12 Model Teras Samping Rumah yang Cantik

Apakah Anda berencana membangun teras samping rumah dalam waktu dekat? Tentukan dahulu model dan desain yang ingin dibangun supaya hasilnya sesuai ekspektasi Anda. Teras samping cenderung memiliki model yang tidak sama seperti teras depan atau belakang. Anda pun dapat memanfaatkan area yang sempit di samping rumah untuk membangun teras.

Lahan sempit bukan alasan untuk tidak memiliki teras di rumah. Anda tetap membutuhkan teras sebagai tempat bertamu dan bersantai yang menyenangkan. Teras dapat meningkatkan keindahan rumah dengan tambahan tanaman dan elemen dekoratif yang memberikan kesan alami. Alasan tersebut tentunya membuat Anda tertarik membangun teras di rumah, bukan?

Anda cukup membangun teras di area samping rumah apabila tidak memiliki lahan kosong di area depan atau belakangnya. Pertanyaannya, bagaimana model teras yang bisa diterapkan pada area samping rumah? Simak artikel ini sampai selesai untuk melihat pilihan modelnya!

Ragam Inspirasi Model Teras Samping Rumah yang Cantik

Ada banyak model teras samping yang bisa disontek sebagai inspirasi Anda. Lihat galeri di bawah ini untuk melihat berbagai model yang dapat diterapkan pada area samping rumah.

1. Kolam Ikan

Anda senang memelihara ikan hias di rumah? Cobalah membangun kolam ikan di area teras samping. Area kolamnya cukup dibangun memanjang mengikuti lebar teras sehingga tidak akan memakan banyak tempat di rumah. Pilihlah material kayu untuk melapisi lantainya untuk menambah kesan alami pada teras samping.

2. Lantai Kaca

Lantai kaca bisa menjadi pilihan untuk membangun teras samping yang unik. Pasanglah susunan besi galvanis yang dicat putih di bawah kacanya untuk memberikan kesan estetik. Susunan besinya pun bisa digunakan untuk membangun atap dan dindingnya sehingga memberikan kesan kontemporer. Tidak hanya terlihat unik, teras samping pun terkesan luas dengan tambahan kaca pada bagian lantainya.

3. Model Oriental

Teras berkonsep oriental juga cocok untuk Anda yang menyukai desain rumah ala Jepang. Modelnya pun cukup minimalis dan tidak memerlukan banyak furnitur untuk menghiasnya. Anda hanya perlu menambahkan karpet dan sofa atau kursi santai di terasnya agar lebih nyaman saat disinggahi. Gunakan pintu kaca untuk membatasi area interior dan teras supaya Anda bisa melihat pemandangan di luar meski cuaca sedang tidak bersahabat.

Baca juga: 20 Model Teras Rumah Minimalis Kekinian yang Menarik

4. Area Berkebun

Model teras ini bisa menjadi pilihan untuk Anda sang kolektor tanaman hias. Manfaatkan area teras yang kosong sebagai pajangan koleksi tanaman hias kesayangan Anda. Gunakan rak kayu agar koleksi tanaman terlihat lebih rapi dan tertata. Apabila terasnya kurang luas, Anda bisa menggantung potnya untuk memaksimalkan area ini.

5. Ruang Makan Eksterior

Teras pun bisa menjadi tempat memasak dan menyantap makanan bersama keluarga pada malam hari. Konsep terasnya sederhana, Anda hanya perlu menata kursi dan meja makan menjadi tempat yang nyaman. Tambahkan pula alat pemanggang barbekyu atau meja dapur supaya Anda tidak perlu bolak-balik saat ingin mengambil makanan. Bagian lantainya bisa dihias dengan keramik bercorak sehingga lebih menarik saat dipandang.

6. Area Bermain Anak

Si Kecil akan merasa betah di rumah apabila Anda menyediakan area bermain di terasnya. Peralatan bermainnya tidak perlu banyak, cukup tambahkan ayunan, kolam pasir, atau perosotan mini dan mereka pasti akan senang bermain di area tersebut. Tanamlah rerumputan sebagai penutup tanah supaya Si Kecil tetap aman dan tidak terluka selama bermain.

7. Teras Samping Model Elegan

Untuk rumah yang lebih besar, Anda bisa menambahkan pilar sebagai dekorasi terasnya. Gunakan batu alam jenis marmer putih atau hitam untuk melapisi dindingnya agar menghasilkan kesan yang lebih mewah. Selain pilar, Anda pun dapat menambahkan patung di kedua sisinya sehingga rumah terkesan lebih eksklusif. Pilihlah desain teralis pada daun pintunya supaya lebih sepadan dengan tampilan terasnya.

Baca juga: 8 Model Plafon Teras Luar yang Menarik untuk Rumah Anda

8. Model Serba Kayu ala Pedesaan

Kayu selalu menjadi material yang tidak pernah lekang oleh waktu. Gunakan kayu untuk membangun dek di bagian teras samping untuk menghadirkan kesan klasik. Tambahkan pot bunga berukuran sedang dan besar serta sofa berbantal empuk dengan warna yang senada. Anda pun dapat memasang pagar yang mengelilingi terasnya dari material kombinasi logam dan kayu.

9. Model Teras Rooftop

Rooftop pada rumah bertingkat juga bisa disulap menjadi teras sehingga fungsinya lebih maksimal. Pajanglah ornamen dinding untuk menghias dinding supaya tampilannya lebih meriah dan berkelas. Namun, Anda perlu menentukan dahulu palet warna yang ingin diterapkan pada ornamennya supaya lebih serasi dan tidak saling bertabrakan. Tambahkan juga sofa dengan warna yang senada sebagai area bercengkerama bersama keluarga.

10. Teras Berkanopi

Teras samping rumah pun masih bisa dibangun dengan memasang kanopi di areanya. Hanya saja, Anda bisa membangun kanopi bergaya minimalis sehingga tidak memakan terlalu banyak ruang di teras. Anda pun dapat memanfaatkan pohon besar di area teras sebagai alternatif kanopi sehingga tidak perlu menebangnya. Lagi pula, Anda justru akan merasa lebih sejuk ketika bersantai di bawah pohon besar.

11. Jalan Setapak

Jalan setapak akan meningkatkan segi estetika sekaligus meningkatkan fungsi teras samping. Pilihlah material batu alam atau kayu untuk membuat jalan setapaknya agar terlihat lebih natural. Batu kerikil pun bisa ditambahkan di samping jalan setapak untuk meningkatkan nuansa alaminya. Di ujung terasnya, Anda bisa membangun dek sebagai ruang makan atau berkumpul bersama keluarga.

12. Area Olahraga di Teras

Anda lebih senang berolahraga di rumah daripada berkunjung di gym? Manfaatkan saja teras untuk membangun area olahraga yang nyaman. Cukup tanam rumput untuk menutupi tanahnya dan Anda sudah bisa menggelar matras untuk berolahraga di teras. Anda dapat membangun rak untuk menyimpan peralatan olahraga di rumah. Berolahraga di teras pun akan lebih menyegarkan karena Anda bisa merasakan udara segar sambil membentuk tubuh.

Sudahkah Anda menentukan model teras samping rumah setelah melihat pilihan di atas? Jika sudah, maka Anda bisa memulai proses pembangunan teras samping. Tentunya Anda perlu mempersiapkan material bangunan berkualitas agar bisa membangun teras yang cantik dan lebih tahan lama.

Kini, Anda bisa mendapatkan material bangunan dengan mudah hanya di Klopmart. Kami menyediakan layanan jual kebutuhan untuk atap, dinding, dan lantai teras samping rumah Anda. Produk andalan kami adalah Dulux Weathershield Powerfield, cat dinding yang mampu memberikan proteksi berlebih dari serangan lumut dan jamur. Warnanya tidak akan pudar sehingga teras rumah Anda tetap terlihat indah meski sering terkena paparan sinar matahari.

Langsung hubungi kami sekarang dan dapatkan seluruh kebutuhan pembangunan teras rumah Anda. Kami akan langsung mengirimkan produknya tanpa tambahan ongkos kirim untuk pengiriman di wilayah Jabodetabek. Wujudkan impian memiliki teras samping rumah idaman Anda hanya dengan bahan bangunan terbaik dari Klopmart!

Sumber:


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
01 Nov 2022

Related Article