Home & Living

USAI MUDIK, PERIKSA MOBIL ANDA

Media
00 0000

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Table Of Contents

    Musim Lebaran telah usai dan saatnya kita kembali ke rutinitas sehari-hari.

    Bagaimana perjalanan mudik Anda tahun ini? Semoga berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

     

    Khusus bagi Anda yang mudik menggunakan mobil pribadi, setelah sebelumnya kita melakukan pengecekan sebelum mobil digunakan untuk perjalanan jauh, maka sekarang sesudah mudik sebaiknya kita melakukan pemeriksaan dan perawatan mobil. Hal ini penting agar mobil kita tetap dalam kondisi baik dan siap digunakan kembali untuk aktivitas sehari-hari.

     

    Berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui untuk memeriksa dan merawat kondisi mobil usai mudik:

     

    1. Bersihkan Mobil

    Cucilah seluruh bagian mobil, mulai dari bagian luar, bagian luar hingga interior. Bagian luar mobil harus segera dibersihkan untuk menghilangkan debu dan noda yang menempel supaya mobil tidak terlihat kusam. Bagian dalam dan interior harus dibersihkan untuk menghilangkan bau dan bekas makanan atau minuman. Gunakan juga sedot debu untuk membersihkan bagian dalam mobil dan jangan lupa untuk mencuci karpet dalam mobil. Setelah selesai, berilah pengharum mobil.

     

    1. Cek Rem dan Kopling

    Lakukan pemeriksaan rem dan kopling untuk memastikan kondisinya untuk keamanan dan kenyamanan berkendara. Hal ini penting karena usai melakukan perjalanan jauh dan panjang dengan kecepatan tinggi, dan seiring dengan kondisi jalan yang dilewati (banyak tanjakan, jalan yang rusak/berlubang, dan medan berat lain) serta melalui lalu lintas yang macet, biasanya membuat kondisi komponen rem dan kopling menurun.

     

    1. Cek Saringan Udara

    Lakukan pemeriskaan pada saringan udara mobil karena bagian ini biasanya kotor dan perlu untuk dibersihkan atau diganti, terutama jika kita melalui rute perjalanan yang relatif berdebu.

     

    1. Cek Mesin dan Semua Cairan Mobil

    Lakukan pemeriksaan yang mendetil terhadap mesin mobil mulai dari oli mesin, oli powersteering, minyak rem, oli kopling, air ACCU, air radiator, dan air wiper. Pemeriksaan dan perawatan pada bagian ini penting untuk mesin mobil agar kondisi mesin senantiasa terjaga dengan baik dan aman untuk berkendara.

     

    1. Cek Roda dan Kaki Mobil

    Lakukan pemeriksaan pada semua roda mobil dan juga memeriksa kondisi komponen kaki-kaki mobil karena selama perjalanan panjang kita mungkin melewati rute dengan kondisi jalan yang berbatu, berlubang, dan bergelombang. Lakukan spooring & balancing roda untuk kenyamanan dan keamanan mengendarai mobil.

     

     

    1. Cek AC

    Selama perjalanan jauh, AC berfungi untuk memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan seisi mobil. Setelah digunakan tanpa henti selama perjalanan mudik, lakukan pemeriksaan dan perawatan pada AC mobil agar dapat berfungsi kembali secara maksimal.

    Inspirasi Lainnya

    8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

    Alat Safety

    8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

    Selengkapnya
    8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

    Alat Safety

    8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

    Selengkapnya
    7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

    Cat dan Kimia

    7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

    Selengkapnya