Spesifikasi Ukuran Genteng Beton Lengkap Serta Kegunaannya

Untuk menutupi bagian atas dari rumah akan dibutuhkan yang namanya atap. Salah satu pilihan bahan yang bisa Anda gunakan adalah beton. Kenali ukuran genteng beton yang bisa digunakan untuk menjadi atap dari rumah Anda dengan baik. Jenis genteng beton cukup populer untuk perumahan minimalis, perumahan menengah, maupun perumahan mewah. Apakah Anda tertarik untuk menggunakan jenis genteng ini untuk rumah Anda? Jika iya, perhatikanlah berbagai informasi berikut ini yang mungkin akan bisa membantu Anda.
 

Ukuran Genteng Beton

Genteng beton dibuat menggunakan campuran semen dan pasir yang kemudian dikombinasikan dengan pigmen berwarna. Campuran ini nantinya akan diolah dalam ekstrusi tekanan tinggi dan dipanasi. Hasil akhirnya berupa genteng beton yang berkualitas. Genteng beton secara umum akan memiliki spesifikasi seperti:

Panjang

33 Cm

Lebar

42 Cm

Berat / unit

4,4 kg

Beban kuat tekan

150 kgf

Isi / m2

10 pcs

Penyerapan air

max 7%

Jarak reng

25,5 Cm

Kebutuhan per m2

10 bh/m2

Kemiringan Atap

kemiringan minimal 25 derajat*

*untuk kemiringan < 25 derajat / daerah dengan curah hujan tinggi, dianjurkan menggunakan underlay.

Untuk kemiringan < 40 derajat / daerah berangin kuat, dianjurkan menggunakan sekrup.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Genteng Aspal Atap Bitumen



 

Kelebihan Genteng Beton

Ada berbagai kelebihan dari genteng ini yang mungkin ingin Anda ketahui selain sebagai penutup dari atap rumah. Berbagai kelebihan tersebut adalah:
 

1. Daya Tahan yang Kuat

Usia penggunaannya sangat lama, bisa mencapai 20 tahun. Jenis genteng ini memiliki tingkat efisiensi tinggi terhadap lingkungan. Mampu menahan beban berat dan tidak akan mudah retak. Ketika menghadapi perubahan suhu dan terkena api, genteng dari beton ini masih bisa bertahan
 

2. Tidak Mudah Berubah Bentuk

Bentuk yang presisi ditambah dengan tidak adanya perubahan bentuk selama menjalani proses produksi, genteng beton akan lebih mudah dipasang. Pengisian nat pun akan menjadi lebih rapat. Ini juga akan bisa mengurangi resiko kebocoran pada atap rumah.
 

3. Dapat Memantulkan Panas

Suhu ruangan yang ada di bawah atap akan menjadi lebih sejuk di siang hari atau pada musim kemarau karena akan memantulkan sinar dari matahari. Berbeda dari genteng tanah liat yang akan menyerap panas.
 

4. Warna yang Beragam

Genteng beton ini tersedia dalam berbagai pilihan warna seperti hitam, abu-abu tua, cokelat, biru, atau hijau. Anda akan bisa menyesuaikannya dengan konsep dari rumah.


 

5. Tahan Terhadap Polusi Suara dan Suhu Udara

Kemampuan isolasi akustik dan termalnya sudah diakui sangat baik berdasarkan penelitian. Sehingga, para penghuni rumah yang menggunakan genteng beton ini akan terbebas dari kebisingan dan suhu udara yang terlalu panas atau dingin. Menjadikan suasana yang ada di dalam rumah menjadi lebih nyaman.

Itulah dia berbagai macam informasi mengenai ukuran genteng beton hingga berbagai macam kelebihan yang mungkin ingin Anda miliki. Menjadi pilihan yang populer tentu bukan karena dari tampilan saja. Melalui kelebihannyalah genteng dari bahan beton ini bisa menjadi pilihan yang cukup populer. Mulai dari rumah minimalis hingga yang mewah menggunakannya. Jadi apakah Anda akan menggunakannya juga?

Jika masih ragu, mungkin informasi mengenai harga genteng dari Klopmart ini akan bisa membantu Anda. Temukan informasi dari berbagai jenis genteng dan harganya. Akan memudahkan Anda dalam menentukan pilihan untuk rumah. Tunggu apalagi, yuk kunjungi website kami sekarang juga untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga: Genteng Spandek beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya