5 Tips Memilih Keramik Tangga yang Aman dan Menarik

Anda wajib tahu berbagai macam tips memilih keramik tangga berikut ini agar bisa mendapatkan hasil yang terbaik dari sisi keamanan dan juga estetika. Namun Anda harus tahu bahwa keramik merupakan pilihan paling populer bagi masyarakat Indonesia karena berbagai keunggulan yang sangat membantu. Kira-kira apa saja hal tersebut? Kemudian seperti apa tips untuk memilih keramik anak tangga yang dapat membantu Anda?

Temukan jawaban dari beragam hal tersebut dengan menyimak informasi-informasi penting mengenai keramik bersama Klopmart di sini.

Keunggulan Penggunaan Keramik di Tangga

Tangga pada sebuah rumah harus dilapisi dengan bahan tahan lama yang secara estetis cocok dengan dekorasi dari keseluruhan ruang di sekitarnya, baik itu tangga di luar atau dalam ruangan. Cara termudah untuk bisa mendapatkan hal tersebut adalah dengan menggunakan keramik.

Bahan satu ini memiliki beberapa kelebihan unggul seperti daya tahan yang baik karena dirancang untuk ruangan dengan tingkat lalu lintas tinggi. Walaupun selalu dipijak orang-orang, keramik mampu bertahan dengan baik.

Bahan ini juga sangat bagus dalam menjaga suhu ruangan tetap stabil dan tidak terlalu panas. Bagi rumah yang berada di Indonesia dengan cuaca tropis, maka keramik sangat bagus digunakan.

Baca juga: 5 Model Keramik Kamar Tidur Utama Beserta Kelebihannya!

Inilah Tips Memilih Keramik Tangga yang Tidak Boleh Dilewatkan

Selain memperhatikan keunggulannya, ada banyak tips lainnya untuk Anda perhatikan sehingga dapat memilih keramik untuk tangga yang tidak hanya cocok, namun menawarkan beragam hal bagus lainnya. Berikut ini tips mengenai cara untuk menentukan keramik pada tangga rumah Anda.

1. Tahan Terhadap Lalu Lintas yang Banyak

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, tangga merupakan area pada sebuah ruangan dengan tingkat lalu lintas tinggi. Sangat merugikan jika keramik yang Anda pilih tidak mampu bertahan pada kondisi tersebut.

Lebih disarankan menggunakan menggunakan keramik yang tahan lama dan mudah dibersihkan sehingga mampu bertahan selama bertahun-tahun. Keramik rapuh akan menimbulkan bahaya, sehingga jangan asal memilih demi keselamatan bersama.

2. Permukaan Anti-Slip

Tangga juga menjadi area yang cukup berbahaya bagi siapa pun. Sehingga sangat penting memperhatikan sisi keamanan dari tangga. Salah satu caranya dengan menggunakan keramik permukaan anti-slip. Permukaan beralur meningkatkan daya gesek ke lantai dan melindungi siapa saja yang melangkah di atasnya dari kejadian terpeleset berbahaya.

Baca juga: Cara Menghitung Anak Tangga dengan Rumus yang Benar

3. Estetika pada Ruangan

Keramik terdiri dari beragam warna, desain, dan pola yang bisa digunakan dalam menghasilkan estetika yang bagus pada tangga di rumah Anda. Bahkan sangat mudah menciptakan visual menarik pada tangga menggunakan keramik. Beberapa pilihan keramik yang bisa digunakan berupa:

  • Keramik Motif Marble

Marble merupakan material yang sangat erat dengan kesan elegan. Banyak sekali pemilik rumah ingin menggunakannya dalam menghias ruangan rumah mereka. Tetapi harganya yang tidak murah membuat beberapa orang memilih keramik yang memiliki motif marble sebagai solusinya. Anda bisa memilih pilihan warna dan motif bisa disesuaikan dengan tema ruangan sehingga estetika tangga tidak “bertabrakan” dengan konsep ruangan.

  • Keramik Motif Kayu

Kayu juga material yang banyak digunakan pada berbagai bagian ruangan. Namun karena kebutuhan maintenance yang tidak mudah, menjadikan bahan ini sulit untuk diterapkan dengan baik apalagi di tangga. Tapi tenang saja, jika Anda masih tetap ingin mendapatkan estetika dari kayu maka keramik yang memiliki motif seperti kayu merupakan pilihan yang baik. Tidak perlu pusing lagi untuk perawatannya karena keramik sangat mudah dibersihkan dan memiliki daya tahan yang lama.

  • Keramik Mosaik

Anda juga bisa menuangkan kreativitas melalui penggunaan keramik pada anak tangga. Keramik berbentuk mosaik bisa menjadi model yang membuat tangga Anda semakin terlihat menarik. Ada banyak warna serta motif yang tersedia, membuat tidak terbatasnya kreativitas Anda.

Hal lainnya yang harus menjadi perhatian dalam estetika berupa kontinuitas dari tampilan ruangan dengan keramik yang digunakan pada tangga. Jangan sampai keramik yang digunakan pada tangga malah merusak tampilan ruangan dengan visual timpang. Perhatikan bagaimana desain ruangan mampu mengalir dengan baik menuju tangga Anda.

Pertimbangkan juga keramik yang Anda gunakan dari bagian bawah tangga. Bagaimana mereka akan terlihat saat menghadap ke depan. Keramik berpola yang tidak biasa juga dapat menambahkan sentuhan unik membuat tangga begitu estetis untuk diperhatikan.

Baca juga: 5 Jenis Model Keramik Dinding Kamar Tidur Terbaik nan Menawan

4. Budget

Keramik merupakan salah satu bahan yang memiliki harga bersaing di pasaran. Dengan perhitungan tepat, maka Anda bisa melapisi setiap anak tangga dengan keramik yang menarik secara visual tanpa harus menghabiskan budget besar. 

5. Visibilitas

Visibilitas tiap anak tangga sangat penting, sehingga jangan sampai keramik yang digunakan menimbulkan ilusi yang menyulitkan seseorang membedakan ketinggiannya. Hal ini begitu bahaya karena bisa menimbulkan musibah. Akan bagus jika Anda memilih keramik yang dapat terlihat dengan jelas sehingga mampu menghindari masalah tersebut.

Itulah beberapa tips memilih keramik tangga yang bisa Anda gunakan untuk bisa dengan mudah mendapatkan rumah idaman. Semoga informasi tersebut bisa membantu Anda.

Agar keramik pada anak tangga dapat melekat dan tertata dengan sempurna menghindari beragam hal berbahaya,  gunakan semen instan siap pakai yang terdiri dari campuran semen dan agregat khusus yaitu IM Grout Drymix Tile Grout Sanitized.

Cukup dengan menggunakan air maka Anda sudah bisa menggunakannya secara praktis. Produk ini menjamin nat keramik selalu bersih dengan teknologi  anti bakteri dan jamurnya. Tunggu apalagi, dapatkan produk ini sekarang juga di website Klopmart. Cek harganya dan langsung borong untuk membantu Anda menghias tangga dengan keramik. Semoga tips memilih keramik tangga ini bisa membantu Anda.

Sumber artikel: 

  • https://floorauthority.com/blogs/inspiration/best-flooring-for-stairs
  • https://nirogranite.com/tile-talk/choosing-tiles-for-staircases/
  • https://www.tilegiant.co.uk/news/choose-staircase-tiles/
  • https://sandiegomarbletile.com/tile-and-stone/what-to-consider/tiling-stairs/
  • https://cerrad.com/us/news-usa/how-to-choose-stair-tiles/
 

Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
01 Jun 2022

Related Article