MANFAAT TANAMAN OBAT KELUARGA

Tanaman obat keluarga atau yang disingkat TOGA merupakan tanaman hasil budidaya rumah yang berkhasat sebagai obat. (dikutip dari Wikipedia) Tanaman obat keluarga ditanam di sekitar rumah seperti di halaman, kebun, atau ladang bahkan ada yang ditanam di dalam pot. Tanaman obat dikenal juga dengan istilah apotik hidup karena dengan menanam tanaman obat tersebut kita seperti memiliki apotik sendiri.

 

Setiap bagian dari tanaman obat umumnya bisa dimanfaatkan mulai dari daun, batang, buah, kulit, biji, akar, dan umbi. Setiap bagian tersebut memiliki khasiat tersendiri yang bisa diolah, diracik, dan dikonsumsi dalam berbagai bentuk antara lain menjadi bumbu dapur, obat oles, hingga ramuan jamu yang dapat diminum. Manfaat memiliki tanaman obat antara lain untuk mencegah timbulnya penyakit, mengobati gejala gangguan kesehatan, bermanfaat bagi kesehatan kulit dan rambut, meningkatkan sistem imun, elancarkan sistem peredaran darah, serta menghangatkan tubuh.

 

Ada baiknya kita memiliki tanaman obat di rumah, baik yang bisa ditanam di halaman rumah atau di alam pot-pot kecil, untuk memenuhi kebutuhan keluarga akan obat-obatan. Apalagi kita tinggal di Indonesia yang kaya akan sumber tanaman obat yang bisa kita budidayakan sendiri. Selain itu tanaman obat dapat menjadi tanaman hias yang dapat mempercantik rumah kita. Berikut ini beberapa jenis dan manfaat tanaman obat yang dapat kita budidayakan sendiri:

 

Jahe, cukup populer sebagai minuman untuk menghangatkan tubuh. Sebagai obat, baik yang diminum ataupun yang dioles, jahe dapat mengatasi masuk angin, sakit kepala,  masalah pencernaan seperti sakit perut atau mual, dan dapat mengurangi batuk.

 

Kunyit, bermanfaat untuk mengatasi masalah maag dan gangguan pencernaan, menurunkan kadar lemak dan kolesterol, pencegahan penyakit kanker, serta dapat digunakan untuk mengobati luka dan menghilangkan gatal pada kulit.

 

 

Kencur, selain sebagai bumbu dapur, berkhasiat untuk mengatasi batuk, diare, demam, dan sakit gigi. Kencur juga bermanfaat untuk memperlancar haid, menghilangkan rasa lelah, meningkatkan nafsu makan dan bahkan dapat mengobati cedera otot.

 

Daun Sirih. Tentu kita sering mendengar tradisi menyirih yaitu kebiasaan mengunyah sirih untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Hal ini sudah dilakukan sejak jaman leluhur kita dan tradisi menyirih ini terbukti secara medis dapat menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut. Selain itu daun sirih dapat mengatasi masalah mimisan, sakit gigi, dan masalah bau badan.

 

 

Kumis Kucing, sebagai tanaman obat bersifat diuretic yang memicu peningkatan produksi urine sehingga bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi masalah infeksi kandung kemih, masalah kencing batu dan infeksi ginjal.

 

Lidah Buaya, bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit seperti mengobati luka dan luka bakar, mengatasi masalah jerawat di muka dan menghilangkan flek hitam pada wajah. Untuk mengatasi masalah rambut, lidah buaya dapat mencegah gatal, ketombe, dan mengurangi rambut rontok. Dalam mengatasi dan mencegah penyakit, lidah buaya dapat melancarkan peredaran darah, meringankan sembelit, anti peradangan, dan mengurangi tekanan darah tinggi.

 

 

Selamat mencoba.


Cek harga klik disini

Related Article