5 Cara Mengatasi Tembok Retak dengan Mudah & Cepat Agar Hasilnya Maksimal

Melakukan tambal tembok retak di rumah sebenarnya gampang saja. Ya, Anda tidak perlu memanggil tukang bangunan untuk membereskan masalah ini. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan asalkan Anda mengetahui kiat-kiat terbaiknya.

Penasaran bagaimana mengatasi masalah tembok retak di rumah? Simak penjelasan selengkapnya bersama Klopmart di bawah ini.

Penyebab Tembok Mengalami Keretakan


Sebelum membahas cara mengatasi tembok retak, Anda perlu memahami apa saja faktor-faktor yang menyababkan tembok rumah Anda menjadi retak.

Berikut adalah 7 poin yang menjelaskan penyebab umum terjadinya retakan pada tembok:

1. Gaya Struktural dan Beban Berlebih

Beban berlebih yang diterapkan pada tembok, baik karena beban struktural atau beban tambahan seperti rak buku yang terlalu berat, dapat memicu terjadinya retakan akibat tekanan yang berlebihan.


2. Perubahan Temperatur dan Kelembapan

Fluktuasi suhu dan kelembapan yang ekstrem dapat menyebabkan ekspansi dan kontraksi pada material konstruksi, terutama bahan seperti beton, yang akhirnya menyebabkan retakan.

Baca juga: Cara Mengatasi Tembok Lembap dan Berair dengan Tepat

3. Pemuaian Material

Material konstruksi seperti kayu memiliki sifat pemuaian dan penyusutan terkait perubahan kelembaban. Jika tidak dikelola dengan baik, perubahan ini bisa menyebabkan retakan pada plesteran atau cat dinding.

4. Pengendapan Tanah dan Pergerakan Geologi

Faktor lain yang dapat menyebabkan keretakan pada tembok rumah Anda yaitu aktivitas geologis seperti gempa bumi atau pergerakan tanah alami. Aktivitas tersebut bisa menyebabkan gaya dan tekanan yang cukup besar pada tembok, sehingga dapat mengakibatkan retakan pada tembok.

5. Kualitas Material dan Konstruksi

Penggunaan bahan konstruksi yang buruk kualitasnya atau kesalahan dalam proses konstruksi dapat menyebabkan struktur tembok menjadi lemah dan rentan terhadap keretakan.

6. Penggunaan Bahan yang Berbeda

Penggunaan bahan dengan spesifikasi berbeda dalam konstruksi bangunan, seperti pertemuan antara beton dengan bata, bata dengan kayu, atau pipa listrik dengan pipa air tanam pada dinding, dapat memicu risiko terjadinya retakan. Perbedaan karakteristik termal, elastisitas, penyerapan air, dan perilaku struktural antara bahan-bahan tersebut dapat menghasilkan tekanan yang tidak merata, mengakibatkan keretakan pada dinding.

Pemilihan bahan yang sesuai, perencanaan yang matang, dan penggunaan material pemisah yang tepat sangat penting untuk menghindari masalah retakan yang disebabkan oleh kombinasi bahan berbeda dalam konstruksi bangunan.

7. Perubahan Lingkungan

Faktor lingkungan seperti aliran air yang merembes masuk ke dalam tembok, kelembaban yang tinggi, atau paparan sinar ultraviolet dari matahari juga dapat merusak material konstruksi dan menyebabkan retakan.

Bagaimana Cara Mengatasi Tembok Retak dengan Mudah?


Total ada lima langkah dalam proses tambal tembok retak di rumah Anda. Masing-masing langkah harus dilakukan dengan optimal agar hasilnya pun maksimal.

1. Bersihkan Tembok Terlebih Dulu

Sebelum Anda memulai proses menambal tembok retak, sebaiknya bersihkan terlebih dulu. Mengapa harus dibersihkan? Alasan utamanya adalah menghindari kotoran dan debu yang masih menempel. Tentu saja keberadaan kotoran itu bisa menghambat proses penambalan.

Kalau retak rambut sudah muncul, membersihkan permukaan dengan cermat sangat penting untuk memastikan bahan tambal menempel dengan baik.

Anda bisa menggunakan lap kain basah untuk membersihkan permukaan tembok. Pastikan tembok sudah bersih dari segala bentuk kotoran.

2. Poles Tembok dengan Amplas

Jika tembok telah dibersihkan, selanjutnya Anda bisa mengambil amplas kasar yang telah dibeli. Lakukan pengamplasan tembok hingga acian terlihat. Cara ini perlu dilakukan agar proses penambalan berjalan lancar tanpa perlu merusak cat tembok tersebut.

Ketika acian tembok telah terlihat, Anda dapat membersihkannya kembali dengan lap basah. Sudah pasti dalam proses penggunaan amplas akan menimbulkan debu dan kotoran lainnya. Itulah mengapa perlu dibersihkan lagi. Selain itu langkah ini juga berguna dalam menjaga kondisi tembok tetap lembab.

Baca juga: Cara Mengamplas Tembok dengan Cepat

3. Isi Retakan di Tembok dengan Wall Filler

Untuk mengisi retakan tembok, Anda bisa menggunakan semen khusus bernama wall filler. Oleskan semen ini di atas retakan karena akan otomatis mengisi retakan dengan maksimal. Biarkan semen ini mengering untuk selanjutnya maju ke langkah berikutnya.

Jika anda belum memahami apa itu wall filler, mungkin anda juga membutuhkan informasi tentang 7 Jenis Cat Tembok Beserta Kegunaannya.

Baca juga: Cara Memperbaiki Dinding Retak Struktur dan Penyebabnya

4. Oleskan Tembok dengan Cat Plamir

Sekarang waktunya Anda menggunakan cat plamir untuk semakin menghilangkan retakan di tembok. Salah satu produk cat plamir yang dapat Anda gunakan adalah APLUS Cornice Adhesive. Anda hanya perlu mencampurkan cat plamir dengan kualitas terbaik ini dengan air bersih secukupnya saja. 

Baca juga: 5 Cara Mengaci Tembok Rumah Sendiri dengan Mudah

Diamkan selama 1-2 menit lalu aduk merata hingga terlihat mengental. Sebaiknya jangan melakukan pengadukan dalam jangka waktu terlalu lama karena dapat mempercepat pengeringan. 

APLUS Cornice Adhesive yang telah tercampur dapat langsung Anda oleskan di atas tembok yang retak. Material ini secara otomatis akan menghilangkan retakan di tembok dan mengering dengan sendirinya. Anda sebaiknya perhatikan baik-baik langkah ini agar proses pengeringan cat plamir berjalan lancar. Selain itu, cat plamir berfungsi untuk meratakan dinding dan menjadi dasar dari tembok sebelum diberikan cat warna lagi. Tahapan ini penting agar memastikan lapisan penutup tembok sudah kuat dan tidak akan retak lagi.


5. Kembali Berikan Cat Warna di Tembok

Tembok retak yang telah diperbaiki pasti memiliki warna berbeda dengan bagian sekitarnya. Untuk kembali mempercantik bagian ini, Anda dapat melapisinya dengan cat warna. Berikan cat warna sesuai dengan bagian sekitarnya agar kondisinya kembali normal seperti sedia kala.

Mudah, bukan? Itulah beberapa langkah untuk menambal tembok retak di rumah Anda. Untuk semakin merasakan kemudahan dalam proses perbaikan, Anda jangan ragu untuk membeli beberapa produk yang dibutuhkan di Klopmart.

Di sini terdapat berbagai bahan dan produk konstruksi material bangunan terlengkap, termasuk APLUS Cornice Adhesive. Dengan informasi langkah tambal tembok retak, cek Klopmart yang jual Compound A Plus dengan harga terbaik sekarang juga. 

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya