Tips & Trik

5 Tips Memilih Tirai Pintu Kamar Agar Terlihat Indah

Media
27 Sep 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Tirai atau gorden pintu kamar bisa menjadi pilihan jika Anda ingin menambahkan dekorasi pada ruang kamar. Selain dapat mempercantik ruang kamar, tirai juga bisa menjadi pemisah ruang sekaligus menghalau datangnya serangga.

Oleh karena itu, Klopmart akan memberikan tips-tips pemilihan tirai untuk pintu kamar.

Kelebihan Menggunakan Tirai Pintu Kamar

Sebelumnya Klopmart akan memberi tahu apa saja kelebihan jika Anda menggunakan tirai pintu kamar. Yuk, simak informasinya di sini.

1. Rumah Selalu Hangat

Jika memasang tirai pintu kamar di area pintu masuk, rumah Anda akan selalu hangat. Dikarenakan, tirai pintu akan mencegah angin atau udara dingin yang masuk kedalam rumah.

2. Menjaga Privasi

Kelebihan memasang tirai pintu kamar adalah Anda dapat menjaga privasi kamar tidur Anda. Karena privasi sangat penting untuk dijaga.

3. Menjadi Pembagian Area Rumah

Tirai pintu dapat dijadikan salah satu pilihan untuk pembagian dan penataan area rumah. Tirai pintu dapat menggantikan pintu kamar sebagai pembagian area. Tirai pintu juga memiliki waktu pemasangan yang mudah dibanding dengan pintu kamar.

Baca juga: 14 Tips Dekorasi Ruang Kantor yang Nyaman dan Produktif

5 Tips Memilih Tirai Pintu Kamar Terlihat Indah

Lalu, tirai seperti apa yang cocok untuk pintu kamar? Yuk, ikuti tips berikut ini untuk mendapatkan tirai pintu kamar yang sesuai!

1. Cari Tahu Tentang Material Tirai

Sekarang ini, ada banyak sekali material pembuat tirai atau gorden. Material yang umum digunakan biasanya terbuat dari kain, tapi ada juga tirai yang terbuat dari plastik yang memiliki harga tirai yang mahal. Produk kain tirai pun bermacam-macam jenisnya, ada produk yang terbuat dari katun, linen, akrilik, beludru, hingga sutra.

Tiap jenis kain memiliki sifat dan cara perawatan yang berbeda. Misalnya, kain katun cenderung transparan namun ringan, jadi diperlukan lapisan tambahan agar privasi kamar tetap terjaga. Ada juga kain akrilik yang cenderung kaku namun terkesan rapi karena tidak mudah kusut. Kain ini juga tahan jamur sehingga cocok untuk area yang lembap.

Selain sifat, tiap jenis kain tentunya akan memiliki harga yang berbeda-beda. Pastikan Anda mencari jenis kain yang sesuai dengan budget yang Anda miliki. Tetapi, jangan sampai terlalu enggan untuk mengeluarkan uang demi mendapatkan gorden atau tirai pintu berkualitas.

Baca juga: 7 Cara Menjaga Kebersihan Kamar Tidur

2. Sesuaikan dengan Kondisi Kamar

Agar tirai pintu kamar tetap cantik dan fungsional, pada saat instalasi, sesuaikanlah dengan kondisi kamar. Berilah jarak di antara tirai dengan benda-benda di sekitarnya. Jangan memasang tirai terlalu dekat dengan perabot lain seperti meja atau lemari. Pemasangan seperti ini hanya akan membuat tirai tidak berfungsi maksimal.

Anda akan kesulitan untuk membuka dan menutup tirai. Lalu, tentukan pilihan tirai Anda mengikuti kebutuhan dan kondisi kamar. Jika kamar cenderung lembap, tirai berbahan kain akrilik bisa dijadikan pilihan.

Selain itu, pemasangan yang sembarangan juga bisa membuat tirai mudah sobek dan rusak. Agar hal ini tidak terjadi, sebaiknya tirai pintu diukur dengan cermat sehingga tidak terlalu panjang atau pendek. Tirai yang terlalu panjang akan mengganggu aktivitas dan mudah kotor. Sedangkan tirai yang terlalu pendek akan membuat privasi ruangan berkurang.

3. Cocokkan dengan Tema Kamar

Sebagai dekorasi ruang, tirai pintu sebaiknya tetap mengikuti tema kamar. Hal ini akan membuat tirai terlihat selaras dan padu. Anda tidak harus memilih tirai berwarna sama dengan warna kamar, tapi usahakan agar tetap sesuai dengan tema kamar.

Misalnya, kamar Anda memiliki nuansa minimalis dengan warna monokrom. Maka, untuk tirai pintu kamar sebaiknya menggunakan nuansa yang sama seperti warna abu-abu polos atau motif garis-garis sederhana. Hindari warna yang terlalu meriah atau memiliki motif ramai karena tidak sesuai dengan nuansa kamar secara keseluruhan.

Selain itu, kombinasikan juga kamar anda dengan cara membuat hiasan dinding kamar buatan sendiri. Kamar yang indah akan membuat tidur mudah terlelap

Baca juga: Gorden Itu Perlu Dicuci, Lho! Simak Caranya di Sini!

4. Ikuti Bentuk Pintu

Tips terakhir memilih tirai pintu kamar adalah pastikan untuk selalu mengikuti bentuk pintu. Tirai yang mengikuti bentuk pintu kamar akan mempercantik tampilan pintu secara keseluruhan. Sebaliknya, tirai yang tidak mengikuti bentuk pintu kamar justru akan membuat tampilan pintu terlihat aneh dan ganjil.

Sesuaikan pemasangan tirai dengan model pintu, baik itu model terbuka ke luar maupun dalam. Untuk model pintu yang terbuka ke luar, sebaiknya tirai dipasang pada bagian dalam. Sedangkan untuk model pintu yang terbuka ke dalam, tirai sebaiknya dipasang pada bagian luar.

Jika Anda tidak menemukan tirai pintu yang cocok, jangan sungkan untuk mencoba gorden jendela. Terkadang ada beberapa gorden jendela yang berukuran besar dan cocok untuk dijadikan tirai pintu kamar. Pastikan untuk memiliki sebanyak mungkin opsi yang Anda bisa dapatkan.

Penambahan tirai pintu kamar terbukti bisa mempercantik tampilan ruang. Dengan catatan, Anda memilih tirai pintu yang sesuai dengan ruang kamar.

5. Menyesuakan Corak serta Tekstur Tirai dengan Desain Ruangan (BARU)

Pemasangan tirai pintu kamar  mempunyai peran penting dalam menyelesaikan tampilan ruangan. Corak serta tekstur dari tirai jendela dapat menjadi detail yang memperkuat konsep desain ruangan. Anda bisa mengkombinasikan corak tersebut dengan warna furnitur utama atau menggunakan corak yang sama dengan elemen dekorasi lainnya, seperti taplak meja.

Pemilihan corak dan tekstur pada tirai pintu kamar dapat menciptakan kesan luas atau sebaliknya. Namun, perlu diperhatikan agar tidak terlalu banyak aksen, karena hal tersebut dapat membuat ruangan terasa penuh dan mengganggu.

Ide Desain Gorden Pintu Kamar yang Estetik

Berikut beberapa contoh model gorden pintu kamar terkini yang bisa dijadikan inspirasi:

1. Tirai Pintu Ruang Kerja

Baik ruang tamu atau ruang kerja Anda perlu menonjolkan kesan yang lebih elegan dibandingkan dengan area lainnya.

Dengan menggunakan lantai kayu dan cat dinding dalam warna netral yang lembut, Anda dapat menciptakan kesan elegan yang diinginkan. Gunakan tirai putih polos untuk menciptakan atmosfer yang layak di ruangan tersebut. Penataan lipatan gorden yang halus juga dapat memberikan sentuhan unik pada ruang kerja Anda.

2. Tirai Pintu Menggunakan Tirai Lubang

Memilih gorden atau tirai dengan lubang di bagian atas merupakan pilihan yang paling diminati untuk berbagai jenis pintu. Keterbukaan pilihan model ini yang membuatnya begitu diminati. Tirai ini sangat sesuai untuk ruangan dengan langit-langit tinggi untuk menciptakan kesan yang nyaman.

Ketebalan material tirai dapat sepenuhnya mengatur cahaya yang masuk. Anda dapat menyesuaikan tata letak tirai ini sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan penggunaan yang tepat, tirai ini mampu memberikan sentuhan estetika yang menarik bagi rumah Anda.

3. Model Tirai Pintu Tali

Keunggulan dari menggunakan tirai tali adalah, ia dapat menjaga privasi tanpa bersifat “menghalangi” layaknya sebuah pintu. Umumnya, tali ini terbuat dari katun atau poliester. Keberadaan tirai ini membantu menciptakan ruangan yang lapang. Penggunaan gorden tali menghadirkan fleksibilitas yang unik dalam mengatur cahaya serta mempertahankan privasi tanpa memberikan kesan terlalu menutupi seperti pintu biasa.

Dengan bahan seperti katun atau poliester, gorden ini membantu menciptakan ruangan yang terasa terbuka dan lapang, menjadikannya pilihan yang baik untuk menciptakan suasana yang terbuka namun tetap memberikan privasi yang diinginkan.

Itulah dia tips untuk memilih tirai pintu kamar dengan mudah. Segera kunjungi Klopmart disana ada berbagai macam tiang tirai yang dapat menjadi pilihan Anda.

Sumber artikel:

  • https://jendelaku.id/tips-memilih-tirai-gorden-yang-tepat-untuk-jendela-rumah-jangan-sampai-salah-pilih/

  • https://bp-guide.id/AXoNC8Ul

  • https://www.dekoruma.com/artikel/66220/tips-memilih-tirai-jendela

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya