Home & Living

CARA ALAMI USIR NYAMUK

Media
00 0000

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Table Of Contents

    Ngiiiiing…ngiiiiiiing….

    Dengungan lirih yang mengganggu tidur malam kita. Dengungan sayap nyamuk yang sedang terbang, cukup mengganggu tidur kita, belum lagi gigitannya yang gatal… apalagi bicara jenis nyamuk aedes aegypti yang menyebarkan penyakit demam berdarah! Waduuuuh!

     

    Gampang! Semprotkan saja b@yg0n!

    Daripada menggunakan racun serangga yang bukan saja beracun bagi serangga, tetapi beracun pula bagi kita, manusia. Jadi, apesnya kita ini: sudah terganggu nyamuk, menghirup racun pula…

     

    Lalu bagaimana, donk?

    Sebenarnya ada beberapa cara alami yang lebih aman sebagai alternatif bagi kita, manusia untuk mengusir nyamuk dari kamar atau rumah kita. Berikut beberapa cara alternatif itu:

     

    Bersihkan Rumah

    Ikuti petunjuk PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) di area sekeliling rumah dan di dalam rumah dengan melakukan 3M. Iya, 3M ini BUKAN merk selotip yaaa… melainkan singkatan dari Menutup, Menguras, Mengubur. Lalu hindarkan menggantung pakaian dengan jumlah banyak di luar lemari, karena ini akan menjadi tempat persembunyian nyamuk. Bersihkan juga rumah dari barang rongsokan lain yang dapat menjadi tempat persembunyian nyamuk.

     

    Gunakan Kawat Kasa

    Gunakan kawat kasa pada saluran sirkulasi udara, jendela, dan pintu rumah Anda. Hal ini akan mencegah nyamuk dari luar untuk masuk ke dalam. Jika belum sempat memasang kawat kasa di tempat-tempat tadi, gunakan kelambu pada tempat tidur Anda.

     

    Minyak Kayu Putih

    Minyak kayu putih bukan saja manjur digunakan saat kita pegal linu atau untuk diolesi pada gigitan nyamuk. Minyak yang dihasilkan dari pohon yang tumbuh di daerah Maluku ini ampuh juga sebagai pengusir nyamuk. Oleskan pada area urat nadi, seperti pergelangan tangan dan kaki, di belakang telinga dan leher. Dapat juga dicampur air dan disemprotkan dalam ruangan. Nyamuk tidak suka aroma minyak kayu putih.

     

    Serai/Sereh

    Sereh bukan asaja bumbu dapur yang dapat menyedapkan masakan, tetapi juga ampuh mengusir nyamuk. Potong tipis sereh dan letakan pada area yang banyak dilalui nyamuk. Minyak sereh juga dapat digunakan sebagai aroma therapy yang juga mampu mengusir nyamuk.

     

    Lavender

    Minyak bunga lavender, selain sebagai aroma therapy yang menygarkan, juga mampu mengusir nyamuk.

     

    Kulit Jeruk

    Aroma dari kulit jeruk yang dikeringkan juga dipercaya mampu mengusir nyamuk. Potong besar beberapa kulit jeruk dan keringkan. Kemudian diletakkan pada sudut-sudut ruangan. Minyak kulit jeruk juga dapat digunakan sebgai aroma therapy sekaligus pengusir nyamuk.

     

    Tanaman Hias Anti Nyamuk

    Beberapa jenis tanaman hias juga tidak disukai nyamuk. Antara lain: Tanaman serai, marigold (disebut juga bunga kenikir), selasih, bawang putih, zodia, kamboja, kecombrang dan geranium (disebut juga bunga tapak dara) merupakan tanaman pengusir nyamuk alami karena nyamuk tidak menyukai aromanya. Beberapa tanaman tersebut bisa ditanam di pot dan disimpan di dalam ruangan, misalnya zodia yang sangat umum ditemui di Papua, marigold, dan geranium. Selain indah dipandang, menyegarkan ruangan, juga ampuh mengusir nyamuk!

     

    Selamat mencoba!

    Inspirasi Lainnya

    8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

    Alat Safety

    8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

    Selengkapnya
    8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

    Alat Safety

    8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

    Selengkapnya
    7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

    Cat dan Kimia

    7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

    Selengkapnya