Apa Itu Papan MDF? Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

Apakah Anda pernah melihat atau bahkan memiliki serbuk kayu tak terpakai? Jangan sampai dibuang dulu, beberapa serbuk kayu nyatanya sangat berguna untuk menciptakan furniture yang cantik dan menawan. Bentuk ini dikenal dengan Papan MDF, tetapi sudahkah Anda tahu apa itu papan MDF? 

Papan MDF atau Medium-Density Fiberboard, telah menjadi salah satu bahan yang sangat populer dalam pembuatan bahan kerajinan dan furniture. Sekalipun terbuat dari serbuk atau serat kayu tak terpakai, papan MDF memiliki keunggulan dalam menciptakan ruangan yang indah. 

Namun, seperti semua bahan konstruksi lainnya, papan MDF juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan jika Anda tertarik menggunakannya. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang apa itu MDF beserta kelebihan dan kekurangannya. 

Apa itu Papan MDF? 

Papan MDF adalah produk sintetis yang pada dasarnya terbuat dari serbuk kayu atau serat kayu dan dicampurkan dengan perekat. Setelah itu campuran kayu dan perekat dipanaskan di bawah suhu tinggi. Pada tahap akhir, papan MDF kemudian di amplas hingga menghasilkan hasil akhir yang halus 

Sesuai namanya, papan MDF memiliki kerapatan menengah yang artinya bahwa papan ini tidak terlalu padat seperti kayu keras, tetapi juga tidak terlalu ringan seperti papan partikel. Warnanya juga cenderung cokelat dan dijual dengan tebal kira-kira ½ inci atau ¾ inci. 

Biasanya papan MDF ditandai untuk menunjukan keunggulannya, seperti tanda merah berarti papan tersebut tahan api atau tanda hijau yang berarti papan tahan terhadap kelembapan. 

Kelebihan Papan MDF

Papan MDF memiliki banyak kegunaan dalam industri konstruksi dan desain interior, terlebih karena harga dan barang yang mudah ditemukan. Banyak juga orang yang menggunakannya untuk berbagai proyek karena kemudahan pengelolaannya. Berikut beberapa kelebihan papan MDF yang menarik untuk diketahui bagi Anda yang ingin mempercantik rumah. 

1. Harga yang Terjangkau

Harga papan MDF yang terjangkau menjadi salah satu alasan mengapa banyak pengrajin kayu hingga produsen furniture memilih papan MDF sebagai bahan untuk berbagai proyek. Harganya seringkali lebih ekonomis daripada kayu solid, sehingga dapat menghemat biaya produksi atau anggaran konstruksi.

Baca juga: 7 Inspirasi Furniture Rumah Minimalis

2. Permukaan yang Halus 

Salah satu keunggulan lainnya yang menonjol dari papan MDF adalah permukaannya yang sangat halus. Papan MDF tidak memiliki serat kasar atau goresan permukaan yang mengganggu sehingga akan sangat nyaman untuk dipegang. 

Permukaan yang halus pada papan MDF memberikan tampilan yang bersih dan moden sehingga sangat cocok untuk berbagai desain interior, terlebih Anda juga bisa mendesain papan ini sendiri nantinya. 

3. Mudah Dibentuk dan Diwarnai

Selain harganya yang terjangkau, papan MDF juga mudah untuk dibentuk dan diwarnai. Hal ini dikarenakan permukaannya yang sangat halus untuk pengecatan dan kerapatannya yang umumnya seragam. Kelebihan ini membuat papan MDF menjadi lebih serbaguna, baik untuk keperluan konstruksi maupun dekorasi. 

Baca juga: Inilah Cara Membuat Papan Tulis Putih Sendiri

4.  Fleksibilitas

Papan MDF memiliki fleksibilitas yang sangat menguntungkan karena akan memudahkan dalam membuat hingga merawatnya. Papan MDF dapat menerima berbagai jenis lapisan penutup, seperti veneer kayu, laminasi, hingga pengecatan sehingga Anda dapat memberikan berbagai jenis tampilan pada papan ini. 

5. Tahan terhadap Penyusutan 

Keunggulan lainnya dari papan MDF adalah ketahanannya terhadap penyusutan atau pemuaian akibat perubahan suhu dan kelembapan karena papan ini tidak memiliki pori-pori. Selain itu, ketika suhu berubah, papan MDF cenderung merespon dengan lebih konsisten sehingga mengurangi risiko penyusutan. 

6. Ramah Lingkungan

Papan MDF dapat dikatakan cukup ramah lingkungan, mengingat bahan dasar pembuatannya adalah serbuk-serbuk kayu yang tidak lagi digunakan. Hal ini berarti papan MDF berasal dari sampah atau limbah sehingga dengan membuatnya dapat mengurangi limbah dan tekanan pada hutan alami. 

Kekurangan Papan MDF 

Setelah mengenal apa itu papan MDF beserta kelebihannya, papan ini nyatanya masih memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan jika Anda tertarik menggunakannya. Pastikan sebelum Anda memilih menggunakan papan MDF, Anda telah memahami dengan baik setiap kekurangannya. 

1. Rentan Terhadap Air dan Kelembapan 

Meskipun cukup tahan terhadap penyusutan, Papan MDF tidak begitu tahan terhadap air dan kelembapan. Jika terkena air atau kelembapan secara berlebihan, papan MDF dapat membengkak hingga permukaannya menjadi rusak. 

Oleh karena itu, jika Anda menggunakan papan MDF pada beberapa furniture sebaiknya hindarkan dan berikan perlindungan lebih dari air. Hindarkan juga dari tempat-tempat dengan tingkat kelembapan tinggi, seperti kamar mandi atau dapur. 

2. Tidak Cocok Untuk Desain Eksterior

Papan MDF tidak cocok untuk penggunaan di luar ruangan karena bisa berhubungan langsung dengan kondisi ekstrem yang bisa saja terjadi. Terlebih juga karena papan MDF rentan terhadap kerusakan akibat sinar UV dan hujan. 

Paparan sinar matahari secara terus menerus dapat merusak papan MDF karena mengakibatkan perubahan warna, deformasi, dan kerusakan pada lapisan pengecatan.

Baca juga: Jangan Keliru, Pahami 5 Perbedaan Cat Interior dan Eksterior

3. Mudah Tergores

Karena permukaannya yang sangat halus, papan MDF cukup rentan terhadap goresan dan kerusakan fisik. Hindari menggaruk atau menggores permukaan papan MDF dengan benda tajam atau kasar. 

Saat memindahkan atau mengangkat papan MDF, pastikan untuk menanganinya dengan hati-hati dan hindari benturan yang berlebihan. Bila perlu, gunakan perlindungan tepi untuk menghindari kerusakan. 

4. Emisi Gas Formaldehida 

Beberapa papan MDF diproduksi dengan bahan perekat berbahaya yang dapat mengeluarkan gas formaldehida. Gas ini sangat berbahaya bagi kesehatan jika terpapar dalam kadar yang tinggi karena dapat menyebabkan masalah pernapasan dan iritasi. 

Selain itu, formaldehida yang digunakan dalam jumlah banyak akan berkontribusi pada permasalahan lingkungan, seperti polusi udara. Oleh karena itu, penggunaan Gas Formaldehida pada papan MDF harus dilakukan dengan hati hati sesuai dengan petunjuk produsen. Anda juga bisa menggunakan purifier udara untuk menyaring gas tersebut. 

5. Kerapatan yang Rendah 

Meskipun memiliki kerapatan menengah, papan MDF tidak sekuat kayu solid sehingga sebaiknya tidak digunakan pada konstruksi atau aplikasi yang memerlukan ketahanan tinggi terhadap benturan atau tekanan keras. 

Karena kerapatan yang rendah dan kurangnya serat kayu, papan MDF kurang cocok untuk penancapan paku atau sekrup. Sehingga jika Anda ingin membuat lubang pada papan MDF sebaiknya gunakanlah bor. 

Papan MDF adalah bahan yang memiliki kelebihan dan kekurangan yang sangat penting untuk dipertimbangkan secara cermat. Ketika Anda sudah mengetahui apa itu papan MDF, beserta kelebihan dan kekurangannya, Anda akan menemukan solusi alternatif baru dalam mempercantik rumah Anda. 

Tidak hanya papan MDF, terdapat berbagai kayu papan lainnya yang dapat mempercantik rumah Anda. Klopmart menjual kayu papan dengan berbagai karakteristik dan ukuran yang tentunya akan sangat disayangkan jika dilewatkan. Dengan Klopmart, Anda dapat menghemat anggaran sambil tetap mendapatkan kualitas terbaik untuk konstruksi Anda.

Temukan beragam pilihan papan kayu berkualitas tinggi di Klopmart sekarang!

Sumber rujukan: 

  • https://www.choicecabinet.com/blog/all-you-need-to-know-about-mdf-best-material-for-your-next-project/ 

  • https://www.bobvila.com/articles/what-is-mdf/ 

  • http://obengplus.com/articles/8190/1/Papan-MDF-ramah-lingkungan-tapi-tidak-bagi-kesehatan.html 

  • https://civiljungle.com/disadvantages-of-mdf/

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya