Pilihan Ukuran Scaffolding Untuk Pembangunan Anda

Dalam proses pembangunan, akan dibutuhkan berbagai ukuran scaffolding. Kehadirannya akan mempermudah pekerja sebagai platform dimana mereka bisa berdiri dengan aman dan melakukan tugasnya. Alat yang pada umumnya terbuat dari pipa-pipa besi ini juga bisa mempermudah para pekerja membawa peralatan. Bahkan alat ini begitu esensial apabila harus bekerja di ketinggian 3 meter atau lebih. Mungkin tanpa kehadirannya, menyelesaikan sebagian besar pekerjaan proyek konstruksi akan mustahil.

Nah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih mana yang akan digunakan. Seperti ukuran scaffolding. Mari cari tahu apa saja pilihan ukuran dari alat yang satu ini.

Berbagai Ukuran Scaffolding

Berbagai Ukuran Scaffolding

Alat yang dirancang untuk mempermudah dan mengamankan para pekerja bangunan gedung ini memiliki berbagai macam ukuran. Bisa disesuaikan dengan proyek yang sedang dikerjakan.

Berikut ini adalah informasi mengenai ukuran dari alat konstruksi satu ini.

1. Single Wide

Single Wide Scaffold memiliki lebar sekitar 74 cm sehingga dapat dipindahkan melalui pintu standar. Sempurna untuk bekerja di tempat yang cukup sempit. Tersedia dalam panjang 180 hingga 305 cm. Set ekstensi bisa dipasang untuk meningkatkan ketinggian. Rangka scaffolding dan penyangganya yang ringan dan sangat kuat, memungkinkan pemasangan scaffolding yang cepat dan mudah.

Manfaat dari single wide:

  • Kecil dan portable
  • Mudah diatur
  • Kapasitas yang cukup per platform

2. Double Wide

Double Wide Scaffold memiliki lebar sekitar 140 cm dan dapat dikonfigurasi panjangnya dari 180 hingga 305 cm. Ada juga tambahan set dari 122 cm hingga 210 cm. Scaffolding ini menawarkan area kerja dan kapasitas beban yang lebih besar. Waktu pemasangan tipikal untuk menara yang mencapai ketinggian 762 cm, dengan dua orang adalah sekitar 20-25 menit.

Manfaat menggunakan double wide:

  • Banyak pekerja dapat bermanuver dengan mudah di platform
  • Kapasitas berat lebih besar
  • Outrigger tidak diperlukan pada ketinggian menara 365 cm atau lebih rendah

3. VX Scaffold

VX Frames lipat tersedia dalam single wide dan double wide. Dapat dengan mudah dilipat menjadi lebar di bawah 25 cm dan tersedia dalam panjang 182 cm dan 245 cm. Menggunakan penyangga lipat unik yang terpasang pada rangka, maka scaffolding ini akan mengurangi ruang penyimpanan hanya dengan beberapa penyesuaian sederhana. Alat ini dapat berubah dari benar-benar terlipat untuk penyimpanan menjadi siap digunakan hanya dalam hitungan detik.

Manfaat VX scaffold:

  • Mudah disimpan
  • Semua komponen terpasang
  • Pengaturan yang lebih cepat daripada bingkai standar

Baca juga: Apa Itu Scaffolding dan Perbedaannya dengan Steger

Hal-Hal yang Diperhatikan dalam Menggunakan Scaffolding

Keselamatan adalah pertimbangan yang sangat penting saat memilih scaffolding yang akan digunakan. Perhatikan bahwa scaffolding pada umumnya terdiri dari bagian yang bergerak, meningkatkan kemungkinan terjadi kesalahan. Oleh karena itu, pastikan bahwa pilihan Anda sudah memenuhi semua persyaratan keselamatan kerja.

1. Fitur Keselamatan

Beberapa fitur keselamatan yang harus diperhatikan antara lain:

  • Pagar dan pegangan tangan
  • Platform yang stabil dan tahan slip
  • Instruksi pengguna lengkap

Dengan mengikuti serangkaian pedoman keselamatan, Anda dapat mencegah kecelakaan dan cedera di lokasi konstruksi.

2. Lokasi Instalasi

Kondisi lokasi konstruksi Anda akan memainkan peran penting dalam pilihan scaffolding. Jika tanahnya kuat, rata dan dapat diandalkan, maka pilihan terbaik Anda adalah scaffolding dengan supported platform, tetapi jika ada ketidakpastian mengenai stabilitas medan, maka suspended scaffolding akan menjadi pilihan yang lebih aman.

3. Beban Maksimum

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan beban maksimum yang diizinkan untuk berbagai jenis scaffolding, seperti:

  • Scaffolding frame

Beban manusia dan material pada scaffolding maksimum adalah 700 kg dengan ketinggian dari perancah 45 m

  • Scaffolding pipa

Beban orang ditambah beban peralatan yang dibawa maksimum adalah 400 kg dengan ketinggian dari scaffolding 31 m , tetapi untuk ketinggian diatas 31 m agar dapat menjamin kestabilan dari kontruksi scaffolding maka bagian paling bawah dipasang pipa ganda dengan jarak 20 m dari bagian atas scaffolding.

  • Scaffolding andang kayu dan bambu

Beban orang ditambah beban peralatan yang dibawa maksimum adalah 200 kg dengan ketinggian perancah 7,20 m.

  • Scaffolding dengan lantai kerja menggunakan plat (ledge plate single standart)

Jenis scaffolding ini mampu menopang beban maksimum (orang dan peralatan) sebesar 150 kg dengan ketinggian scaffolding 9 m.

  • Braket scaffolding

Beban orang ditambah beban peralatan yang dibawa maksimum adalah 200 kg dengan ketinggian 15 m.

  • Movable scaffolding

Beban orang ditambah beban peralatan yang dibawa maksimum adalah 250 kg dengan ketinggian scaffolding 7 m.

  • Perancah gantung

Beban orang ditambah beban peralatan yang dibawa maksimum adalah 200 kg dengan ketinggian disesuaikan dengan kondisi pekerjaan.

  • Perancah kuda-kuda

Beban orang ditambah beban peralatan yang dibawa maksimum adalah 300 kg dengan ketinggian 2 meter.

  • Cantilever scaffolding

Beban orang ditambah beban peralatan yang dibawa maksimum adalah 400 kg dengan ketinggian disesuaikan oleh kondisi pekerjaan

  • Shelf scaffolding (perancah persegi)

Beban orang ditambah beban peralatan yang dibawa maksimum 500 kg dengan ketinggian 9 m

  • Scaffolding Mekanik

Beban orang ditambah beban peralatan yang dibawa maksimum 600 kg dengan ketinggian disesuaikan kondisi pekerjaan (untuk jenis perancah gondola) dimana dipengaruhi kekuatan dari tali baja yang digunakan, bobo imbang dari penyangga kontruksi perancah

Nah, itulah dia beberapa ukuran scaffolding yang bisa menjadi pertimbangan Anda ketika ingin melaksanakan proses konstruksi. Berbagai ukuran tersebut akan mengakomodasi kebutuhan tertentu, sehingga rencanakan dengan baik sebelum memilih ukuran mana yang akan digunakan nantinya.

Selain menentukan ukuran scaffolding gunakan juga alat yang bisa menguatkannya, yaitu brace scaffolding yang bisa ditemukan di Klopmart dengan mudah. Tunggu apalagi yuk cek website kami untuk mengetahui harga scaffolding sekarang juga.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya