15 Ide Warna Cat Tembok Dapur Cantik Tahun 2023

Memilih warna cat tembok dapur cantik bukanlah hal yang mudah untuk ditentukan. Namun, dengan mempertimbangkan beberapa faktor seperti tata letak ruangan, pencahayaan, dan gaya yang diinginkan, Anda dapat menemukan warna yang tepat untuk menjadikan dapur terlihat menawan dan nyaman untuk ditinggali.

Berikut adalah beberapa ide warna cat tembok dapur yang dapat membantu Anda membuat keputusan yang tepat.

Warna Cat Tembok Dapur Terbaik

Warna cat tembok dapur yang tepat dapat membuat ruangan terasa lebih hidup dan menyenangkan. Inilah warna cat tembok terbaik yang bisa dijadikan referensi:

1. Abu-abu

Abu-abu merupakan warna sederhana dan elegan yang akan terlihat baik dengan berbagai jenis perabotan dapur. Warna ini dapat memberikan rasa tenang dengan suasana yang modern dan elegan, sehingga membuat aktivitas memasak menjadi lebih santai dan menyenangkan. 

Warna abu-abu juga bisa dikombinasikan dengan peralatan silver untuk menciptakan kesan futuristik, atau dengan warna netral lainnya seperti putih dan hitam untuk menampilkan kesan elegan namun tetap sederhana.

2. Putih

Warna putih merupakan pilihan populer untuk dipakai sebagai warna cat tembok dapur karena memiliki beberapa kelebihan. Kelebihannya dapur akan terlihat lebih luas dan terang, terutama jika dapur Anda kecil atau tidak mendapat cukup cahaya alami. 

Warna putih juga mudah dibersihkan dan tidak mudah terlihat kotor, sehingga cocok untuk dapur yang sering terkena kotoran atau minyak. 

Selain itu, warna putih mudah dikombinasikan dengan berbagai macam warna lainnya, Anda dapat menggunakannya sebagai warna dasar dan menambahkan sentuhan warna lain untuk memberikan kesan yang lebih personal.

Baca juga: 7 Cara Membersihkan Dapur Kotor di Rumah

3. Biru

Warna biru dianggap sebagai warna yang memberikan kesan segar dan ceria. Oleh karena itu, warna ini sangat cocok dipilih sebagai warna cat dapur minimalis yang tidak membosankan. 

Baik itu biru tua atau biru muda, keduanya terlihat sering dipakai untuk dinding dapur. Warna biru muda yang lebih tenang dapat membuat suasana memasak lebih santai, sedangkan warna biru tua membuat dapur makin elegan.

Anda bisa mengombinasikan warna biru dengan warna netral seperti putih, krem, atau abu-abu untuk menciptakan hasil yang lebih menarik dan tidak terlalu monoton.

Baca juga: Jenis Cat yang Cocok untuk Dapur Anda agar Tahan Lama

4. Kuning

Warna kuning dapat memberikan kesan ceria dan menyegarkan di dapur. Warna terang seperti kuning dapat menciptakan suasana yang lebih terang di ruangan. 

Selain itu, warna kuning juga dapat menimbulkan perasaan senang dan optimis, hal ini dapat membantu meningkatkan mood saat memasak. Namun, perlu diingat bahwa warna kuning yang terlalu terang atau mencolok dapat menjadi cepat membosankan atau terlihat berlebihan jika digunakan secara berlebihan. 

5. Merah

Jika ingin mencoba sesuatu yang lebih berani di dapur rumah Anda, maka bisa mengaplikasikan cat berwarna merah. Warna merah akan menambah kesan hidup dan menyenangkan di dapur, serta bisa meningkatkan selera makan. 

Warna merah juga dapat memberikan suasana yang hangat dan menyenangkan di dapur. Namun, warna merah juga dapat terlihat agresif atau dominan jika dipakai terlalu banyak, jadi pastikan untuk menggunakannya dengan hati-hati dan menyeimbangkannya dengan warna-warna lain yang lebih tenang.

6. Blush Pink

Warna blush pink adalah varian dari warna pink yang memiliki makna lembut dan romantik. Warna ini merupakan warna yang cocok digunakan di dapur, terutama jika Anda ingin menciptakan suasana romantis di ruangan tersebut. 

Anda bisa menggabungkan warna blush pink dengan warna senada seperti ungu, atau warna netral seperti putih untuk menciptakan suasana manis dan menyenangkan di dapur. Warna blush pink juga bisa meningkatkan mood dan semangat, menimbulkan kesan positif selama di dapur.

7. Hijau

Warna hijau memiliki banyak variasi, seperti hijau apel, mint, hijau lilac, dan emerald. Setiap variasi warna hijau tersebut memiliki kesan yang berbeda.

Warna hijau emerald dikenal dengan kesan elegan yang mahal, sementara warna hijau apel dan mint memiliki kesan unik yang sangat menarik. Anda bisa memilih sesuai dengan selera Anda dan tema yang Anda inginkan di dapur.

Baca juga: 10 Motif Keramik Dapur Cantik, Mana Favorit Anda?

8. Ungu Muda

Jika ingin menciptakan kesan luas dan lapang di dapur minimalis, warna ungu muda merupakan pilihan yang tepat untuk dapur Anda. Warna ini bisa memberikan kesan ketenangan dan menciptakan suasana yang luas di dapur.

Selain itu, warna ungu muda juga dianggap baik untuk kesehatan, warna ini bisa menjadi pilihan yang sangat tepat untuk Anda yang sering berlama-lama di dapur.

9. Coral

Warna coral pernah menjadi pilihan warna yang populer untuk dapur pada tahun 2019. Warna ini dianggap bisa memberikan kesan kehangatan dan kenyamanan di dapur, sehingga cocok untuk digunakan jika ingin menciptakan suasana yang nyaman di ruangan tersebut. 

Warna coral juga bisa terlihat lebih cantik jika dikombinasikan dengan perabotan kayu, agar menambah kenyamanan jika berlama-lama di dapur. Warna ini bisa menjadi pilihan alternatif dari warna blush pink, karena keduanya sama-sama cantik dan cocok untuk diaplikasikan.

10. Krem

Jika Anda menyukai warna cat yang lembut dan netral, Anda bisa coba menggunakan warna cokelat muda atau krem di dapur. Warna-warna tersebut membawa kesan natural yang menenangkan mata. 

Anda bisa mengkreasikan warna cokelat atau krem dengan warna-warna terang lain agar tidak terlihat membosankan. Misalnya, Anda bisa menggabungkan warna cokelat atau krem dengan warna hijau yang memiliki unsur alami, atau dengan pilihan warna netral seperti putih dan hitam. 

11. Salmon

Warna salmon di dapur bisa memberikan kesan anggun dan elegan. Warna salmon adalah campuran dari warna jingga, putih, dan merah muda yang memiliki makna cerah dan lembut. 

Warna ini cocok untuk digunakan jika Anda ingin menciptakan suasana yang terkesan mewah di ruangan tersebut. 

Baca juga: Tips Memilih Keramik Dinding Dapur yang Tepat

12. Pastel

Beberapa contoh warna pastel yang bisa dipilih untuk dapur adalah warna krem, baby blue, atau baby pink. Warna-warna tersebut memberikan kesan yang lembut dan natural pada dapur. 

Selain itu, warna pastel juga merupakan pilihan yang tidak mainstream dibandingkan dengan warna-warna seperti putih dan abu-abu yang biasa dipakai di dapur.

13. Pistachio

Jika Anda ingin dapur memberikan kesan yang menenangkan tetapi juga segar, warna pistachio bisa menjadi pilihan yang tepat. Warna ini adalah hijau mint pucat yang cocok dengan perabotan dapur yang berwarna putih dan cokelat. Memilih warna pistachio juga bisa memberikan kesan yang menyejukkan di dapur. 

14. Tosca

Tosca adalah warna yang terdiri dari campuran hijau dan biru, warna ini sering disebut dengan hijau telur asin. Warna tosca menciptakan kesan nyaman dan ceria yang bisa membangkitkan suasana di dapur.

Jika Anda bosan dengan warna biru atau hijau saja, coba gunakan warna tosca sebagai alternatifnya. Warna tosca termasuk warna netral, yang akan cocok jika dipadukan dengan warna lainnya.

15. Mustard

Warna mustard adalah warna yang terinspirasi dari warna bahan bumbu yang terbuat dari biji-bijian yang dihaluskan khas Eropa. Warna ini terkesan lebih gelap dan kalem dibandingkan dengan warna kuning yang terang.

Warna mustard bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dapur di rumah Anda jika Anda ingin menciptakan suasana yang ceria namun tetap minimalis. Anda bisa memadukan warna mustard dengan warna-warna netral lainnya seperti abu terang atau broken white untuk menjadikan dapur terlihat lebih menawan.

Untuk segera mendapat dapur impian, Anda perlu segera mengecatnya. Tidak perlu repot mencari harga cat tembok yang terjangkau, karena dapat ditemukan langsung di Klopmart. Selain cat tembok, ada berbagai macam material lain yang dapat dipesan secara online. Semoga Anda mendapatkan inspirasi warna cat tembok dapur cantik dari artikel ini, ya.

Sumber rujukan:

  • https://ruangarsitek.id/warna-cat-dapur/
  • https://www.orami.co.id/magazine/warna-cat-untuk-dapur 
 

Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
20 Jan 2023

Related Article