10 Macam-Macam Palu Beserta Fungsinya

Berbicara mengenai palu, ada macam-macam palu yang akan Anda temui di toko bangunan atau toko perkakas. Hand tools yang satu ini merupakan alat yang sangat populer dari kalangan pekerja bangunan hingga orang awam sekaligus. Walaupun idealnya palu digunakan untuk urusan lapangan seperti reparasi dan bangunan, palu juga bisa menguntungkan untuk kepentingan pribadi seperti di rumah. 

Memilih jenis palu yang digunakan untuk kepentingan pribadi tidak boleh sembarangan sama seperti ketika pekerja profesional memilih palu. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, setiap jenis palu memiliki fungsinya masing-masing. 

Sebelum membeli palu untuk kebutuhan tertentu, pastikan Anda mengetahui setiap jenis beserta fungsi palu yang ada dan dijual di toko bangunan. Karena palu yang dijual tidak hanya palu yang berbentuk bulat atau bergagang kayu saja. 

Mempelajari macam-macam palu beserta fungsinya akan membantu Anda untuk menemukan jenis palu yang tepat untuk dimiliki di rumah atau melakukan pekerjaan tertentu. Untungnya, pada artikel ini Klopmart akan mengulas macam-macam palu beserta fungsinya. Jadi, simak artikel hingga akhir untuk dapatkan info lengkapnya!

Macam-Macam Palu dan Fungsinya

Palu pada umumnya adalah hand tools yang berfungsi untuk memukul dan menumbuk suatu bidang benda. Namun, tidak semua benda yang dipukul atau ditumbuk oleh palu berasal dari bahan dasar yang sama.

Maka dari itu, palu didesain menjadi bermacam-macam bentuknya dengan bahan dasar yang berbeda pula. Sehingga, palu dapat melakukan fungsi utamanya ke berbagai jenis benda. Berikut adalah macam-macam palu beserta fungsinya yang perlu Anda ketahui! 

1. Palu Kayu 

Palu kayu adalah palu yang bagian kepala dan gagangnya terbuat dari material kayu. Material kayu yang dibuat untuk palu ini pun juga tidak sembarangan, karena tidak boleh mudah pecah ketika palu memukul bidang suatu benda. 

Palu kayu mungkin akan sering ditemukan di luar kegiatan yang berhubungan dengan reparasi. Contoh palu kayu adalah palu sidang yang digunakan hakim di dalam persidangan. 

2. Palu Terak

Palu terak juga dikenal dengan istilah chipping hammer. Palu terak memiliki bentuk kepala yang lancip yang akan memecahkan bidang benda secara vertikal. 

Fungsi utama palu terak adalah untuk memecahkan benda keras seperti beton namun dia area yang kecil. Selain itu, palu terak juga digunakan dalam proses las karena berfungsi untuk merapikan lempengan besi agar menjadi lebih rata. 

3. Palu Tembaga

Palu tembaga memiliki bentuk yang sama seperti palu pada umumnya. Namun, bahan utama kepala palu berasal dari tembaga. 

Tembaga ini memiliki karakteristik bahan yang lebih lunak jika dibandingkan dengan besi. Sehingga pemakaian yang berkelanjutan akan membuat tembaganya mengeras. Pastikan untuk memijar tembaga pada palu agar kembali menjadi lunak. Palu ini digunakan untuk perbaikan mesin listrik.

Baca juga: 5 Cara Membuka Baut yang Susah dan Berkarat

4. Palu Besi Kambing

Anda tentunya akan sangat familier dengan palu besi kambing. Palu ini yang paling banyak dimiliki untuk kebutuhan sederhana di rumah, seperti ketika Anda memasang paku atau memperbaiki sesuatu.

Palu ini disebut besi kambing karena bagian belakang kepalanya yang mirip seperti tanduk kambing. Bagian tersebut juga memiliki fungsi untuk mencabut paku yang menempel pada suatu bidang seperti dinding atau kayu.

5. Palu Karet

Sudah bisa ditebak apabila bahan utama pada bagian kepala palu ini berbahan dasar karet. Fungsi dari palu karet ini tidak untuk memecah suatu benda, namun dengan bahan dasar karet ini palu karet digunakan untuk meratakan permukaan yang penyok kembali ke bentuk semulanya. Sehingga, permukaan benda yang penyok akan minim rusak meskipun ditempa berkali-kali.

6. Palu Konde

Selain palu besi kambing, palu konde juga salah satu palu yang paling banyak ditemui. Palu ini disebut palu konde karena bentuk belakang kepalanya yang bulat seperti konde. 

Bagian kepala palu konde memiliki dua fungsi yang berbeda, bagian datarnya untuk memukul paku dan menghancurkan suatu benda. Sedangkan bagian konde digunakan untuk membuat cekungan pada bagian bidang benda.

7. Palu Martil

Palu martil juga disebut sebagai palu batu atau sledgehammer. Bentuk palu martil unik karena bagian kepalanya yang besar dan terbuat dari besi. Sesuai dengan bentuk dan bahan dari kepala palunya, palu martil berfungsi untuk menghancurkan benda keras seperti batu.

Baca juga: 3 Ukuran Paku Rivet dan Cara Menggunakannya

8. Palu Plastik

Palu plastik terbuat dari bahan dasar plastik. Hampir sama dengan palu karet, palu ini berfungsi untuk meratakan benda yang lunak. Karena bagian kepala palu yang terbuat dari plastik, maka tekanan yang diberikan dari pukulannya akan sangat rendah ketimbang palu lainnya. Hal ini memang sengaja diperuntukkan seperti itu agar permukaan benda tidak tergores atau mengalami kerusakan yang parah seperti patah. 

9. Palu Pemecah Kaca

Palu pemecah kaca juga biasa disebut palu emergency atau palu darurat karena penggunaannya yang cenderung dalam keadaan darurat. Palu pemecah kaca didesain memiliki warna yang cerah dan biasanya disediakan di dekat jendela. Hal ini dikarenakan apabila terjadi suatu keadaan darurat yang membutuhkan untuk menyelamatkan diri melalui jendela, maka siapa pun bisa meraih tang pemecah kaca ini untuk menyelamatkan diri. 

Palu pemecah kaca memiliki bentuk ujung kepala yang lancip. Meskipun sudah didesain seperti itu, ada baiknya bila menggunakan kepada sisi kaca yang paling rentan agar mudah pecah.

10. Palu Daging

Palu daging digunakan untuk bidang benda yang berbeda dari palu lainnya. Palu ini memang dikhususkan untuk menumbuk daging ketika memasak, seperti menu steak atau olahan daging lainnya. 

Palu ini memiliki dua sisi yaitu sisi bergerigi dan datar. Bagian bergerigi berfungsi untuk menghaluskan atau menumbuk daging, sedangkan bagian datar berfungsi untuk menumbuk rempah-rempah yang diperlukan ketika memasak daging tersebut.

Jika prioritas memilih palu hanya untuk skala rumah tangga yang mana tidak digunakan untuk kegiatan yang berat, Anda bisa memilih palu konde atau palu besi kambing sebagai inventaris di rumah. Sherlock palu besi adalah salah satu produk palu besi kambing yang bisa menjadi pilihan Anda.

Klopmart jual Sherlock Palu Besi yang bisa Anda pesan melalui situs web kami. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menemukan macam-macam palu lainnya di Klopmart!

Sumber : 


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
25 Nov 2022

Related Article