penggunaan air bersih, agar ukuran tangki air yang dipilih tepat.


Cek harga klik disini

Related Article