Pipa Support TS90

Harga Grosir : Rp. 280.000
Total : Rp. 280.000
dilihat
Dilihat
1,377
berat
Berat
0 gram
min qty
Min. Qty
1
security Transaksi 100% aman
Pipa Support TS90
 
Pipa support merupakan tiang perancah berupa pipa baja yang terdiri atas bagian atas dan bagian bawah. Ujung tiang paling atas dibuat berulir untuk mempermudah penyesuaian ketinggian yang dibutuhkan. Pipa support merupakan perlengkapan utama yang sering digunakan pada pekerjaan struktur bekisting, yaitu konstruksi sementara yang digunakan untuk menahan beton selama beton dituang dan dibentuk sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Pipa Suport TS90 merupakan pipa yang dapat perpanjang hingga maksimal 3.9 meter.
 
Peralatan dan perlengkapan yang digunakan pada struktur bekisting sangat berguna untuk berbagai pekerjaan konstruksi. Hal ini karena bahan perlengkapan bekisting lebih kuat, dapat dipakai ulang, dan ramah lingkungan dibandingkan dengan menggunakan bahan kayu. Pemasangan dan pembongkaran bekisting lebih cepat dan rapi, sehingga lebih efisien dan dapat menghemat waktu serta biaya.
 
Ada beberapa tipe peralatan dan perlengkapan struktur bekisting antara lain set suri suri set untuk pekerjaan balok beton, RS/pushpull set untuk pekerjaan kolom, column waller untuk pekerjaan tembok serta hollow, tie-rod dan wingnut untuk pekerjaan pelat lantai dan pekerjaan lainnya.
 
Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam pemakaian struktur bekisting dalam pekerjaan konstruksi beton, antar lain:
  • Aspek pertama adalah kualitas bekisting yang akan digunakan harus tepat dan layak serta sesuai dengan bentuk pekerjaan struktur yang akan dikerjakan. Permukaan bekisting yang akan digunakan harus rata sehingga hasil permukaan beton baik.
  • Aspek kedua adalah keamanan bagi pekerja konstruksi tersebut, maka bekisting harus cukup kuat menahan beton agar beton tidak runtuh dan mendaangkan bahaya bagi pekerja sekitarnya.
  • Aspek yang ketiga adalah biaya pemakaian bekisting yang harus direncanakan seekonomis mungkin.
 
Dalam hal bahan dan cara pengerjaan struktur bekisting, ada beberapa persyaratan agar proses pengecoran beton bertulang dapat berjalan dengan baik, antara lain:
  • Bahan yang digunakan harus keras dan kuat untuk menahan beban kesamping dan beban dari atas.
  • Bahan yang digunakan harus seefisien mungkin agar sesuai dengan anggaran yang tersedia.
  • Bahan yang digunakan aman bagi para pekerja (tukang) dan mudah dalam pengerjaannya.
  • Bahan yang digunakan diperlukan waktu yang tidak terlalu lama sehingga dapat menghemat biaya tenaga kerja.
  • Khusus bekisting konvensional, sebaiknya menggunakan bahan yang baru agar hasilnya lebih baik.
  • Sistem pengerjaannya harus menggunakan tenaga ahli profesional agar menghasilkan jenis pekerjaan yang berkualitas.
  • Mudah dibongkar dan tidak lengket, agar tidak merusak beton yang sudah jadi dan peralatan dapat digunakan kembali
  • Sambungan pada cetakan harus rapat, kedap air dan tidak mudah bocor
  • Bahan yang digunakan untuk pembuatan bekisiting harus presisi
 
APA ITU SCAFFOLDING? APA ITU STEGER?
Scaffolding adalah istilah bahasa Inggris dari ‘perancah’. Sementara itu ‘steger’ adalah pengindonesiaan dari steiger yang adalah istilah dalam bahasa Belanda untuk ‘perancah’. Jadi kesimpulannya: scaffolding dengan steiger itu sama artinya dalam Bahasa Indonesia, yaitu: ‘perancah’. Berarti pertanyaan berikutnya yang logis terlontar adalah:
 
Apa itu ‘perancah’?
Kita pasti pernah melihat suatu struktur sementara (non-permanen) sederhana yang dibuat mengelilingi suatu bangunan yang sedang dikerjakan atau sedang direnovasi. Struktur tersebut berbentuk seperti platform tempat para pekerja melakukan tugas dan pekerjaannya. Kadang-kadang struktur tersebut dilapisi jaring yang terlihat seperti jala untuk menangkap ikan. Jaring pengaman ini (safety net) dipasang untuk menghindari jatuhnya puing-puing kecil ke luar area pekerjaan dan menimpa orang-orang di sekitanya. Nah, sruktur yang kita bahas di atas adalah yang disebut sebagai ‘perancah’.
 
Jadi boleh kita katakan bahwa fungsi perancah adalah:
  • Sebagai working platform sementara untuk para pekerja bangunan untuk bekerja di area yang tinggi.
  • Sebagai pengaman keselamatan para pekerja di area ketinggian sehingga mereka dapat bekerja dengan nyaman dan efektif.
  • Sebagai perlindungan bagi pekerja yang berada di area bawah jika ada puing-puing kecil atau peralatan yang terjatuh dari ketinggian.
  • Sebagai jalur penghubung antara area-area kerja.
  • Untuk gedung-gedung tinggi, biasanya diperlengkapi dengan safety net untuk melindungi area di luar area kerja dari puing-puing kecll atau peralatan yang jatuh dari ketinggian.
  • Dapat digunakan untuk menopang cetakan beton hingga kering
 
Perancah perlu untuk digunakan khususnya untuk pengerjaan renovasi yang berada di atas ketingian satu meter dari permukaan tanah dan pekerjaannya memerlukan waktu yang cukup lama untuk diselesaikan.
 
Perancah modern dibuat dari rangka pipa besi. Di negara-negara Asia pada khususnya (Indonesia, Malaysia, Vietnam, Hong Kong dan sebagainya), perancah dibuat menggunakan batang-batang bambu. Batang bambu digabungkan menjadi struktur perancah dengan ikatan tali yang dibuat dari ijuk. Batang bambu tetap digunakan hingga kini karena sifat bambu yang fleksibel. Struktur perancah bambu ini cukup kuat untuk bertahan saat terjadi gempa bumi yang kerap muncul di area Asia.
0

Latest Reviews