Apa Itu GRC Board dan Keunggulannya

Apa itu GRC board? GRC atau dikenal sebagai GFRC adalah singkatan dari GlassFiber Reinforced Concrete merupakan sebuah beton yang diperkuat oleh fiber. Biasanya dikenal sebagai beton bertulang fiber glass dan memiliki kekuatan tinggi.

Pada artikel ini, kami akan membahas lebih dalam mengenai apa itu GRC board serta keunggulannya dibandingkan material pembangunan sejenis yang lain.

Apa Itu GRC Board?

GRC, atau GlassFiber Reinforced Concrete, adalah material komposit yang terdiri dari pasir halus, semen, polimer akrilik, air, dan serat kaca tahan alkali yang dikenal memiliki kekuatan yang tinggi.

GRC telah menjadi favorit banyak orang di dunia arsitektur dan properti dalam beberapa tahun terakhir. Namun, ternyata GRC sebenarnya sudah digunakan sejak tahun 1940. Butuh waktu puluhan tahun sebelum material bangunan ini akhirnya digunakan secara luas oleh masyarakat di Indonesia.

GRC sering juga disebut sebagai papan semen. Meski terlihat berat dari luar, GRC dinilai memiliki bobot yang lebih ringan jika dibandingkan dengan material sejenis yang lain. Selain itu, GRC juga memiliki ketahanan yang lebih terhadap api dan air.

9 Keunggulan GRC Board Dalam Konstruksi

GRC board memiliki sejumlah fitur yang membuatnya lebih unggul dibandingkan dengan material sejenis lainnya. Berikut ini adalah beberapa keunggulan GRC board dibanding material sejenis yang lain:

1. Kuat

Meski tidak sekuat beton, papan GRC merupakan material yang kuat dan memiliki kemampuan yang terbukti dapat menahan gempa dan angin topan.

2. Lebih Ringan

Berat dari papan GRC hanya sekitar 80%-90% dari berat beton padat. Bobotnya yang ringan memungkinkan papan GRC didesain sesuai keinginan dan membuat biaya transportasi dari papan GRC ini lebih murah.

3. Praktis

Bobotnya yang ringan membuat material papan GRC lebih mudah dibawa dan praktis digunakan. Namun, bukan itu saja yang membuat bahan bangunan yang satu ini sangat mudah untuk dikerjakan. Bahan papan GRC juga mudah dipotong dan diproses sehingga kepraktisan penggunaan bahan bangunan yang satu ini dapat menghemat dan mempercepat waktu pengerjaan sebuah rumah atau bangunan.

4. Tahan Terhadap Cuaca

Iklim tropis dengan tingkat kelembapan yang tinggi tidak membuat papan GRC mudah rusak. Bahan ini dapat tahan dari berbagai cuaca, termasuk cuaca dingin. Tidak hanya itu, papan GRC juga tahan terhadap karat dan dapat digunakan di lingkungan air asin atau bawah laut.

5. Tidak Mudah Terbakar

Bahan papan GRC terbuat dari mineral sehingga tidak mudah terbakar. Bahkan pada suhu panas tinggi, papan GRC dapat melindungi material belakang dari nyala api panas hingga 140 derajat.

6. Anti Rayap dan Anti Lapuk

Menggunakan papan GRC sebagai material juga akan membantu rumah Anda menjadi lebih awet dan aman dari serangan rayap karena bahan ini juga anti rayap. Hal ini membuat papan semen GRC tidak akan mudah lapuk dan rapuh.

7. Harga Terjangkau

Dibandingkan dengan bahan sejenis lainnya, harga papan GRC relatif lebih terjangkau. Inilah salah satu alasan mengapa papan GRC sering digunakan dalam proses pembangunan. Untuk harga dari papan GRC sendiri, biasanya berkisar di angka Rp. 55.000 dengan ukuran 1,2 x 2,4 meter dan ketebalan 4mm.

8. Lebih Aman Bagi Kesehatan

Papan GRC lebih aman bagi kesehatan orang yang akan menempati bangunan yang sedang dibangun karena struktur pembuatan papan GRC tidak menggunakan asbes.

9. Lebih Memiliki Nilai Estetika

Papan GRC dapat memberikan tampilan dengan nuansa terakota, kayu, panel halus, batu alam, hingga arsitektur beton pracetak. Hal ini memungkinkan arsitek untuk lebih kreatif dengan bentuk, warna, dan tekstur.

Baca Juga: 10 Bahan Bangunan Untuk Konstruksi Rumah Anda

Jika Anda tertarik untuk menggunakan GRC Jayaboard, Anda bisa memesannya di Klopmart. Tanpa perlu mengantre, Anda bisa memesan secara online dan pesanan akan langsung dikirim ke alamat yang Anda tentukan. Semoga artikel tentang apa itu GRC board ini dapat membantu Anda.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya