Begini Cara Benar Pasang AC di Rumah

AC sebagai benda elektronik memiliki fungsi penting dalam sebuah rumah, yakni untuk melancarkan sirkulasi udara. Memasang AC pun kini semakin mudah dengan adanya jasa teknisi. Akan tetapi, tidak semua daerah terkadang terdapat jasa teknisi AC yang mumpuni. Mau tidak mau Anda perlu memasangnya sendiri. Meski begitu, Anda tak perlu khawatir. Berikut cara pasang AC yang baik dan benar untuk rumah Anda.

Siapkan Alat yang Diperlukan

Sebagai langkah awalnya, Anda harus mempersiapkan alat-alat yang diperlukan. Beberapa peralatan ini di antaranya ialah duct tape atau isolasi, tangga lipat, bracket, dan dinabol yang digunakan untuk memasang bracket. Alat lainnya untuk melebarkan pipa AC atau flaring, pipa AC, dan pemotongnya serta kabel untuk menyambungkan arus listrik. Peralatan lain yang tak kalah pentingnya adalah kunci, obeng, bor listrik, dan palu untuk melubangi dinding.

Pilih Tempat Indoor Terbaik

Untuk peletakan AC indoor sebaiknya Anda perlu menentukannya agar dapat memasangnya dengan baik dan menghasilkan daya optimal. Hal yang perlu diperhatikan di sini adalah sebaiknya jangan menghadap ke arah luar ruangan. Sedangkan untuk sisi-sisinya, sisakan ruang setidaknya hingga 15 cm. Dinding pun juga harus kuat dan tingginya paling tidak sekitar 2.13 meter dan janganlah terlalu dekat dengan sumber listrik, terutama yang bertegangan tinggi.

Pasang Bracket-nya

Kemudian, langkah selanjutnya adalah memasang bracket. Untuk itu, bukalah bracket secara hati-hati dari kardusnya. Caanya dengan menelungkupkan kardus tersebut agar lebih mudah. Lalu, pasanglah bracket tersebut pada tempat yang sudah dipilih. Pastikan bracket ini tidak miring ketika dipasang agar tidak mengganggu kinerja AC nantinya.

Lubangi Dinding untuk Jalur Pipa

Kini, bracket Anda sudah terpasang, maka setelah itu buatlah lubang pada tembok. Khususnya lubang untuk sisi bracket untuk menyambungkan pipa AC indoor dan outdoor. Di sini, Anda perlu menggunakan palu dan tatah serta melakukannya secara perlahan agar dinding atau tembok tidak jebol. Periksa kembali agar lubang tersebut pas untuk kabel dan pipa AC.

Sambungkan Kabel

Tahapan berikutnya dalam cara pasang AC adalah memasang kabel dengan fungsi mengalirkan arus listrik AC untuk indoor maupun outdoor. Untuk pemasangan kabel AC ini, bukalah bagian samping AC dengan obeng dan temukan panel sambungan kabel. Pastikan kabel negatif dan positif agar tidak tertukar. Sebab, bila kabel ini tertukar, maka dapat menyebabkan korsleting listrik dan berbahaya jika terjadi tegangan tinggi.

Pasang AC Outdoor dan Indoor

Setelah semua pemasangan kabel siap dan sudah dilakukan, maka pasanglah AC indoor dan outdoor. Pertama, Anda perlu memasang AC indoor-nya dahulu pada bracket yang disiapkan. Pastikan pipa tersebut terpasang dengan baik pada lubang dinding. Anda bisa menggunakan duct tape agar memudahkan Anda memasukkan ke dalam lubang dinding. Setelah pipa masuk, barulah pasang AC indoor. Lalu, untuk pemasangan AC outdoor, ada baiknya Anda tidak meletakkannya terlalu jauh dari AC indoor.

Lakukan Percobaan

Terakhir yang bisa Anda lakukan setelah semua bagian terpasang dengan baik adalah melakukan uji coba. Misalnya saja dengan mencoba kabel power atau dayanya. Cara pasang AC yang benar ini adalah menempel pada sisi AC. Setelah kabel power ini terpasang, hubungkan pada stop kontak dan hidupkan AC, apakah menyala dengan benar atau masih belum. Jika belum, Anda perlu melakukan pengecekan sekali lagi pada bagian-bagian yang terpasang.

 

Bagaimana, cukup mudah bukan cara pasang AC di rumah sendiri tanpa bantuan teknisi? Selamat mencoba dan semoga informasi bermanfaat untuk Anda, ya!


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
24 Okt 2019

Related Article