4 Cara Mengamplas Tembok dengan Cepat

Proses mengamplas tembok memang memakan waktu yang cukup lama serta membuang banyak energi. Bagaimana tidak, Anda harus mengamplas seluruh sudut ruangan hingga halus agar cat tembok bisa melekat sempurna. Terlebih lagi, mengamplas tembok juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Menggunakan teknik mengamplas yang salah malah akan membuat permukaan tembok semakin kasar dan penuh dengan goresan.

Jika Anda sedang dalam proses ingin mengecat tembok di rumah atau bangunan pribadi, sebetulnya tidak perlu menyewa jasa tukang. Anda bisa melakukannya sendiri menggunakan 4 cara mengamplas tembok dengan cepat berikut ini.

Siapkan peralatan dan perlengkapan

Jika Anda ingin menggunakan cara mengamplas tembok dengan cepat, pertama-tama Anda harus menyiapkan segala macam peralatan dan perlengkapan. Untuk pengerjaan manua, Anda memerlukan gagang amplas agar prosesnya lebih mudah dan cepat. Tetapi, Anda juga bisa menggunakan amplas listrik supaya pengamplasan pun bisa jadi lebih cepat lagi.

Jangan lupa untuk melengkapi diri dengan kacamata, masker, dan topi. Cara mengamplas tembok dengan cepat tentu saja akan menghasilkan lebih banyak debu serta serpihan tembok yang bisa membahayakan kesehatan Anda. Pindahkan dulu segala macam perabotan yang ada di dalam ruangan, lapisi lantai dengan koran agar debu dan serpihan bisa dengan mudah dibersihkan. Dengan begitu, pengamplasan tembok pun tidak memakan waktu yang banyak.

Pilih amplas halus

Banyak orang yang beranggapan bahwa amplas kasar lebih baik dan lebih cepat. Namun, anggapan ini salah besar. Memang tidak ada salahnya untuk menggunakan amplas kasar, tetapi amplas kasar tersebut malah justru bisa merusak tembok di rumah Anda. Disarankan untuk memilih amplas halus dengan grit 120 hingga 150 sebagai cara mengamplas tembok dengan cepat. Terutama bila Anda masih pemula, akan lebih mudah menggunakan amplas halus.

Hindari menggosok amplas dengan gerakan vertikal maupun horizontal sebab bisa menghasilkan goresan kasar di permukaan tembok. Sebaiknya, lakukan gerakan melingkar saat mengamplas. Jangan amplas satu spot tembok yang sama berkali-kali. Baik saat menggunakan amplas manual maupun amplas listrik, Anda tidak perlu menekan amplas dengan penuh tenaga. Biarkan saja massa dari gagang amplas atau amplas listrik yang bekerja.

Jangan lupa untuk mengganti kertas amplas secara berkala. Bila hasil amplasan tembok dirasa kurang optimal, itu pertanda amplas sudah semakin menipis. Ganti dengan yang baru sesegera mungkin dan lanjutkan kembali pengamplasan tembok.

Gunakan lampu yang terang

Meskipun Anda memakai cara mengamplas tembok dengan cepat, bukan berarti kualitas dari hasil amplasan tersebut menjadi menurun. Untuk memastikan tidak ada spot di dinding yang tertinggal, gunakan lampu senter sebagai tambahan penerangan. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah menemukan titik pada tembok yang masih belum diamplas.

Cara ini efektif untuk memotong durasi pengamplasan tembok karena Anda tidak perlu lagi melakukan pengecekan kembali. Lalu, dengan menggunakan lampu senter, Anda juga bisa menemukan lubang-lubang kecil pada tembok yang perlu diisi kembali dengan gypsum atau plester.

Plamir tembok dan amplas kembali

Seringkali yang terjadi saat mengecat kembali tembok rumah adalah tembok masih tampak kasar dan ada gumpalan cat tembok. Padahal, tembok sudah diamplas berkali-kali sebelum dicat. Hal ini terjadi karena Anda tidak melakukan plamir tembok dan mengamplasnya kembali. Alhasil, tembok pun tidak terlihat sempurna dan harus dicat ulang. Jadi kerja dua kali, boros waktu dan tenaga.

Maka dari itu, cara mengamplas tembok dengan cepat dan benar adalah dengan plamir tembok sebelum diamplas kembali. Pertama-tama, Anda tetap harus mengamplas tembok sebelum diplamir. Kemudian, plamir tembok dan amplas kembali untuk menghaluskan tekstur tembok yang semakin terlihat akibat diplamir.

Dengan begitu, tembok pun terlihat halus dan bebas dari gumpalan cat. Terlebih lagi, cat pada tembok juga jadi lebih awet, sehingga Anda juga jadi menghemat biaya perawatan rumah.

Jika Anda ingin menggunakan amplas listrik untuk mengamplas tembok dengan cepat, Anda bisa mendapatkannya di Klopmart. Tidak hanya amplas saja, Anda juga bisa membeli seluruh kebutuhan bangunan dengan lengkap secara online. Beli sekarang di Klopmart!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya