Tanda-tanda Korsleting Listrik yang Harus Anda Waspadai

Akan sangat baik jika Anda bisa mengenali berbagai tanda-tanda korsleting listrik. Karena hal yang satu ini bisa menyelamatkan diri Anda dan juga harta benda. Korsleting listrik bukanlah hal yang bisa dianggap remeh begitu saja. Masalah yang satu ini sering menjadi penyebab dari kebakaran yang bisa sangat merugikan. Kali ini kita akan coba mengenali berbagai tanda terjadinya korsleting listrik yang harus diwaspadai.

Pengertian Korsleting Listrik

Pengertian Korsleting Listrik

Sebelum ke pembahasan tanda-tanda korsleting listrik di rumah ada baiknya Anda tahu pengertiannya. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Korsleting listrik adalah adalah kondisi yang tidak wajar yang terjadi pada sebuah rangkaian listrik. Salah satu penyebab korsleting listrik terjadi karena adanya arus listrik yang tidak mengalir pada kabel listrik yang sudah ditentukan jalurnya, melainkan arus listrik yang mengalir pada jalur yang berbeda dan lebih singkat.

Baca juga: Ukuran Kabel Instalasi Listrik Rumah Standar PLN

5 Tanda-tanda Penyebab Korsleting Listrik

Penyebab Korsleting Listrik

Listrik mengalir dalam suatu rangkaian. Arus pendek atau korsleting terjadi ketika aliran energi bergerak di luar aliran yang dimaksudkan. Apa pun penyebab gangguan ini, Anda harus segera mengatasinya. Jika tidak, hal ini bisa berbahaya bagi Anda dan alat atau peralatan serta breaker listrik Anda. Dapat juga menyebabkan kebakaran. Beberapa penyebab korsleting listrik adalah sebagai berikut ini.

1. Isolasi Kawat Sirkuit Rusak

Jika insulasi rusak atau sudah tua, hal ini bisa menyebabkan kabel panas bersentuhan dengan netral, menyebabkan korsleting. Umur kawat, paku atau sekrup dapat merusak isolasi. Terdapat juga risiko dimana ada hama yang bisa menggerogoti insulasi dan mengekspos konduktor kawat.

2. Koneksi Kabel Longgar

Jika ada sambungan kabel listrik yang longgar, ini akan memungkinkan kabel yang sedang mengalirkan listrik dan netral bersentuhan. Jika Anda melihat sambungan kabel yang salah, jangan mencoba memperbaikinya sendiri. Alangkah lebih baik untuk segera hubungi profesional.

3. Kondisi Kabel Peralatan yang Rusak

Jika Anda menyambungkan alat ke stop kontak listrik dinding, kabel akan menjadi perpanjangan sirkuit. Oleh karena itu, jika ada masalah pada kabel alat tersebut, maka tentu saja akan menjadi masalah sirkuit. Korsleting dapat terjadi di kabel daya, steker, atau di dalam alat. Pastikan untuk mendapatkan perlindungan sirkuit pendek untuk semua peralatan elektronik yang ada di rumah Anda.

4. Sambungan Kabel Listrik yang Berantakan

Penyebab selanjutnya yang dapat mengakibatkan korsleting listrik adalah karena sambungan kabel listrik yang berantakan. Kabel listrik yang tidak rapi akan berpotensi untuk mengait satu sama lain dan jika itu terjadi maka dapat menyebabkan arus listrik menjadi tidak terkendali dan dapat terbakar.

5. Sekring yang Tidak Stabil

Salah satu penyebab korsleting listrik adalah karena adanya sekring listrik yang tidak stabil. Kejadian ini disebabkan karena adanya ketidak stabilan arus listrik saat akan memakai barang elektronik berkali-kali di rumah Anda. Jika tidak dibenahkan maka lama kelamaan akan menyebabkan mati listrik pada rumah.

Baca juga: Rekomendasi Merk Kabel Listrik Terbaik

Jenis-Jenis Korsleting Listrik

Berikut ini adalah berbagai jenis korsleting listrik yang bisa terjadi pada Anda.

1. Korsleting Normal

Hal ini bisa terjadi ketika kabel listrik yang membawa arus, bersentuhan dengan kabel netral. Ketika hal ini terjadi, resistansi akan turun secara instan dan arus dalam jumlah besar akan mengalir melalui jalur yang tidak terduga.

2. Korsleting Ground Fault

Hal ini akan terjadi di saat kabel yang membawa arus bersentuhan dengan bagian sistem yang berada di tanah. Ini bisa berupa kotak dinding logam yang ditanam, kabel dalam tanah yang telanjang, atau bagian peralatan yang ditanam.

Selalu Perhatikan Stop Kontak & Peralatan Anda

Setiap outlet memiliki jaringan kabel yang terhubung dengannya. Jika ada kabel yang rusak, koneksi longgar atau jika stop kontak berusia lebih dari 15-25 tahun, ini dapat menyebabkan korsleting. Perhatikan tanda-tanda yang mungkin menunjukkan outlet yang rusak, yang meliputi:

  • Bekas luka bakar di outlet atau bau kabel terbakar
  • Bunga api keluar dari stop kontak
  • Suara berdengung dari stop kontak

Periksa juga peralatan yang terhubung dengan listrik beserta kabelnya. Kabel alat yang rusak dapat menyebabkan korsleting. Perbaiki peralatan listrik tersebut atau ganti semuanya. Hubungi pihak profesional bersertifikat dan lakukan pemeriksaan setidaknya sekali setahun. Mereka dapat mengidentifikasi masalah kritis dan menyelesaikannya sebelum menjadi berbahaya nantinya.

Kesimpulan

Nah, Itulah beberapa informasi mengenai pengertian, tanda-tanda, dan jenis-jenis korsleting listrik yang harus bisa Anda waspadai. Untuk bisa menjaga agar hal ini tidak terjadi, gunakan kabel berkualitas. Cek harga kabel listrik 1 roll di Klopmart sekarang juga.

Sumber artikel:

  • https://berita.99.co/cara-mencegah-korsleting-listrik/#:~:text=Penyebab%20korsleting%20listrik%20yang%20paling,kecil%2C%20seperti%20cicak%20atau%20tikus.
  • https://www.s-gala.com/blog-post/konsleting-listrik

Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
07 Jun 2021

Related Article