Tips & Trik

TIPS AGAR MESIN CUCI ANDA AWET

Media
00 0000

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Table Of Contents

    Mesin cuci adalah perangkat elektrik yang akrab bagi kita, khususnya jika kita tinggal di perkotaan. Saat ini jika mesin cuci tiba-tiba ngadat, maka kita akan pusing tujuh keliling dibuatnya. Cucian kita akan menumpuk karena waktu kita yang terbatas antar waktu kerja di kantor dan waktu kerja melakukan tugas rumah tangga. Apalagi jika anggota keluarga atau penghuni rumahnya banyak… semakin banyaklah pakaian yang harus dicuci!

    Untungnya, seiring perkembangan zaman, teknologi yang semakin canggih membuat pencucian baju dengan mesin menjadi semakin cepat dan praktis!

     

    Tetapi ada hal-hal dan kebiasaan yang perlu kita lakukan untuk menjaga agar mesin cuci kita awet dan panjang usia pakainya, seberapa pun canggihnya mesin cuci tersebut.

     

    Berikut tips-tips tersebut:

    Bacalah buku manual petunjuk penggunaan!

    Ini adalah kebiasaan baik yang perlu ditanamkan dalam diri kita. Dengan membaca buku manual, kita akan mengerti cara kerja dan cara pengoperasian mesin cuci tersebut dengan seharusnya.

     

    Tempatkan mesin cuci dengan baik.

    Kadang kita tidak sadar bahwa lokasi penempatan mesin cuci juga berpengaruh dengan usia pakainya. Usahakan lokasi penempatan mesin cuci Anda pada area yang rata dan datar, kering, dan tidak terpapar sinar matahari langsung. Usahakan juga memberi jarak antara mesin cuci dengan dinding ataupun benda lainnya. Getaran mesin cuci akan menyebabkan gesekan antara mesin cuci dengan benda yang menempel padanya dan akan merusak body luar mesin cuci Anda.

     

    Pastikan mesin cuci tidak overload!

    Hampir semua dari pengguna mesin cuci pernah memasukkan begitu banyak pakaian kotor ke dalam mesin cuci. Hal ini akan membebani motor listrik. Jika beban lebih ini dilakukan terus menerus, motor listrik akan rusak. Pakaian Anda juga akan cepat rusak karena tersangkut dan saling terbelit. Bacalah buku manual untuk mengetahui kapasitas maksimal mesin cuci Anda! Usahakan agar beban pakaiannya di bawah kapasitas maksimalnya.

     

    Kosongkan kantung pakaian Anda kosong!

    Pastikan untuk mengosongkan saku dan kantung pada pakaian Anda. Benda-benda kecil yang terbawa, seperti koin, bolpen, korek api, bahkan kertas akan berpotensi menyumbat saluran buang mesin cuci. Hal ini dapat merusak sistem pembuangan dan silinder mesin cuci Anda.

     

    Baliklah pakaian kotor Anda!

    Sebelum dimasukkan ke dalam mesin cuci, usahakan untuk membalik pakaian Anda. Sisi dalalm pakaian dibalik hingga berada di luar. Hal ini supaya kancing-kancing pakaian, ritsleting, dan ornamen pakaian lainnya tidak akan tersangkut dan menggores permukaan dalam silinder mesin cuci. Dengan demikian pakaian Anda juga awet begitu juga mesin cuci Anda!

     

    Hindari pakaian yang sangat kotor!

    Pakaian yang sangat kotor akan mengotori dan akan menimbulkan kerak pada mesin cuci Anda. Kotoran tersebut juga akan menyumbat saluran pembuangan mesin cuci Anda selain mengotori pakaian Anda yang lain. Pisahkan pakaian yang sangat kotor tersebut kemudian rendam dan cucilah dulu secara terpisah dengan tangan. Baru setelah itu dicuci sekali lagi dengan mesin cuci.

     

    Gunakan kantung cucian (laundry bag)!

    Pisahkan pakaian-pakaian untuk bepergian dan pakaian yang memiliki ornamen-ornamen. Kemudian  masukkan ke dalam kantung cucian. Barulah kemudian dimasukkan ke dalam mesin cuci, sehingga tidak rusak karena tersangkut atau terbelit pakaian lain. Hal ini untuk menjaga keawetan pakaian dan juga mesin cuci Anda.

     

    Gunakan sabun deterjen khusus mesin cuci!

    Selalu gunakan deterjen yang sesuai dengan jenis mesin cuci Anda. Jangan lupa untuk menggunakan deterjen sesuai takaran. Hal ini agar tidak terjadi kerak sabun dan sumbatan pada saluran pembuangan mesin cuci Anda. Jumlah takaran deterjen cuci ini dapat And abaca pada buku manual atau pada label kemasan sabun deterjen tersebut.

     

    Selalu gunakan setting moda mencuci sesuai jenis pakaian Anda!

    Kadang kita lupa bahwa seprei tempat tidur, celana jeans, dan jaket itu lebih berat bobotnya saat basah dibandingkan dengan pakaian lain. Pastikan memilih setting moda mencuci yang sesuai. Hal ini agar motor listrik mesin cuci Anda dapat lebih awet.

     

    Setelah selesai, bersihkan mesin cuci Anda!

    Kantung kain lint filter dan filter lainnya perlu dibersihkan. Serat-serat kain akan menggumpal sehingga merusak kain filter dan menyumbat saluran dan pipa pembuangan mesin cuci. Tutupi mesin cuci Anda dengan kain atau penutup khusus.

     

    Kebiasaan-kebiasaan ini perlu dilakukan secara sengaja dan diulang setiap kali Anda menggunakan mesin cuci. Lama kelamaan Anda akan melakukannya secara reflex tanpa disuruh lagi.

    Selamat menanamkan kebiasaan baru dalam mencuci pakaian!

    Inspirasi Lainnya

    8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

    Alat Safety

    8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

    Selengkapnya
    8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

    Alat Safety

    8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

    Selengkapnya
    7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

    Cat dan Kimia

    7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

    Selengkapnya