9 Pilihan Warna Cat Plafon Ruang Tamu Minimalis dan Tips Memilihnya

Ada banyak pilihan warna cat plafon ruang tamu minimalis yang dapat Anda gunakan. Walaupun warna putih adalah warna paling umum yang digunakan untuk plafon, tetapi kini semakin banyak opsi warna lain yang digunakan oleh desainer interior untuk memperindah tampilan dalam rumah Anda.

Lantas, warna cat plafon ruang tamu minimalis seperti apa saja sih yang dapat mempercantik tampilan interior rumah? Yuk simak rekomendasinya di bawah ini!

9 Pilihan Warna Cat Plafon Ruang Tamu Minimalis

Pemilihan warna cat plafon yang bagus, apalagi untuk ruang tamu, jelas sangat penting karena hal tersebut akan memberi kesan untuk orang yang bertamu ke rumah Anda. Jangan sampai tamu yang berkunjung merasa tampilan interior rumah Anda merasa kurang nyaman karena pilihan warna cat plafon ruang tamu minimalis Anda kurang enak dipandang.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi pilihan warna cat plafon untuk ruang tamu minimalis Anda:

1. Putih


Seperti yang sudah Anda ketahui, putih merupakan warna terbaik yang dapat dipadukan dengan warna apa pun. Warna yang satu ini terlihat bersih dan dapat membuat ruangan lebih terang dan cerah. Warna ini merupakan salah satu warna terbaik dalam deretan pilihan warna pada plafon bagi Anda yang benar-benar menyukai tampilan minimalis.


Ruangan yang kecil dan terbatas pun bisa terlihat luas dengan penggunaan warna putih di dalamnya. Warna ini sangat cocok terutama bagi Anda yang menyukai tampilan bersih dalam sebuah ruangan. Anda bisa menambahkan furnitur berwarna putih untuk mendapatkan kesan monoton namun tetap menarik.

Baca juga: 8 Model Plafon Teras Luar yang Menarik untuk Rumah Anda

2. Abu-abu


Rekomendasi pilihan cat plafon ruang tamu minimalis selanjutnya adalah warna abu-abu, warna netral yang terlihat dan terkesan “kalem.” Warna abu-abu pada bagian plafon rumah dapat menghadirkan suasana yang sejuk dan minimalis. Jika Anda memadukan plafon yang berwarna abu-abu dengan dinding berwarna abu-abu yang lebih mudah atau tua, ruangan tersebut dapat terlihat lebih luas dan nyaman.

Anda bisa mencoba membuat kusen jendela dan pintu dengan tipe yang lebih besar agar cahaya alami bisa masuk ke dalam ruangan. Hal ini dapat membuat ruangan seperti ruang tamu terlihat lebih segar dan tentunya sirkulasi udara di dalamnya dapat berjalan dengan lebih baik.

3. Hitam


Untuk Anda yang memiliki hunian bergaya minimalis, selain warna putih dan abu-abu, Anda bisa menggunakan warna gelap seperti hitam untuk plafon Anda. Tidak perlu takut rumah Anda akan terasa sempit dan gelap, warna hitam jika dipadukan dengan warna terang justru dapat membuat rumah terasa sejuk dan lebih terang dari yang Anda kira.

Salah satu kombinasi warna yang sangat cocok dengan warna hitam adalah warna putih susu. Kontras ruangan yang dilihat dari kedua warna tersebut akan membuat ruangan terlihat indah. Selain itu, Anda bisa mengisi ruangan tersebut dengan perabot berwarna netral seperti warna abu-abu, warna coklat, atau warna putih, dan Anda juga bisa menambahkan tanaman hias di dalamnya.

Baca juga: 8 Pilihan Warna Cat Plafon yang Bagus untuk Rumah Minimalis

4. Beige (Krem)


Warna beige, atau yang lebih dikenal dengan warna krem, merupakan perpaduan antara warna coklat muda yang seperti pasir pantai dengan campuran warna kuning pucat. Warna yang satu ini terlihat sangat “tenang” dan dapat menciptakan suasana yang hangat dan nyaman.

Dengan plafon berwarna beige, Anda dapat memiliki lebih banyak pilihan mengenai jenis pencahayaan ruangan. Misalnya, jika Anda ingin mendapatkan kesan minimalis dan elegan, Anda bisa menggunakan lampu kuning untuk ruangan tersebut.

Warna cat plafon beige ini akan sangat cocok jika Anda menggunakan lantai kayu di rumah Anda. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan furnitur kayu untuk membuat rumah Anda terlihat lebih hangat. Ruang tamu Anda dijamin akan terlihat sangat nyaman untuk digunakan sebagai tempat berkumpul.

5. Biru Muda


Warna biru adalah rekomendasi warna cat plafon ruang tamu minimalis yang terakhir. Warna biru muda yang terlihat seperti warna langit yang tenang sangat cocok jika dijadikan sebagai pilihan warna plafon rumah Anda. Warna yang memiliki kesan nyaman dapat membuat orang yang melihatnya merasa lebih tenang dan santai. Sangat cocok jika diterapkan pada ruangan bergaya minimalis.

Jika ingin menonjolkan warna biru muda pada sebuah ruangan, Anda bisa memilih warna cat tembok berwarna putih kemudian menambahkan perabot pada ruangan tersebut dengan warna biru muda juga. Hal tersebut akan menonjolkan warna biru muda dan membuat ruangan terlihat lebih cerah.

Baca juga: 7 Jenis Plafon Rumah Terbaik yang Cocok untuk Hunian Anda

6. Pink


Pink seringkali dikaitkan dengan perempuan dan remaja perempuan. Hal ini memang tidak salah, karena warna ini mampu menghadirkan energi feminin, kesan manis, dan kebahagiaan.

Warna pink juga bisa memicu rasa empati dan kebahagiaan pada anak-anak. Dengan perlahan-lahan merangsang mereka, warna ini dapat meningkatkan energi dan kebahagiaan.

7. Ungu


Warna ungu, terutama violet, memberikan kenyamanan, ketenangan, dan kepuasan saat istirahat. Warna ini sangat fleksibel dan cocok untuk orang yang sibuk sepanjang hari. Saat digunakan di ruang makan, warna ungu meningkatkan kenyamanan ketika seseorang sedang makan.

8. Kuning


Cocok sebagai plafon rumah minimalis, warna kuning merupakan warna yang melambangkan cahaya matahari dan mampu memberikan energi positif. Warna kuning juga memberikan kesan energik dan penuh perhatian. Ruang keluarga dengan langit-langit berwarna kuning dapat menciptakan suasana yang ramah dan menyambut tamu dengan hangat.

9. Jingga


Warna jingga atau orange menghadirkan nuansa ceria yang cocok untuk ruang yang sering dipakai untuk bertemu banyak orang. Pilihan warna jingga pada ruang tamu mampu memberikan kesan psikologis yang menyenangkan ketika bertemu dengan teman atau keluarga.

Baca juga: 7 Jenis Plafon Rumah Terbaik yang Cocok untuk Hunian Anda

3 Tips Memilih Cat Plafon

Berikut ini adalah beberapa tips ketika memilih warna cat untuk plafon sebuah ruangan yang bisa Anda ikuti:

1. Jangan Memilih Warna Gelap Jika Plafon Ruangan Tersebut Rendah

Warna gelap mampu menciptakan ruangan yang terkesan hangat. Namun, jika langit-langit ruangan tersebut rendah, sebaiknya jangan menggunakan pilihan warna ini. Pasalnya, pilihan warna gelap yang diterapkan pada plafon ruangan yang rendah justru bisa membuat ruangan tersebut terlihat lebih sempit.

2. Gunakan Warna Cerah Untuk Menciptakan Kesan yang Lebih Luas

Nah, jika pilihan warna gelap pada plafon rumah bisa membuat sebuah ruangan terlihat lebih sempit, warna terang justru bisa menampilkan hasil sebaliknya. Memilih warna seperti putih atau biru muda dapat dengan mudah membuat ruangan tampak lebih luas. Warna ini cocok digunakan pada ruangan yang sering digunakan bersama, seperti ruang keluarga yang menyatu dengan ruang makan atau ruang tamu.


3. Pilih Warna yang Lebih Gelap dari Warna Dinding Untuk Mendapatkan Suasana yang Lebih Hangat

Jika Anda menginginkan suasana ruangan yang homey, cozy, dan hangat, maka pilihlah warna cat plafon yang lebih gelap dari warna cat dinding. Penggunaan warna gelap pada plafon dapat menutupi kekurangan pada permukaan plafon dan mampu menggemakan elemen lain di dalam sebuah ruangan.

Baca juga: 8 Model Plafon Ruang Keluarga yang Indah Menawan

Nah, jika Anda sedang melakukan pembangunan rumah dan sedang mencari harga cat tembok, Anda dapat menemukannya di KlopMart. Semoga penjelasan mengenai warna cat plafon ruang tamu minimalis ini dapat membantu Anda, ya!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya