Cat dan Kimia

Apa Itu Akrilik? Kelebihan, Jenis-Jenis beserta Harga

Media
30 Sep 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Pernahkah Anda mendengar apa itu akrilik? Material ini sering diandalkan sebagai bahan utama untuk membuat kerajinan tangan. Hampir seluruh dekorasi rumah yang cantik terbuat dari akrilik karena bahan ini memiliki kelebihan tersendiri. Anda pun dapat membuat kerajinan tangan sendiri hanya berbekal bahan akrilik yang murah dan mudah didapatkan.

Apakah sebenarnya material akrilik itu? Apa saja kelebihan yang membuat material ini lebih spesial daripada material dekoratif lainnya? Mari kita ulas lebih lengkap mengenai akrilik dalam pembahasan di bawah ini.

Mengenal Apa Itu Akrilik, Bahan Kerajinan Tangan Andalan

Akrilik merupakan material plastik polimer transparan yang mirip seperti kaca. Bentuknya lebih ringan, tetapi memiliki struktur yang lebih kuat daripada kaca. Tidak heran apabila material ini sering dijadikan sebagai alternatif kaca dalam membuat perabotan atau dekorasi rumah. Bahan akrilik biasanya dijual berupa lembaran dengan berbagai ukuran sehingga bisa diubah menjadi berbagai bentuk.

Bagaimana sejarah penemuan akrilik? Material ini diciptakan pada 1930 oleh dua kimiawan asal Inggris, yaitu Rowland Hill dan John Crawford. Akrilik memiliki istilah sendiri dalam dunia kimia, yaitu polymethyl methacrylate yang terbuat dari campuran asam metakrilat dan methanol. Bahan akrilik ini kemudian diberi paten dengan nama Perspex. 

Ada pula metode lain dalam menciptakan akrilik yang ditemukan oleh Otto Rohm dan Haas AG, ilmuwan asal Jerman pada 1933. Mereka memisahkan molekul dua lapis kaca untuk membuat akrilik. Material buatan mereka tersebut kemudian diberi hak paten dengan nama Plexiglas.

Baca juga: Cat Akrilik Sebaiknya Dilarutkan Dengan Menggunakan Air Untuk Hasil Maksimal

Karakteristik Akrilik

Ada beberapa karakteristik akrilik adalah sebagai berikut:

  • Akrilik memiliki sifat bening dan tembus pandang.
  • Akrilik mudah ditekuk dan dibentuk menjadi berbagai bentuk karena sifatnya yang lentur.
  • Akrilik aman untuk digunakan dengan makanan dan minuman karena bahan tersebut tidak memungkinkan pertumbuhan mikroorganisme.
  • Akrilik memiliki bobot yang 30% lebih ringan dari kaca.
  • Akrilik memiliki kejernihan sekitar 92%, lebih tinggi daripada kaca yang hanya memiliki kejernihan antara 80-90%.
  • Akrilik merupakan bahan yang sangat serbaguna dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari seni hingga perabotan rumah tangga.


Jenis-Jenis Akrilik

Secara keseluruhan, ada beberapa jenis akrilik yang tersedia di pasaran yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Jenis akrilik tersebut dibagi sesuai dengan bentuk dan karakteristik yang dimilikinya. Anda dapat menyesuaikan jenis akrilik yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

1. Akrilik Ekstrusi (Extruded Acrylic)

Akrilik ekstrusi dibuat dari bahan dasar plastik cair yang dijadikan lembaran akrilik. Meski harganya murah, akrilik ini bermutu tinggi dengan tekstur lembut, namun rentan tergores dan terkena kotoran. Akrilik ekstrusi cocok digunakan untuk display, plang, dan lainnya.

2. Akrilik Cetak (Cast Acrylic)

Jenis akrilik cetak dibuat dengan menekan cairan plastik dalam cetakan yang dipanaskan secara bertahap. Meskipun lebih mahal dari akrilik ekstrusi, akrilik cetak memiliki kualitas yang lebih baik dan lebih kuat sehingga bisa digunakan untuk berbagai benda.

3. Akrilik Lembaran Transparan (Clear Acrylic Sheeting)

Salah satu jenis akrilik yang umum dan mudah ditemukan adalah akrilik lembaran transparan. Jenis akrilik ini sering dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, termasuk sebagai pengganti kaca pada meja makan.

4. Akrilik Lembaran Berwarna (Colored Acrylic Sheeting)

Jika Anda ingin memberikan nuansa warna yang berbeda di dalam rumah, Anda dapat menggunakan lembaran akrilik berwarna. Tersedia berbagai macam pilihan warna dan Anda dapat memilih sesuai dengan selera dan kebutuhan dekorasi rumah Anda.

Dekorasi Akrilik di Rumah yang Hemat Bujet

Akrilik adalah bahan yang sangat fleksibel dan dapat dibentuk sesuai dengan kebutuhan dan preferensi penggunanya. Kekuatan dan fleksibilitasnya yang tinggi menjadikan akrilik mudah dibentuk dan diubah menjadi berbagai bentuk yang diinginkan. Beberapa dekorasi rumah yang menggunakan akrilik semakin populer dan menjadi pilihan alternatif yang menarik untuk memperindah tampilan rumah. Berikut ini adalah beberapa contoh dekorasi akrilik yang umum digunakan untuk mempercantik tampilan rumah:

  • Salah satu jenis meja makan yang kuat dan lebih aman untuk digunakan dibandingkan dengan meja makan yang terbuat dari kaca adalah meja makan akrilik. Dibandingkan dengan kaca, bahan akrilik memiliki sifat yang tidak mudah pecah sehingga aman digunakan di rumah yang memiliki anak-anak.
  • Anda dapat mengombinasikan meja makan akrilik Anda dengan kursi meja yang juga terbuat dari akrilik. Kursi yang terbuat dari bahan ini memiliki bobot yang ringan, terutama jika dibandingkan dengan kursi kayu. Selain itu, kursi akrilik juga memiliki ketahanan yang baik dan tidak akan lapuk seperti kursi kayu.
  • Salah satu dekorasi akrilik untuk rumah yang menarik adalah lampu hias yang terbuat dari akrilik. Dengan bahan akrilik yang transparan, cahaya lampu akan terlihat sangat terang dan terpancar melalui bentuk hiasan akrilik, menciptakan efek cahaya yang memukau.
  • Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan laci yang terbuat dari bahan akrilik. Laci tersebut memiliki keunikan yang menarik dan memiliki sifat transparan. Dengan menggunakan laci akrilik, Anda juga akan lebih mudah dalam mencari barang yang tersimpan di dalamnya.

Baca juga: 6 Bahan Plafon Tahan Air Terbaik untuk Rumah Anda

Kelebihan dan Kekurangan Akrilik

Kelebihan dan kekurangan penggunaan akrilik sebagai material perlu dipertimbangkan sebelum membeli dan menggunakannya. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan penggunaan akrilik sebagai material.

Kelebihan Akrilik yang Perlu Diketahui

Alasan banyak orang memilih akrilik tentu saja karena material ini memiliki segudang kelebihan tersendiri. Apa saja kelebihannya? 

1. Tidak Mudah Pecah

Sekilas dijelaskan bahwa akrilik memiliki struktur yang lebih kuat daripada kaca sehingga tidak akan mudah pecah. Perabotan atau dekorasi yang terbuat dari akrilik akan lebih aman ketika disentuh oleh anak-anak karena material ini tahan terhadap benturan. Selain itu, perabotan akrilik lebih awet dan bisa digunakan untuk jangka panjang.

2. Lebih Ringan daripada Kaca

Perabotan yang terbuat dari akrilik memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan kaca. Anda pun bisa memindahkan perabotan ini tanpa kesulitan, apa lagi jika ingin melakukan remodeling ruangan.

3. Tahan terhadap Cuaca dan Reaksi Kimia

Akrilik lebih tahan terhadap suhu dan kelembaban apa pun sehingga Anda bisa menggunakan alat ini untuk perabotan outdoor. Suhu lelehnya pun cukup tinggi sehingga akan terbakar sendiri pada 460 derajat Celcius. Selain itu, akrilik juga tahan terhadap asam dan basa organik sehingga lebih mudah dibersihkan dengan pembersih kimiawi.

4. Ramah Lingkungan

Akrilik juga tergolong aman untuk lingkungan karena tidak mengandung racun atau bahan berbahaya di dalamnya. Sisa-sisa potongan akrilik yang tidak terpakai pun bisa didaur ulang menjadi karya seni yang indah.

5. Mudah Dibentuk

Anda bisa mengubah akrilik menjadi bentuk apa pun karena sifatnya yang cukup elastis. Tidak heran material ini diandalkan sebagai alternatif kaca dalam membuat perabotan atau kerajinan tangan lainnya.

6. Memiliki Tampilan Jernih

Hasil akhir karya akrilik selalu terlihat lebih indah karena tampilannya yang jernih. Tingkat kejernihan akrilik bisa mencapai 92%, lebih tinggi daripada kaca yang hanya memiliki kejernihan 89%-90%.

Kekurangan Akrilik yang Perlu Diketahui

Walaupun memeliki banyak kelebihan, akrilik juga mempunyai kekurangan. Apa saja itu?

1. Harga Mahal

Dibandingkan dengan material lain, akrilik memang memiliki harga yang lebih tinggi. Sebagai contoh, untuk ukuran dengan tebal 3mm, panjang 2 meter, dan lebar 1 meter, harganya bisa mencapai 500 ribu rupiah.

2. Mudah Tergores

Akrilik lebih mudah tergores daripada kaca dan bahan plastik lainnya jika terkena benda tajam.

3. Bisa Menguning dan Retak

Akrilik akan mengalami perubahan warna menjadi kekuningan seiring berjalannya waktu, yang berbeda dengan kaca yang bisa bertahan hingga puluhan tahun tanpa perubahan warna. Selain itu, jika terpapar panas atau sinar matahari secara berlebihan, akrilik dapat mengalami retak-retak atau keretakan.

4. Tidak Tahan Suhu Tinggi

Akrilik memiliki sifat seperti plastik sehingga mudah meleleh jika terkena panas tinggi. Oleh karena itu, jika digunakan untuk melapisi mesin pabrik yang memiliki suhu tinggi, lebih baik menggunakan plat besi sebagai penggantinya.

Baca juga: 8 Jenis Kuas untuk Cat Akrilik

Harga Terbaru Akrilik sebagai Pertimbangan Anda

Anda tertarik membuat kerajinan tangan berbahan dasar akrilik setelah membaca penjelasan di atas? Tidak ada salahnya mengetahui harga akrilik terkini sebagai bahan pertimbangan Anda. Ada dua jenis akrilik yang bisa dipilih: akrilik transparan dan akrilik berwarna. Berikut ini rincian harganya.

1. Akrilik Transparan

Ketebalan (mm)

Ukuran (panjang x lebar)

92x183 cm

100x200 cm

122x183 cm

122x244 cm

1,5

254.000

301.000

336.000

 

2

284.000

337.000

376.600

502.000

3

406.000

482.000

538.000

717.400

4

541.000

643.000

717.000

956.000

5

662.000

786.000

878.000

1.170.000

6

761.000

904.000

1.009.000

1.345.600

8

1.014.000

1.205.500

1.346.000

1.794.000

10

1.268.000

1.507.000

1.682.000

2.246.000

12

1.541.000

1.803.000

2.042.000

2.723.000

15

–

2.600.000

2.900.000

3.867.000

18

–

–

3.550.000

4.735.000

20

–

3.150.000

4.022.000

5.363.000

25

–

4.094.000

5.221.000

6.961.500

30

–

5.118.800

6.526.500

8.702.000

 

2. Akrilik Berwarna

Ketebalan (mm)

Ukuran (panjang x lebar)

92x183 cm

100x200 cm

122x183 cm

122x244 cm

2

321.000

381.000

425.600

567.000

3

458.500

544.000

608.000

810.000

4

611.000

726.000

810.500

1.080.000

5

748.000

888.000

991.000

1.322.200

6

860.000

1.022.000

1.140.000

1.520.000

8

1.147.000

1.362.000

1.520.000

2.027.000

10

1.434.000

1.703.000

1.900.000

2.534.000

 

Harga akrilik di atas pasti sebanding dengan kualitas material yang Anda dapatkan. Tidak ada salahnya berinvestasi memilih akrilik terbaik apabila Anda ingin membangun perabotan atau sekadar membuat dekorasi rumah. Hasil dekorasi akrilik yang telah dibuat pun bisa dijual kembali sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan hanya bermodalkan material serbaguna ini.

Harga akrilik di atas pasti sebanding dengan kualitas material yang Anda dapatkan. Tidak ada salahnya berinvestasi memilih akrilik terbaik apabila Anda ingin membangun perabotan atau sekadar membuat dekorasi rumah. Hasil dekorasi akrilik yang telah dibuat pun bisa dijual kembali sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan hanya bermodalkan material serbaguna ini.

Lengkapi perlengkapan kreasi Anda dengan cat akrilik terbaik dari Propan, yaitu Acrylux AAC-955. Cat akrilik ini bersifat multifungsi sehingga bisa diaplikasikan pada kerajinan tangan berbahan apa pun, mulai dari kayu, rotan, plastik, kaca, dan besi. Anda pun dapat menggunakan Propan Acrylux AAC-995 untuk keperluan interior dan eksterior untuk bangunan dengan material dasar concrete, FRP, batu alam, komposit semen maupun kayu.

Banyak pula keunggulan yang dimiliki oleh Propan Acrylux AAC-995, seperti mudah diaplikasikan, cepat kering, tidak akan menguning, hingga memberikan finishing yang glossy. Tunggu apa lagi, dapatkan produknya sekarang juga secara online di Klopmart yang juga jual cat akrilik terbaik. Hubungi kami segera untuk mendapatkan produknya dan tingkatkan keindahan rumah Anda dengan Propan Acrylux AAC-995.

Itulah penjelasan mengenai apa itu akrilik yang dapat digunakan sebagai material perabotan maupun dekorasi rumah Anda.

Inspirasi Lainnya

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Saniter

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Selengkapnya
Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Saniter

Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Selengkapnya
Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Konstruksi

Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Selengkapnya