Home & Living

Tips Memilih Furniture Rumah Minimalis Agar Terlihat Luas dan Menarik

Media
06 Mar 2023

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Mengetahui tips memilih furniture rumah minimalis dapat membantu Anda untuk membuat ruangan terlihat lebih luas dan menarik. Memiliki rumah yang nyaman dengan tampilan menarik pastinya merupakan impian setiap orang. 

Hal ini tidak hanya tentang desain saja, tetapi juga pemilihan furniture yang sesuai. Apalagi untuk rumah dengan desain minimalis, perlu cara khusus untuk menata furniture dalam ruangan-ruangannya.

Rumah dengan desain minimalis sendiri tengah menjadi tren di masyarakat. Tentunya, hal ini dikarenakan tidak memerlukan lahan yang luas untuk membangun rumah impian. Anda dapat memanfaatkan lahan minim dengan hasil terbaik sesuai keinginan. Meski cenderung tak banyak memiliki ruang kosong, tetapi penataan furniture dalam ruangan dapat menjadi andalan untuk mengatasi masalah tersebut.

Lantas, apa itu furniture rumah minimalis?

Apa Itu Furniture Rumah Minimalis?

Furniture rumah minimalis merujuk pada jenis perabotan dan dekorasi yang dirancang khusus untuk rumah-rumah bergaya minimalis.

Adapun konsep rumah minimalis adalah pendekatan desain interior yang menekankan kesederhanaan, kebersihan, dan penggunaan elemen-elemen yang penting untuk menciptakan tampilan rumah yang ringkas dan efisien.

Tips Memilih Furniture Rumah Minimalis

Untuk rumah minimalis, pemilihan furniture perlu memerhatikan beberapa hal. Ini berguna untuk memaksimalkan fungsional dari furniture tersebut dan juga tampilan ruangan agar tidak sempit. Berikut ini merupakan beberapa tips memilih furniture rumah minimalis yang dapat Anda coba.

1. Perhatikan Ukuran Furniture dan Luas Ruangan


Tips yang pertama adalah menyesuaikan ukuran furniture dengan luas ruangan yang ada. Tentunya sangat tidak tepat ketika Anda memiliki ruang tamu yang sempit tapi justru memilih furniture dengan ukuran jumbo. Jadi, pastikan Anda telah mengukur ruangan yang digunakan untuk penempatan furniture terlebih dahulu.

Jika sudah memiliki catatan ukuran ruangan, pemilihan furniture pun menjadi lebih mudah. Untuk ruang tamu yang tidak terlalu luas, Anda dapat memanfaatkan furniture berupa kursi panjang dibandingkan menggabungkan beberapa kursi kecil. Ini akan membuat ruangan terlihat lebih rapi, luas dan menarik.

Baca juga: 4 Ciri-Ciri Kayu Jati yang Dapat Dijadikan Bahan Furnitur

2. Sesuaikan Furniture dengan Fungsi Ruangan


Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah fungsi ruangan. Penempatan furniture sangat penting diperhatikan agar terlihat lebih sesuai dan menarik. Misalnya adalah memilih sofa empuk di ruang keluarga karena digunakan untuk bersantai. Terlebih lagi, menghabiskan waktu bersama keluarga biasanya memakan durasi lama sehingga furniture harus super nyaman.

Apabila tidak sesuai dengan fungsinya, furniture justru cenderung jarang digunakan dan membuang-buang biaya. Misalnya ketika Anda memilih meja sudut untuk diletakkan di ruang makan, apa fungsinya? Bukannya mendukung fungsional ruangan, furniture justru merusak kesan estetik.

3. Pilih Desain Furniture


Setelah mengetahui ukuran ruangan dan juga fungsionalnya, mulailah untuk memilih desain furniture. Menyesuaikan desain rumah minimalis, furniture dengan ukuran kecil dan multifungsi. Misalnya adalah menggunakan sofa bed yang bisa dilipat di ruang keluarga. Ketika ingin bersantai menonton film favorit, Anda tinggal menarik bagian bawah sofa.

Faktor ini penting untuk diperhatikan agar Anda tidak memerlukan banyak furniture dalam satu tempat. Contoh lain yang kerap digunakan di rumah minimalis adalah penggunaan kitchen set sekaligus mini bar.

4. Sesuaikan Furniture dengan Pemilihan Cat Ruangan


Bagaimana warna cat tembok dalam suatu ruangan menjadi faktor pemilihan furniture? Apabila Anda menginginkan desain minimalis, tentunya warna-warna yang senada akan terlihat lebih menarik.

Misalnya adalah furniture dengan warna natural untuk ruangan dengan cat warna putih. Selain menyegarkan mata, desain ini membuat ruangan juga terlihat lebih bersih dan luas.

5. Bahan Berkualitas dan Budget


Tidak hanya fungsional dan estetika, bahan furniture merupakan aspek yang penting untuk diperhatikan. Pilihlah furniture dengan bahan berkualitas agar tahan lama, sehingga Anda tidak perlu repot mengganti secara berkala. Dengan begitu, budget furniture Anda pun aman.

Apabila Anda memiliki budget minim, saat ini tersedia banyak furniture yang terbuat dari bahan semi plastik dengan ketahanan cukup lama. Untuk sofa di rumah minimalis, model-model scandinavian biasanya memiliki harga miring tetapi super nyaman dan cukup awet.

Baca juga: 7 Furniture Rumah Minimalis Kebutuhan Wajib yang Estetik

Tips Menata Furniture di Rumah Minimalis


Setelah memilih furniture yang tepat, lalu bagaimana tips menatanya? Dalam rumah minimalis, penataan furniture sangat memengaruhi tampilan dan ruang gerak yang ada. Berikut ini merupakan beberapa tips menata furniture di rumah minimalis yang perlu Anda ketahui.

1. Letakkan Sesuai Kebutuhan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah meletakkan furniture sesuai dengan kebutuhan. Apabila furniture yang diletakkan terlalu memenuhi ruang kosong, maka akan terasa sesak dan ruangan terlihat sempit. Jadi, letakkan furniture dengan ukuran yang pas sesuai kebutuhan

Misalnya adalah letakkan kabinet sudut untuk meletakkan berbagai barang. Dengan meletakkan furniture di sudut maka ruang akan terasa lebih lega, tapi tetap rapi karena barang-barang memiliki tempat tersendiri. Bisa juga dengan meletakkan lemari peralatan dapur menempel di dinding atas. Hal ini membuat furniture tetap fungsional sekaligus tidak memakan tempat.

2. Atur Pencahayaan

Tips yang kedua yaitu mengatur letak furniture tidak menghalangi pencahayaan. Hal ini dikarenakan cahaya sangat penting dalam mendukung desain ruangan minimalis jadi lebih menarik. Apabila pencahayaan justru tertutup furniture, tentunya mengganggu estetika ruangan dan kenyamanan penghuni rumah.

Misalnya adalah hindari meletakkan lemari atau kabinet tinggi menempel di jendela. Furniture dengan ukuran yang tinggi atau besar jika diletakkan menempel di jendela akan menghalangi cahaya matahari untuk masuk. Ruangan akan terlihat redup dan memberikan kesan pengap.

Baca juga: Tidur Lebih Berkualitas, Inilah 9 Cara Mengatur Pencahayaan Kamar Tidur Anda

3. Manfaatkan Cermin agar Terlihat Lebih Luas

Pernah dengar bahwa cermin dapat membuat ruangan terlihat lebih luas? Hal ini bukan hanya sekedar rumor belaka loh. Refleksi yang diciptakan oleh cermin memang memberi kesan ruangan lebih lega, apalagi jika cerminnya berukuran besar. Anda dapat mencoba tips ini dengan meletakkan cermin di atas meja laci ruang tamu.

Namun, ada satu hal yang penting untuk diperhatikan ketika memasang cermin. Usahakan tidak meletakkan cermin berhadapan langsung dengan sumber pencahayaan alami. Hal ini dapat menyebabkan efek silau yang cukup mengganggu.

4. Perhatikan Keseimbangan

Posisi furniture yang pas sesuai dengan porsi pastinya terlihat lebih rapi dan menarik. Misalnya adalah meletakkan sofa tepat di bagian tengah dinding ruang tamu atau ruang keluarga. Sisi kanan dan kiri yang kosong secara imbang, dapat diisi dengan meja kecil atau tanaman hidup.

5. Tambahkan Pajangan

Ingin ruangan terlihat lebih estetik dan sesuai dengan furniture? Tambahkan pajangan di dinding atau letakkan di atas furniture seperti meja sudut atau rak kabinet. Anda dapat menambahkan pajangan berupa pigura foto keluarga, lukisan, kaligrafi dan lain sebagainya.

Itulah tadi beberapa tips memilih furniture rumah minimalis serta penataannya yang dapat Anda coba. Manfaatkan kreativitas agar furniture tidak membuat ruangan terlihat sempit. Apabila desain ruangan terlihat lega, menarik dan nyaman pastinya membuat setiap penghuni jadi betah. Jangan ragu untuk menggunakan layanan profesional agar mendapatkan desain ruangan menarik dengan rekomendasi furniture yang tepat.

Untuk memaksimalkan tampilan ruangan, pastikan Anda menggunakan cat tembok berkualitas dengan warna sesuai selera. Yuk cek harga cat tembok di Klopmart terlebih dahulu guna membantu budgeting Anda. Butuh perlengkapan hunian lainnya? Kunjungi Klopmart sekarang juga.

Sumber rujukan:

  • https://www.acc.co.id/accone/InfoTerkini_Detail?Id=3622&title=Tips-Memilih-Furniture-Minimalis-Agar-Rumah-Lebih-Luas-dan-Cantik 

  • https://www.popmama.com/amp/life/home-and-living/sarrah-ulfah/tips-memilih-furnitur-rumah-minimalis-agar-terlihat-luas?page=all#page-2 

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya