Inilah Ukuran Besi untuk Tiang Rumah 1 Lantai

Mengetahui ukuran besi untuk tiang rumah 1 lantai akan sangat berguna dalam perencanaan pembangunan Anda. Pondasi, kolom atau tiang, ring, dinding, ventilasi, atap menjadi bagian penting dalam pembuatan rangka sebuah rumah atau bangunan. Bahan yang dibutuhkan dalam proses ini juga tidak sedikit. Perhitungan tepat akan bisa membantu dalam mengalokasikan budget dengan tepat, sehingga tidak akan ada kerugian yang dirasakan. Salah satu bagian yang harus diketahui jumlah kebutuhannya adalah pada besi untuk tiang atau kolom. Jika Anda masih belum tahu akan hal ini, maka informasi yang akan kami sajikan mungkin bisa membantu.
 

Ukuran Besi untuk Tiang Rumah 1 Lantai

Rumah satu lantai menjadi banyak pilihan keluarga sebagai hunian. Terlebih lagi pasangan yang baru membangun rumah tangga akan memilih rumah tipe ini. Bagi yang ingin membangun rumah 1 lantai, maka mereka harus tahu dan paham berbagai macam hal. Salah satunya adalah ukuran besi untuk kolom atau tiang rumah.

Sesuai dengan SK SNI T-15-1991-03 tentang Tata Cara Perhitungan Struktur Beton untuk Bangunan Gedung, kolom atau tiang diartikan sebagai komponen struktur bangunan yang tugas utamanya menyangga beban aksial tekan vertikal dengan bagian tinggi yang tidak ditopang paling tidak tiga kali dimensi lateral terkecil.

Bahan yang paling sering digunakan adalah beton dengan tulang dari besi. Keduanya memiliki sifat gabungan yang baik. Besi merupakan material yang tahan terhadap tarikan, sedangkan beton merupakan material yang tahan tekanan.

Baca juga: Mengenal Kode Besi Beton SNI 2052 tahun 2014 oleh BSN
 

Jenis-Jenis Tiang

Ada 3 kategori yang membedakan bentuk tiang berdasarkan bentuk dan susunan tulangnya, yaitu:

  • Kolom segi empat atau bujur sangkar dengan tulangan memanjang dan menyengkang.
  • Kolom bundar dengan tulangan memanjang dan berbentuk spiral. Memiliki kemampuan untuk menyerap deformasi cukup besar sebelum runtuh.
  • Kolom komposit, yaitu gabungan antara beton dan profil baja sebagai pengganti besi di dalamnya.
     

Fungsi Tiang

Fungsi tiang adalah untuk meneruskan beban seluruh bangunan ke pondasi. Beban yang dimulai dari atap akan diterima oleh kolom. Kemudian didistribusikan ke permukaan tanah di bawahnya oleh pondasi.
Struktur pada kolom yang tidak sempurna akan bisa menjadi titik kritis yang dapat menyebabkan runtuhnya bangunan. Selain proses perhitungan yang tepat, kondisi tanah pun juga harus menjadi perhatian. Tanah harus bisa dan mampu menerima beban dari pondasi. Percuma jika Anda sudah menggunakan bahan terbaik dan perhitungan yang tepat untuk membangun kolom dan bagian lainnya, tapi tanah tidak mampu menjalankan tugasnya.
 

Ukuran Besi untuk Tiang

Dalam bangunan sederhana atau rumah 1 lantai, ukuran tiang biasanya adalah 15 x 15 cm. Dalam ukuran ini, besi yang berfungsi sebagai tulang utama akan berukuran sekitar 10 mm dengan begel 8 mm. Jarak antar begelnya 15 cm dengan ketebalan cor sebesar 1,5 cm dari begel yang paling luar. 

Nah itulah dia ukuran besi yang dibutuhkan untuk kolom rumah 1 lantai. Ketika membuat perhitungan untuk membangun rumah, maka hal ini bisa menjadi perhatian Anda. Gunakan juga bahan berkualitas agar bangunan bisa tahan lama.

Setelah mengetahui ukuran besi untuk tiang rumah 1 lantai, dapatkan juga harga besi beton polos dari Klopmart yang tentu saja terjangkau. Tunggu apalagi, segera kunjungi website kami sekarang juga dan dapatkan berbagai promo dan informasi menarik lainnya.

Baca juga: Cara Sederhana Menghitung Kebutuhan Besi


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
23 Agu 2021

Related Article