Konstruksi

Simak 10 Tips Membangun Rumah Hemat Sederhana

Media
13 Jun 2023

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Apakah Anda ingin membangun rumah impian dengan biaya yang hemat? Ada berbagai tips bangun rumah hemat biaya. Membangun rumah idaman merupakan suatu impian bagi banyak orang karena dapat memilih desain dan biaya yang sesuai dengan keinginan. Namun beberapa diantaranya justru takut untuk memulai membangun rumah karena terkendala biaya yang mahal. 

Tentunya dalam membangun sebuah rumah tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, perlu adanya perencanaan dan biaya yang matang. Selain itu, banyak hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum proses pembangunan rumah.

Apabila saat ini Anda sedang mencari berbagai bahan bangunan ataupun perlengkapan rumahan untuk pembangunan rumah impian Anda, dapatkan diskon yang menarik untuk berbagai pilihan produk Anda hanya di Klopmart.


Lalu, Apa saja tips bangun rumah hemat biaya yang bisa diterapkan pada rencana konstruksi Anda? Simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Langkah Awal Sebelum Membangun Rumah


Membangun rumah minimalis nan sederhana bukanlah persoalan yang mudah untuk dikerjakan sendiri, terlebih bagi orang yang belum tahu bagaimana dan apa saja yang perlu disiapkan dalam membangun rumah. Oleh karena itu, berikut Klopmart bagikan langkah-langkah awal sebelum membangun rumah: 

1.  Membuat Rancangan Anggaran Biaya (RAB) Secara General 

Membuat rancangan anggaran biaya (RAB) menjadi langkah pertama pada awal sebelum melakukan proses pembangunan. Anggaran yang ada tentunya akan digunakan untuk proses pembangunan rumah. 

Perencanaan anggaran biaya ini sangat penting dalam pembangunan rumah terlebih lagi dalam pengambilan keputusan dan juga untuk mengontrol pengeluaran agar tidak melebihi biaya yang sudah ditetapkan. Meski begitu, Anda juga harus menyiapkan atau mengalokasikan dana darurat untuk pengeluaran yang tak terduga selama proses pembangunan rumah.  

2. Menentukan Tujuan dan Kebutuhan Pembangunan 

Setelah membuat rancangan anggaran Anda juga perlu menentukan tujuan dan kebutuhan pembangunan dalam langkah awal pembangunan rumah. Melalui adanya tujuan dan kebutuhan pembangunan menjadikan proses pembangunan rumah ini lebih terarah sesuai target atau impian Anda. Jangan lupa juga untuk mengidentifikasikan kebutuhan-kebutuhan yang harus terpenuhi dalam rumah tersebut seperti jumlah kamar, luas ruang tamu, halaman, ataupun taman. 

3. Mencari dan Menentukan Lokasi yang Tepat 

Sebelum membangun rumah tentunya perlu menentukan lokasi yang tepat. Usahakan untuk menentukan lokasi yang strategis atau lokasi yang tidak membutuhkan perawatan lebih seperti contoh carilah lokasi yang tidak berpotensi untuk bencana alam banjir, gempa, maupun bencana alam lainnya. 

Anda perlu memperhatikan beberapa faktor seperti aksesibilitas, keamanan, fasilitas umum, dan kebutuhan pribadi atau keluarga Anda.Selain itu, pertimbangkan juga mengenai kondisi tanah seperti kemiringan, kestabilan, dan drainase

Baca juga: 5 Perbedaan Irigasi dan Drainase yang Perlu Anda Ketahui

4. Periksa Perizinan dan Regulasi 

Perhatikan persyaratan perizinan dan regulasi yang berlaku di wilayah Anda sebelum melakukan pembangunan rumah. Hal ini menjadi sangat krusial, karena nantinya persyaratan perizinan dan regulasi tersebut digunakan untuk mendapatkan izin mendirikan bangunan (IMB) 

5. Rancang Spesifikasi dan Desain Rumah Impian 

Dalam mebangun rumah impian Anda, tentu perlu membuat rancangan spesifikasi dan desain rumah impian. Jika Anda sudah memiliki bayangan atau gambaran rumah impian, ada baiknya buat rancangan atau desain kasarnya. Hal ini agar memudahkan Anda untuk menjelaskan bagaimana rumah impian Anda kepada arsitek.

6. Konsultasikan dengan Arsitek 

Setelah sebelumnya merancang spesifikasi dan desain kasarnya, langkah berikutnya mengkonsultasikan rancangan tadi kepada ahlinya. Hal ini mencakup setiap rencana dan konsep rumah yang diinginkan kepada arsitek. Langkah ini akan membantu Anda dalam menetapkan rancangan rumah Anda dan merencanakan sesuai kebutuhan dan anggaran yang dimiliki. 

7. Konsultasikan dengan Ahli Struktur Bangunan 

Konsultasikan rancangan desain yang sudah ditetapkan bersama arsitek dengan ahli struktur bangunan. Langkah ini bertujuan agar rancangan rumah Anda sudah sesuai dengan ketentuan struktural yang aman dan dapat dipertanggungjawabkan.

8. Ajukan Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

Ajukanlah izin mendirikan bangunan (IMB) agar mengurangi risiko penyegelan rumah karena tidak memiliki izin. Anda bisa mengajukan izin ke pemerintah setempat seperti pemda, pemkab atau pemkot sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di wilayah Anda. hal-hal yang perlu disiapkan dalam pengajuan izin yakni meliputi beberapa dokumen seperti sertifikat tanah, rencana desain, dan pembayaran administrasi. 

9. Belanja Material Bangunan 

Setelah mendapatkan izin pembangunan, langkah berikutnya adalah belanja material bangunan sesuai dengan kebutuhan bangunan. Selama belanja material bangunan, jangan lupa untuk sesuaikan juga dengan anggaran yang sudah dirancang agar tidak melampaui target pembiayaan.  

10. Memilih Kontraktor

Langkah yang terakhir adalah memilih kontraktor yang cocok dan bisa membantu Anda mewujudkan desain bangunan yang diinginkan. Selama pemilihan kontraktor, jangan lupa untuk memperhatikan juga anggaran jasa yang dibutuhkan dan pastikan hal ini sudah termasuk dalam rencana anggaran. Jangan lupa juga untuk cek seluruh kesepakatan dan kontrak kerja termasuk waktu pembangunannya.

Baca juga: Apa Itu Kontraktor? Jenis dan Tips Memilihnya

10 Tips Membangun Rumah secara Bertahap dan Hemat Biaya


Banyak orang yang mungkin menganggap bahwa pembangunan rumah akan membutuhkan banyak biaya. Nyatanya, Anda juga bisa memiliki rumah impian dengan biaya yang lebih hemat. Hal ini tentu saja dibutuhkan keahlian dalam menyusun rencana anggaran dan kontrol pengeluaran selama pembangunan berlangsung. Jangan khawatir, berikut ini Klopmart akan memberikan tips bangun rumah hemat biaya untuk Anda:

1. Rencanakan dengan Teliti dan Matang

Perencanaan yang matang pastinya akan memudahkan Anda dalam membangun rumah impian. Sebab itu, sebaiknya buat daftar kebutuhan dan prioritas secara lebih rinci dan detail. Bila perlu, lakukan riset dan perbandingan terlebih dahulu untuk menemukan material, jasa arsitek, tukang, hingga kontraktor yang memiliki kualitas unggul namun tetap dengan harga yang terjangkau.

2. Pilih Lokasi yang Terjangkau 

Pemilihan lokasi pembangunan juga bisa menentukan besaran biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan. Oleh karena itu, agar dapat menghemat biaya pembangunan, Anda bisa memilih lokasi pembangunan yang cocok dan terjangkau. Namun, Jika sudah memiliki lokasi tanah milik pribadi, Anda bisa langsung saja merencanakan luas dan besar bangunan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. 

3. Sederhanakan Desain Rumah 

Selain memilih lokasi yang terjangkau, cara dalam menghemat biaya pembangunan rumah adalah dengan memakai desain rumah sederhana dan minimalis. Desain yang sederhana akan membantu proses pembangunan rumah cenderung lebih hemat. Hal ini disebabkan oleh desain pada rumah ini yang tidak begitu kompleks dan detail arsitektur yang rumit.   

Baca juga: 9 Inspirasi Desain Rumah Anti Banjir

4. Pertimbangkan Ukuran yang Tepat 

Di sisi lain, ukuran rumah juga dapat memengaruhi anggaran yang dikeluarkan untuk pembangunan. Maka dari itu, Anda bisa mempertimbangkan kembali ukuran yang pas dan sesuai dengan kebutuhan agar dapat menghemat biaya pembangunan. Ukuran yang lebih kecil tentunya akan menekan biaya pembangunan dan perawatannya. 

5. Riset Harga Material yang Terjangkau  

Pemilihan bahan material dalam pembangunan rumah juga bisa menyebabkan anggaran biaya melampaui rancangan yang sudah ditentukan. Itu sebabnya, lakukanlah survei atau riset terlebih dahulu bahan material yang terjangkau, ekonomis, dan tentunya berkualitas sehingga dapat menghemat biaya pembangunan. 

Jika memungkinkan, gunakan saja bahan bangunan lokal yang berkualitas agar lebih menghemat biaya pembangunan rumah idaman Anda.

6. Memanfaatkan Sumber Daya Lokal 

Di sisi lain, penggunaan sumber daya lokal yang ada di sekitar Anda juga dapat menghemat biaya transportasi. Manfaatkan bahan material, tenaga kerja dan peralatan lainnya dapat menghemat biaya pembangunan dan juga mendukung perekonomian lokal.

7. Lakukan Pemilihan Kontraktor yang Bijak 

Pemilihan kontraktor juga bisa membuat biaya pembangunan melebihi rancangan yang dibuat. Oleh karena itu, pilihlah kontraktor yang bijak dan sudah berpengalaman secara profesional. Hal ini bertujuan agar proses pengerjaannya bagus, rapi dan tentunya semakin efektif.

Tak hanya melihat portofolio hasil konstruksinya, Anda juga bisa meminta kontraktor untuk memberikan perkiraan biaya yang rinci untuk pembangunan rumah. Dalam hal ini, pastikan semua biaya termasuk dalam perkiraan tersebut termasuk material, tenaga kerja, dan biaya tambahan seperti perizinan atau pengujian. Kontraktor yang jujur ​​dan transparan akan membantu Anda menghindari biaya yang tidak terduga atau peningkatan biaya yang tidak masuk akal.

Baca juga: 7 Desain Rumah Knock Down beserta Kelebihannya!

8. Lakukan Pemantauan dan Kontrol Biaya Secara Teratur

Tips terakhir jika Anda memiliki waktu yang luang, lakukanlah pemantauan dan kontrol biaya secara teratur. Hal ini agar pengeluaran dalam proses pembangunan rumah tetap sesuai dengan rancangan anggaran yang telah dibuat. Jika memang terjadi perubahan, segera lakukan evaluasi dengan teliti  dan pertimbangan dampak yang terjadi terhadap keseluruhan biaya pembangunan.

9. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Identifikasi kebutuhan dan keinginan Anda dalam hal ukuran rumah, jumlah kamar tidur, ruang tamu, dapur, dan lainnya. Buat daftar prioritas untuk menentukan bagian mana yang penting dan mana yang dapat dikompromikan. Pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan jangka panjang Anda agar tidak perlu melakukan renovasi atau perluasan di masa depan yang dapat meningkatkan besaran biaya.

10. Bangun Rumah Tumbuh

Bangun rumah tumbuh adalah konsep desain rumah yang dirancang untuk mengakomodasi pertumbuhan dan perubahan kebutuhan penghuni seiring berjalannya waktu. Konsep ini dapat membantu menghemat biaya dalam jangka panjang dengan menghindari perluasan atau renovasi yang mahal di masa depan. 

Desain rumah tumbuh sendiri haruslah fleksibel dan dapat disesuaikan dengan perubahan kebutuhan penghuni. Hal ini bisa dicapai dengan menggunakan sistem struktural yang modular atau panel yang dapat ditambah atau dikurangi sesuai kebutuhan. Misalnya, ruang tambahan dapat dengan mudah ditambahkan atau diubah fungsi sesuai dengan pertumbuhan keluarga atau perubahan gaya hidup.

Itu dia beberapa tips membangun rumah yang bisa Anda terapkan pada proses pembangunan rumah agar tetap hemat tetapi sesuai dengan yang diharapkan. Anda tidak perlu ragu untuk memulai membangun rumah, karena semua dapat disesuaikan dan dirancang sedemikian rupa agar biaya yang dikeluarkan bisa lebih hemat. 

Lengkapi Kebutuhan Bahan Bangunan dan Konstruksi Rumah Impian Anda bersama Klopmart

Dalam membangun rumah, besar kecilnya biaya bangun rumah sebenarnya ditentukan oleh luas bangunan dan tingkat kerumitan desain bangunan yang Anda inginkan. Sebab itu, sesuaikan model rumah dengan preferensi yang cocok dan budget yang tersedia agar pengeluaran tidak membengkak tetapi desain rumah tetap sesuai dengan keinginan. 

Mencari tempat jual kebutuhan konstruksi yang tepercaya? Klopmart bisa jadi solusi yang tepat untuk Anda. Bukan hanya menawarkan material dari kualitas terbaik dengan berbagai macam pilihan, tetapi Klopmart juga memberikan harga yang terjangkau pada setiap bahan bangunan. 

Menariknya, Anda berkesempatan mendapatkan harga distributor untuk berbagai pilihan produk Anda ketika membeli di Klopmart.

Bahkan, Anda juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan gratis ongkir dan berbagai promo menarik lainnya. Bagi para kontraktor, Klopmart memberikan harga spesial pada pembelian bahan bangunan dalam jumlah banyak.

Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi Klopmart sekarang juga dan penuhi kebutuhan material untuk proyek konstruksi Anda sekarang juga!

Sumber rujukan:

  • https://japdesain.com/blog/langkah-awal-membangun-rumah/

  • https://www.idntimes.com/life/inspiration/ratna-ramadhani/persiapan-sebelum-membangun-rumah-c1c2?page=all

  • https://transrumah.com/tahapan-membangun-rumah/

  • https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/07/151400276/8-cara-mudah-menghemat-pengeluaran-saat-membangun-rumah

  • https://artikel.rumah123.com/8-cara-murah-bangun-rumah-sendiri-cari-tahu-agar-tetap-hemat-40134

  • https://www.cekpremi.com/blog/tips-membangun-rumah-hemat-biaya/

  • https://www.rumah.com/panduan-properti/biaya-bangun-rumah-per-meter-57394

  • https://swara.tunaiku.com/bangun-rumah-hemat-biaya/ 

  • https://www.rumah.com/panduan-properti/biaya-bangun-rumah-bisa-hemat-banget-ini-rahasianya-16927

  • https://www.hipwee.com/sukses/bangun-rumah-bertahap/

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya