Saniter

Takut dengan Kucing? Ini 5 Cara Mudah Mengusir Kucing

Kehadiran kucing liar atau tidak diundang terkadang membuat seseorang yang takut kucing menjadi merasa terganggu. Mereka dapat suatu saat mencuri makanan, buang air sembarangan, hingga mengeluarkan suara-suara yang mengganggu ketenangan orang-orang di rumah.

Meski terlihat menggemaskan, kucing memiliki cakar yang bisa melukai seseorang saat sedang merasa terancam. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengusir kucing tanpa menyakitinya. Ini lima cara mengusir kucing yang bisa Anda lakukan.

Cara Mengusir Kucing Liar

1. Hilangkan Sampah Makanan

Ada banyak hal disukai kucing, salah satunya adalah bau makanan. Makanan, baik yang masih utuh atau sudah menjadi sampah, akan mengundang kucing. Keberadaan kucing liar akan semakin menjadi-jadi apabila Anda memiliki tempat sampah terbuka.

Untuk mencegah kucing liar mengacak-ngacak tempat sampah Anda untuk mencari makanan, ada baiknya Anda rutin untuk segera memindahkan sampah makanan ke tempat pembuangan akhir, atau Anda juga bisa menggunakan plastik atau kardus yang ditutup erat agar kucing liar tidak dapat mengacak-ngacak sampah makanan.

2. Gunakan Aroma atau Bau Yang Tidak Disukai Kucing

Kucing memilii indera penciuman yang tajam. Seperti contoh sebelumnya, bau-bau makanan, baik yang utuh atau sudah berupa sampah, dapat menarik keberadaan kucing.

Indera penciuman yang tajam ini ternyata juga dapat menjadi senjata mengusir kucing. Anda dapat menggunakan aroma atau bau yang menyengat sebagai pengusir kucing. Semisal, Anda bisa menggunakan bau menthol untuk mengusir kucing.

Anda juga bisa menanam tanaman cabai di dekat rumah. Atau, Anda juga bisa meletakkan lemon di dekat pintu masuk rumah untuk mencegah kucing liar masuk ke dalam rumah. Beberapa aroma atau bau yang disebutkan mungkin bisa menjadi hal yang menyegarkan bagi sebagian orang. Terakhir, Anda juga dapat menanam bunga lavender. Kucing sangat tidak menyukai aroma dari lavender.

Baca juga: 5 Cara Membasmi Kutu Kucing yang Mudah Dilakukan

3. Menyemprotkan Air

Sudah menjadi rahasia umum kalau kucing membenci air. Mengapa demikian? Karena kucing ingin selalu menjaga kelembaban dari bulu-bulunya. Bulu atau tubuh yang basah akan membuat seekor kucing akan sulit untuk membersihkan bulu-bulunya.

Agar cara ini lebih efektif, Anda dapat menyediakan sebuah botol semprotan yang berisi air. Anda tinggal mengambil semprotan air ini ketimbang harus mengambilnya dari kamar mandi atau dapur.

Ketika mengusir kucing dengan air, pastikan untuk tidak langsung menyemprotkannya kepada si kucing. Hal tersebut dapat membahayakan keberadaan si kucing. Semprotkan botol berisi air ke tempat sekitar si kucing berada. Anda bisa sekaligus menuntunnya hingga keluar dari rumah.

4. Bersihkan Jejak Kucing

Cara mengusir kucing satu ini mungkin tidak pernah terbesit di benak Anda. Mengapa harus membersihkan jejak kucing? Kucing liar biasanya menggunakan jejak dirinya untuk mengunjungi kembali rumah Anda. Hal ini karena kucing liar akan berpikir kalau dia pernah berada di tempat Anda ketika melihat dan menelusuri lagi jejak kaki mereka. Oleh karena itu, membersihkan jejak kucing adalah salah satu cara mengusir kucing liar yang cukup efektif.

Tetapi, mengusir kucing liar dengan membersihkan jejak kaki mereka tidaklah cukup. Anda sebisa mungkin harus memberikan pengharum ketika membersihkannya. Hal ini akan membuat cara mengusir kucing ini lebih efektif. Karena, kucing memiliki penciuman yang tajam. Dengan meggunakan pengharum, Anda dapat menutup jejak kaki mereka dan membuat mereka sulit untuk kembali ke rumah Anda.

5. Tutup Celah Sempit

Kucing adalah hewan bertulang lentur. Artinya, ia mampu menyesuaikan tubuhnya saat masuk ke lubang-lubang bangunan, termasuk rumah. Sebelum memasuki lubang tertentu, kucing akan mengukur lubang tersebut, apakah memiliki lebar yang sama dengan kumisnya. Dengan begitu, kucing akan dengan mudah memasuki beberapa lubang atau celah tertentu di rumah Anda.

Periksa rumah Anda, apakah ada celah yang menghubungkan antar ruangan, atau menghubungkan teras dengan ruang tamu. Jika ada celah lubang, segera tutup lubang itu dengan benda-benda keras agar kucing tidak bisa memasukinya. Cara mengusir kucing yang satu ini membutuhkan ketelitian, karena Anda harus memeriksa setiap sudut di rumah.

Anda bisa menggunakan medium kayu atau kawat untuk menutup celah tersebut. Pastikan medium yang digunakan benar-benar kuat, karena kucing memiliki cakar untuk merobek apapun di depannya. Jangan lupa juga untuk mengecek halaman belakang dan sambungan atap dengan plafon di rumah Anda.

6. Bunyikan Sapu Lidi

Cara satu ini mungkin merupakan salah satu cara mengusir kucing yang paling simpel. Suara lidi yang dibenturkan pada tembok atau permukaan keras lainnya dapat menjadi pengusir kucing yang ampuh. Hal ini karena biasanya kucing akan merasa ketakutan ketika mendengar suara tersebut.

Itulah dia beberapa cara mengusir kucing yang dapat kamu coba. Meskipun Anda tidak menginginkan kehadirannya, satu hal yang perlu diingat adalah jangan pernah menyakiti kucing. Anda bisa mengusirnya tanpa perlu menyakitinya.

Cara-cara di atas adalah cara mengusir kucing yang efektif tanpa perlu terlibat kontak langsung dengannya. Sebagai makhluk hidup, seseorang tidak pantas untuk menyakiti makhluk hidup lainnya, termasuk kucing.

Media
Admin Klopmart
29 Sep 2021
Inspirasi Lainnya
Mengetahui Apa itu Abutment Jembatan dan Jenis-Jenisnya

Konstruksi

Mengetahui Apa itu Abutment Jembatan dan Jenis-Jenisnya

Selengkapnya
4 Jenis Teknologi Konstruksi dan Perkembangannya

Konstruksi

4 Jenis Teknologi Konstruksi dan Perkembangannya

Selengkapnya
12 Jenis-Jenis Proyek Konstruksi Disertai Contoh!

Konstruksi

12 Jenis-Jenis Proyek Konstruksi Disertai Contoh!

Selengkapnya