Download Klopmart App

Pusat Bantuan

TOILET: RAGAM JENIS KLOSET DUDUK

Setelah kita mempelajari SEJARAH TOILET dan mengetahui perbedaan antara kloset jongkok dengan kloset duduk, ada baiknya kita mengetahui jenis kloset duduk yang umum digunakan di masa sekarang. Baca juga TOILET: KLOSET KONGKOK VS. KLOSET DUDUK.

 

Seiring perkembangan jaman, kloset pun mengalami perkembangan. Di masa kini, kita dapat menemukan beberapa jenis kloset duduk yang sudah dirancang dengan desain yang lebih fungsional, memiliki sistem pembilasan terbaru, bahkan dilengkapi dengan invoasi teknologi terkini. Walaupun kloset memiliki fungsi yang sama tetapi invoasi tersebut dirancang semata-mata untuk memberikan kenyamanan lebih bagi penggunanya.

 

Seperti apakah jenis kloset yang populer digunakan saat ini? Mari kita simak dan kenali beberapa jenis kloset berikut ini yang dibagi berdasarkan jenis, sistem pembilasan, dan invoasi teknologi.

 

 

JENIS KLOSET

  • Kloset Monoblok (One-Piece Toilet)

Jenis kloset dengan tangki air yang menyatu pada badan toilet dan terlihat simpel. Walaupun kloset monoblok lebih berat dan lebih mahal dari kloset duo-blok, tetapi kloset monoblok mempunyai keunggulan antara lain mudah dipasang, lebih kuat dan tidak mudah pecah atau bocor, serta mudah untuk dibersihkan.

 

  • Kloset Duo-Blok (Two-Piece Toilet)

Jenis kloset dengan tangki air yang terpisah dengan badan kloset. Keunggulan kloset duo-blok dibandingkan kloset monoblok antara lain dari segi pemasangan kloet duo-blok lebih mudah untuk pindahkan dan dimanuver untuk kemdian dipasang menjadi satu, selain itu kloset duo-blok lebih ringan dan tidak terlalu mahal dibandingkan kloset monoblok.

 

  • Kloset Gantung (Wall Hung Toilet)

Jenis kloset yang menggantung pada dinding dan tangki air tertanam di dalam dinding. Jenis kloset gantung sangat ringkas dan cocok untuk rumah atau apartemen yang tidak terlalu luas dan bergaya minimalis.

 

 

SISTEM PEMBILASAN

Ada dua sistem pembilasan (Flush system) pada kloset yaitu:

  • Single Flush, menggunakan sistem satu mekanisme pembilasan dengan menekan tombol atau menarik tuas. Kloset dengan sistem pembilasan single flush ini paling sering digunakan baik di rumah maupun di tempat umum.
  • Dual Flush, sistem pembilasan yang umumnya digunakan pada kloset modern. Sistem ini menggunakan dua mekanisme pembilasan dan memiliki dua tombol yang terletak di bagian atas tangki kloset. Satu tombol berfungsi untuk pembilasan limbah cair yang hanya membutuhkan jumlah air yang sedikit dan satu tombol lagi berfungsi untuk pembilasan limbah padat yang membutuhkan air dalam jumlah yang lebih banyak.

 

 

INOVASI TEKNOLOGI

Kloset jenis ini memiliki desain khusus yang dilengkapi invovasi teknologi untuk memberikan kenyamanan tersendiri bagi para penggunanya, bahkan dirancang untuk lebih higienis karena kita tidak perlu menyentuh kloset tersebut dengan tangan kita. Kloset jenis ini dilengkapi dengan beberapa fitur seperti sistem pembilasan dual flush secara otomatis, tongkat pembersih otomatis yang dapat diatur sesuai kebutuhan, kursi berpemanas yang dapat diatur suhunya, pencahayaan dan sistem buka tutup kloset secara otomatis yang diaktifkan dengan sensor gerakan, pengering udara yang hangat, serta fitur pewangi kloset otomatis untuk menghilangkan bau kloset tersebut. Kita akan dimanjakan jika menggunakan kloset dengan invoasi teknologi ini. Tentu saja dari segi biaya, jenis kloset dengan fitur ini akan jauh lebih mahal dibandingkan jenis kloset lain.

 

Setelah kita mengetahui jenis-jenis kloset tersebut diatas, kita dapat memilih kloset duduk mana yang cocok digunakan sesuai kebutuhan kita, baik untuk perumahan, apartemen, gedng perkantoran dan pertokoan, bahkan di fasilitas umum lainnya.

 

 

(dirangkum dari berbagai sumber)


Cek harga klik disini

Related Article