Waspada, Ini Dia 5 Penyebab Genteng Bocor

Selain memperhatikan kekuatan dan daya tahan pondasi, atap juga merupakan bagian vital yang harus diperhatikan ketika membangun rumah. Sebagai pelindung dari panas dan hujan, atap yang kondisinya tidak baik tentu akan mengganggu kenyamanan penghuni rumah. Apa saja penyebab genteng bocor yang biasanya terjadi?

Pada dasarnya, ada 5 faktor penyebab bocornya genteng yang paling umum terjadi. Apa saja? Simak ulasannya sebagai berikut!

Proses Pemasangan yang Salah

Kesalahan dalam proses pemasangan merupakan penyebab bocor yang paling sering terjadi. Lokasi yang rawan mengalami kesalahan pemasangan biasanya adalah bagian sambungan tepi, area talang dan bubungan. Jika tidak dipasang dengan baik, genteng bisa turun dan saat hujan turun terjadilah kebocoran yang tidak diinginkan.

Selain itu, genteng yang dipasang terlalu miring juga rawan mengalami kebocoran. Usahakan genteng rumah Anda dipasang dengan kemiringan kurang lebih 40% agar tidak mudah melorot.

Kualitas Genteng yang Buruk

Kebocoran pada genteng bisa juga terjadi karena kualitas genteng yang kurang bagus. Genteng yang tidak bagus umumnya mudah pecah dan retak meski masa pemakaian belum lama. Karena itu penting sekali memilih material genteng yang berkualitas. Genteng berbahan baku keramik umumnya lebih kuat menahan air ketimbang genteng tanah liat. Karena dilengkapi desain interlocking, genteng keramik juga tidak mudah melorot.

Cuaca Ekstrem

Selanjutnya adalah cuaca yang ekstrim. Karena langsung terkena paparan sinar matahari dan tetesan air hujan secara terus menerus, genteng juga akan mudah retak. Kayu penyangga terutama yang dibuat dari bahan yang kurang bagus juga akan lebih cepat lapuk. Angin kencang yang bertiup juga rentan membuat setiap bagian genteng bergeser dan retak. Pastikan Anda melakukan pemeriksaan secara berkala. Jika perlu lakukan pengecatan genteng dengan cat waterproofing agar air tidak merembes.

Kerusakan pada Bubungan Wuwung

Bubungan wuwung merupakan bagian atap genteng paling atas yang berbentuk U. Kerusakan pada bubungan wuwung juga bisa menjadi penyebab genteng  merembes airnya. Untuk mengatasi masalah ini, Anda cukup mengganti bagian wuwung dan menambalnya dengan semen.

Tumpukan Sampah

Jika di sekitar rumah Anda banyak pepohonan, dedaunan yang jatuh dan bertumpuk di atas atap juga bisa menjadi masalah yang menyebabkan kebocoran pada genteng. Sampah-sampah daun ini bisa terakumulasi di bagian talang air yang membuatnya tersumbat. Jika dibiarkan, air yang seharusnya mengalir ke bawah akan merembes ke bagian dalam rumah.

Selain melakukan pembersihan bagian talang secara berkala, Anda juga bisa mencegah kebocoran dengan menggunakan pelapis kedap air. Agar bagian genteng tidak murah rusak karena sinar matahari, manfaatkan bahan pelapis anti ultraviolet. Sebelum melakukan pemasangan talang, pastikan ukurannya sudah sesuai dengan lebar bidang atapnya. Jika terlalu kecil, air tidak akan mengalir cepat. Jangan lupa juga untuk menggunakan tenaga berpengalaman dan proses pemasangannya.

Demikianlah beberapa faktor genteng bocor yang umum terjadi. Anda bisa menemukan bahan genteng berkualitas hanya di Klopmart. Berbagai merek cat pelapis tahan air pun bisa Anda dapatkan di sini. Temukan juga beragam keperluan konstruksi mulai dari pipa, alat-alat listrik dan berbagai jenis mesin di sini. Dapatkan beragam penawaran dan diskon menarik hanya di Klopmart.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya