Lampu & Listrik

5 Cara Memilih AC sesuai Kebutuhan, Mau Berapa PK?

Media
31 Jan 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Tentu saja di pasaran sudah banyak beredar AC (air conditioner) dengan berbagai merek, tipe, dan fitur yang tersedia sehingga kerapkali calon pembeli bingung pilih yang mana.

Tapi tidak perlu khawatir, dengan panduan yang tepat terkati tips memilih AC, Anda dapat membuat keputusan yang cerdas untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan menyegarkan di rumah Anda sepanjang tahun.

Yuks simak ulasan dari Klopmart berikut ini!

5 Cara Memilih AC Sesuai Kebutuhan Anda

Cara Memilih AC Sesuai Kebutuhan Anda

Berikut ini tips memilih AC rumah sesuai dengan kebutuhan.

1. Ukuran Ruangan atau Kamar yang Akan Dipasangi AC

Sebelum menyambangi toko dan memutuskan membeli AC, alangkah baiknya untuk mengetahui ukuran dari setiap ruangan atau kamar yang akan dipasangi AC. Perkirakan banyaknya ruangan yang rencananya akan anda pasangi AC, seperti kamar tidur, ruang keluarga, atau bahkan ruang tamu.

Ukur volume ruangan Anda, panjang x lebar x tinggi. Memang akan sedikit merepotkan untuk melakukan pengukuran jika ruangan Anda dipenuhi barang di setiap sudutnya. Tetapi percayalah, sedikit kerepotan di awal akan menolong Anda untuk mendapatkan AC yang tepat.

Karena perbandingan antara PK AC dan luas ruangan merupakan salah satu hal penting agar suhu sejuk dan dingin bisa menyebar sempurna sampai ke seluruh sudut ruangan sekalipun.

Sambil mengukur, Anda juga bisa beres-beres ruangan sekaligus. Ruangan Anda rapi dan ukuran ruangan pun didapat.

2. Hitung Nilai PK AC yang Sesuai dengan Ruangan

Nah, kali ini kita sampai di pembahasan nilai PK AC. Sebagian besar orang berasumsi bahwa kemampuan sebuah perangkat AC untuk menyerap panas dan mendinginkan ruangan tergantung kepada besar kecilnya nilai PK AC. Asumsi tersebut ternyata tidak sepenuhnya benar, namun juga tidak sepenuhnya salah. 

Sebenarnya kemampuan AC untuk menyerap panas dan mendinginkan ruangan dihitung dari besarnya nilai BTU (British Thermal Unit). Nilai PK untuk ruangan yang tertera adalah nilai daya dari kompresor AC.

Jadi, bagaimana cara menghitung Nilai PK AC yang ideal?

Rumus yang paling sederhana untuk menghitung kebutuhan AC adalah:

((Panjang x Lebar x Tinggi ruangan)/3) x Variabel BTU

Variabel BTU:

  • 500 BTU: Ruangan di lantai dasar, tidak berjendela, tidak terkena sinar matahari. Kapasitas ruangan 1 orang. Temperatur yang diinginkan sekitar 26 - 27 derajat celcius.

  • 600 BTU: Ruangan di lantai dasar, terkena matahari. Ruangan di lantai 2, tidak terkena matahari. Kapasitas ruangan 2 orang. Temperatur yang diinginkan 24 - 25 derajat celcius.

  • 700 BTU: Ruangan di lantai dasar atau lantai 2, jendela banyak atau besar, dinding terkena sinar matahari. Kapasitas lebih dari 2 orang. Temperatur yang diinginkan 22 - 23 derajat celcius.

  • 800 BTU: Atap ruangan dak beton atau asbes. Temperatur yang diinginkan sekitar 21 derajat celcius.

  • 1000 BTU: Temperatur yang diinginkan sekitar 18 - 20 derajat celcius.

Contoh:

Ruangan dengan panjang 3 meter, lebar 3 meter dan tingi 3 meter. Posisi di lantai dasar, tidak terkena sinar matahari.

Berarti kebutuhan kemampuan AC sebesar: ((3 m x 3 m x 3 m)/3) x 500 = 9 x 500 = 4.500 BTU.

Kemudian setelah kebutuhan kemampuan AC didapat, carilah AC dengan daya yang sesuai dari Tabel Daya AC dengan nilai BTU/h!

  • AC 1/2 PK membutuhkan 5.000 BTU/h

  • AC 3/4 PK membutuhkan 7.000 BTU/h

  • AC 1 PK membutuhkan 9.000 BTU/h

  • AC 1.5 PK membutuhkan 12.000 BTU/h

  • AC 2 PK membutuhkan 18.000 BTU/h

Selalu gunakan AC dengan daya yang sedikit di atas angka kebutuhan AC. Dari angka 4.500 yang didapat, kita gunakan AC dengan BTU/h senilai 5.000. Dari tabel di atas ini, untuk daya AC dengan nilai 5.000 BTU/h, didapat angka 1/2 PK.

Berarti untuk ruangan 3 x 3 x 3 meter di lantai dasar yang tidak terkena sinar matahari, dibutuhkan AC dengan ukuran 1/2 PK.

Atau berikut ini adalah rangkuman rekomendasi ukuran PK AC sesuai dengan luas ruangan

  • AC 1/2 PK untuk ruangan 10 m2

  • AC 3/4 PK untuk ruangan 14 m2

  • AC 1 PK untuk ruangan 18 m2

  • AC 1.5 PK untuk ruangan 24 m2

  • AC 2 PK untuk ruangan 36 m2

Jika ruangan yang anda miliki berukuran lebih dari 36 meter persegi, kami merekomendasikan Anda untuk mempertimbangkan memasang 2 AC sekaligus atau bahkan lebih.

3. Pilih Jenis AC yang Sesuai dengan Daya Listrik Rumah Anda

Terdapat 3 tipe AC berdasarkan cara kerja yang ada di pasaran, yaitu:

  1. Tipe Low: AC hemat listrik dengan daya kompresor rendah, supaya dapat digunakan untuk rumah dengan daya listrik yang rendah. Tipe AC ini tentu akan menghemat tagihan listrik Anda.

  2. Tipe Standard: AC dengan konsumsi listrik sedang. Setelah temperatur tercapai, outdoor dan kompresor AC mati namun indoor AC tetap menyala.

  3. Tipe Inverter: AC inverter ini memerlukan daya besar di awal kerjanya untuk mencapai temperatur yang diinginkan dengan waktu cepat. Setelah temperatur tercapai, daya kompresor berkurang sehingga konsumsi listriknya menurun. Cocok untuk ruangan dengan waktu pengoperasian AC yang panjang.

Kebutuhan daya listrik AC biasanya tercantum pada tabel spesifikasinya. Satuan daya dilambangkan dengan Watt, menunjukkan daya maksimum pada AC saat dioperasikan.

Biasanya Watt atau daya listrik rumah standarnya berkisar antara 900 hingga 2700 Watt. Pastikan daya listrik di rumah Anda kuat untuk menyalakan AC, seringkali masalah terjadi karena daya listrik tidak cukup dan berakibat membuat listrik di rumah padam.

Pertimbangkan AC Low Watt jika salah satu pertimbangan terbesar Anda adalah konsumsi listrik. Walaupun cenderung lebih hemat listrik, namun AC Low Watt mempunyai kinerja mendinginkan ruangan yang tak kalah baiknya dengan AC lainnya.

4. Pertimbangkan Fitur-fitur Tambahan sesuai kebutuhan

Tiga poin di atas adalah hal-hal yang penting untuk dipertimbangkan dalam memilih AC. Setelah itu barulah kita perhatikan fitur-fitur lain yang ditawarkan para produsen AC, seperti pembersih udara, penghilang bau tidak sedap, tombol hemat energi, sensor suhu, hingga AC yang bisa diatur dengan Wi-Fi.

Walaupun bisa dikatakan bahwa fitur tambahan kurang begitu penting dibandingkan beberapa poin lain di atasnya, Namun fitur tambahan kadang bisa memengaruhi harga AC tersbebut.

Semakin banyak fitur tambahannya, semakin mahal pula harga AC. Jadi pertimbangkan dengan baik fitur mana saja yang sebenarnya Anda butuhkan dan fitur mana yang sekiranya tidak Anda butuhkan.

5. Pilih AC yang Desainnya Mudah Dibersihkan

Saat memilih AC, penting untuk mempertimbangkan desain yang memudahkan proses pembersihan agar perangkat tetap berfungsi secara optimal.

Pilihlah merk AC yang memiliki filter mudah dilepas dan dibersihkan. Filter yang kotor dapat mengurangi efisiensi pendinginan dan mempengaruhi kualitas udara dalam ruangan.

Beberapa AC modern dilengkapi dengan filter yang dapat dicuci atau diganti dengan mudah tanpa perlu alat khusus. Desain seperti ini memudahkan pengguna untuk secara rutin membersihkan filter, menjaga kebersihan perangkat, dan memastikan udara yang dihasilkan tetap segar.

Selain itu, perhatikan juga desain unit luar AC, terutama bagian kondensor dan kipas luar. Pastikan desainnya memungkinkan akses yang mudah untuk membersihkan debu, dedaunan, atau kotoran lain yang mungkin menumpuk di sekitar unit.

Desain yang sederhana dan mudah diakses akan mempermudah pemeliharaan rutin, seperti membersihkan kipas dan membersihkan bagian-bagian yang rentan terhadap akumulasi kotoran.

Baca juga: 7 Cara Pasang AC yang Benar di Rumah

Apa itu PK?

PK adalah istilah satuan teknik dalam bahasa Belanda: Paard kracht yang artinya Tenaga Kuda atau Daya Kuda, sebuah satuan unit pengukuran daya pada sebuah mesin. 1 PK setara dengan 735,5 watt.

Seperti yang dimuat dalam artikel Wikipedia, awalnya istilah PK atau daya kuda digunakan oleh James Watt untuk membandingkan performa antara mesin uap dengan kemampuan tarikan kuda (draft horse) yang pada masa itu lazim digunakan untuk menjalankan peralatan seperti alat penggiling.

Dalam bahasa Inggris, digunakan istilah Horse Power atau HP sedangkan di Jerman, kita temukan istilah Pferderstaerke atau PS.

Baca juga: Bagaimana Sebenarnya Cara Kerja AC?

Berapa PK AC untuk Ruang Tamu?

AC berukuran 1 ½ PK sesuai untuk ruangan maksimal berukuran 24 meter persegi, seperti kamar tidur besar, ruang tamu, dan ruang keluarga. Namun, penting untuk dicatat bahwa pemilihan ukuran PK AC yang tepat untuk suatu ruangan bergantung pada luas area tersebut.

Kesimpulan

Setelah Anda memahami cara membaca dan menggunakan Tabel PK AC serta menentukan ukuran PK yang tepat untuk AC, langkah berikutnya adalah memastikan AC tetap dingin dan awet dengan cara membersihkan AC secara benar dan efektif.

Dengan begitu, tidak hanya performa pendinginan yang optimal, tetapi juga umur pakai AC akan lebih panjang.

Perlengkapan Listrik Klopmar

Setelah menjaga kualitas AC, Anda dapat melengkapi kebutuhan peralatan listrik dengan mengunjungi Klopmart. Anda dapat menemukan berbagai kebutuhan seperti kabel listrik dan peralatan listrik berkualitas tinggi untuk proyek rumah atau pekerjaan Anda.

Kunjungi Klopmart sekarang untuk menemukan pilihan lengkap produk dengan harga terbaik. Jangan lewatkan kesempatan untuk membuat instalasi listrik Anda lebih aman dan handal. Klik sekarang untuk belanja peralatan listrik terbaik di Klopmart!

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya