Konstruksi

10 Inspirasi Wall Moulding Ruang Tamu Minimalis dan Tidak Monoton

Media
18 Apr 2023

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Wall moulding ruang tamu merupakan salah satu trik desain yang cukup menarik. Tampilan dinding jadi tidak monoton dan lebih estetik. Sebelum menerapkan desain ini, Anda perlu mengetahui beberapa ide wall moulding ruang tamu minimalis. Ini dapat membantu Anda untuk menentukan mana yang sesuai dengan selera dan mendukung nuansa ruang tamu.


Dinding sendiri merupakan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan dalam sebuah hunian. Mulai dari pemilihan cat warna, penggunaan wall moulding, pemasangan hiasan dan lain sebagainya. Apabila menggunakan komposisi desain yang pas, maka ruangan pun akan menjadi lebih estetik dan nyaman untuk para penghuni maupun tamu di rumah.


Baca juga: Apa Itu Wall Moulding dan Kelebihannya untuk Dekorasi Rumah

Ide Wall Moulding Ruang Tamu Minimalis

Lalu, seperti apa sih contoh penerapan wall moulding di ruang tamu? Dengan konsep minimalis, Anda tetap bisa membuat tampilan ruangan jadi lebih menarik. Yuk ketahui beberapa ide wall moulding yang dapat diterapkan di ruang tamu Anda.

1. Putih Minimalis


Rekomendasi pertama merupakan desain wall moulding yang paling banyak digunakan. Terutama bagi pemula yang menyukai hal-hal sederhana, ide putih minimalis ini sangat cocok untuk Anda. Bentuk moulding biasanya berupa kotak atau persegi panjang biasa, tanpa unsur dekoratif lainnya.




Dengan menggunakan ide ini di ruang tamu Anda, maka tampilannya akan terlihat lebih elegan dan estetik. Apabila ditambah dengan perabotan yang sesuai, ruang tamu Anda juga bisa terlihat lebih lega dan mewah loh. Penggunaan cat warna putih sendiri memang memberikan kesan space yang luar biasa.

2. Dekoratif


Ingin tetap menggunakan warna putih tapi moulding yang unik? Anda dapat menggunakan model yang satu ini nih. Corak moulding yang ada di dinding dibuat seperti tumpukan bentuk setengah lingkaran. Belum lagi pemberian jarak dan ditambah dengan moulding kotak-kotak di bagian yang kosong. Tampilannya jadi lebih eye-catching bukan?


Model yang satu ini memang memiliki tingkat kesulitan pengerjaan yang cukup menantang. Tidak banyak yang menggunakan model moulding ini, tetapi layak untuk dicoba. Ruang tamu dapat terlihat lebih berkelas dan pastinya beda dari yang lain.

3. Wall Moulding Setengah Badan


Putih minimalis tapi hanya untuk dinding setengah badan saja? Tenang, bisa kok. Anda dapat mencoba membuat wall moulding setengah badan seperti gambar di atas. Penggunaan warnanya pun bebas, bisa saja menjadi perpaduan dua warna dengan dinding tanpa moulding. Sesuaikan dengan perabotan Anda, nuansa ruang tamu pun jadi terasa lebih nyaman.

4. Mix dengan Keramik Dinding


Tidak hanya bisa setengah badan saja, moulding juga estetik dipadukan dengan keramik dinding loh. Model ini akan membuat ruang tamu terlihat dekoratif. Apalagi jika Anda menggunakan keramik dinding yang memiliki fungsional maksimal seperti membuat ruangan terasa lebih adem. Jadi tidak hanya estetik dan unik, ruang tamu dapat membuat sensasi bikin betah.

5. Kotak-Kotak


Rekomendasi selanjutnya adalah desain moulding kotak-kotak. Untuk ukurannya, dapat disesuaikan dengan selera Anda. Misalnya seperti gambar di atas merupakan moulding kotak-kotak berukuran besar. Meskipun menggunakan warna cat yang agak gelap, tetapi kesan elegan di ruang tamu Anda menjadi lebih hidup.


Anda juga dapat menambahkan pajangan lukisan untuk membuat tampilan wall moulding jadi lebih menarik. Kalau ingin terlihat lebih berkelas, gunakan juga perabotan dengan warna-warna elegan untuk lebih menghidupkan desain ruangan.


Baca juga: Lebih Kreatif! Ini Cara Melukis 3D di Tembok

6. Mix dengan Wallpaper


Butuh nuansa yang lebih segar? Anda dapat menggunakan moulding setengah badan yang dipadukan dengan nature wallpaper. Apabila tidak begitu menyukai tema nature, Anda juga dapat menggunakan desain wallpaper lainnya sesuai selera. Pastikan untuk mengatur perpaduan warna yang sesuai agar mendapatkan tampilan yang sempurna.

7. Model Klasik


Tidak hanya di dinding utama, moulding juga dapat diterapkan di langit-langit atau juga ujung pilar loh. Contohnya adalah model klasik yang terlihat seperti ukiran pada gambar di atas. Model moulding ini biasanya cocok bagi Anda yang menyukai got class in simplicity. Kesan ruang tamu Anda pun dapat terlihat lebih megah, terlebih jika menggunakan warna elegan seperti putih.

8. Mix dengan Kayu


Wall moulding dengan kayu, mengapa tidak? Rekomendasi selanjutnya ini memberikan tampilan yang berbeda untuk ruang tamu Anda. Tidak menggunakan gypsum, model wall moulding ini justru memadukan kayu dalam desainnya. Rekomendasi ini mungkin cocok bagi Anda yang menyukai nuansa old vintage.

9. Vintage


Menginginkan nuansa vintage yang lebih terlihat berkelas? Model moulding ini mungkin dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Gunakan warna-warna cat yang cenderung kusam tapi membuat moulding lebih hidup. Tambahkan penggunaan perabotan kayu, maka nuansa vintage modern di ruang tamu Anda pun jadi lebih hidup dan eye-catching.


Baca juga: 9 Desain Ruang Tamu Minimalis Ukuran 2x3 Ternyaman



10. Klasik Kerajaan


Terakhir adalah wall moulding dengan model klasik kerajaan. Meskipun memiliki space yang minimalis, model ini tetap bisa Anda coba di ruang tamu. Tentunya menggunakan warna cat, hiasan dan perabotan yang mendukung desainnya seperti gold. Moulding dengan model ini biasanya memberikan kesan ukiran berkelas, elegan ala kerajaan. Tamu adalah raja seperti bukan sekedar pepatah dengan desain ruangan seperti ini ya?


Bagaimana? Apakah Anda tertarik dengan rekomendasi desain wall moulding ruang tamu di atas? Tidak hanya ruang tamu, desain di atas juga cocok-cocok saja diterapkan di berbagai jenis ruangan loh. Gunakan layanan desain profesional untuk mendapatkan hasil tampilan yang maksimal.


Wall moulding sendiri biasanya dibuat menggunakan tambahan material seperti gypsum. Anda bisa langsung cek jual gypsum terdekat untuk mendapatkan bahan kualitas terbaik dan pastinya dengan harga terjangkau. Klopmart juga menyediakan berbagai bahan material pembangunan lainnya loh. Penasaran? Yuk segera hubungi Klopmart sekarang juga.

Inspirasi Lainnya

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Konstruksi

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Selengkapnya
10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Konstruksi

10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Selengkapnya
10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Konstruksi

10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Selengkapnya