4 Cara Menghitung Harga Pagar Besi per Meter dengan Mudah dan Benar

Apakah Anda sudah tahu cara menghitung harga pagar besi per meter? Hal ini wajib Anda ketahui jika ingin menggunakan pagar besi untuk hunian Anda. Pagar besi masih sering menjadi pilihan banyak orang karena keamanan yang diberikan. Tampilan pagar besi juga masih menarik dan bisa dikreasikan sesuai dengan keinginan Anda. Maka tidak heran jika jasa pembuatan dan pemasangan pagar besi masih mudah dicari saat ini.

Sama halnya ketika ingin merenovasi bagian rumah lainnya, penghitungan biaya menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Termasuk juga harga pagar besi per meter ini. Kali ini kami akan memberitahu Anda mengenai cara menghitung hal ini dengan mudah, sehingga Anda tidak perlu pusing lagi. Yuk mari kita mulai.

Termasuk juga harga pagar besi per meter ini. Kali ini kami akan memberitahu Anda mengenai cara menghitung hal ini dengan mudah, sehingga Anda tidak perlu pusing lagi. Yuk mari kita mulai.

Cara Menghitung Harga Pagar Besi per Meter

Mengetahui biaya yang dibutuhkan untuk membuat pagar besi dengan tepat akan mempermudah Anda dalam proses pembangunan nantinya. Anda juga akan mendapatkan perkiraan harga yang bisa dijadikan bahan untuk dijadikan diskusi dengan penyedia jasa. Umumnya biaya yang dibutuhkan adalah Rp.350.000 – 800.000 /m2 tergantung dari kualitas bahan yang digunakan serta kerumitan pembuatan. 

Untuk bisa mendapatkan rincian dan perkiraan harga dari pagar besi yang akan Anda butuhkan, lakukan beberapa langkah berikut ini dengan benar dan teliti.


 

1. Menghitung Luas yang Dibutuhkan

Pertama-tama, hitung seberapa lebar dari pagar besi yang Anda inginkan. Dalam contoh kali ini kita anggap saja pagar besi yang diinginkan akan memiliki lebar sebesar 3 m. Setelah itu perkirakan setinggi apa pagar tersebut, kita ambil contoh bahwa tinggi pagar yang diinginkan adalah 1,5 m.
 

2. Survey Harga Besi

Untuk dapatkan harga terbaik dalam pembuatan dan pemasangan pagar besi, sebaiknya survey di beberapa bengkel besi. Dengan melibatkan lebih dari dua tempat, Anda dapat melihat variasi harga dan membandingkan kualitas layanan serta produk yang ditawarkan. Ini membantu membuat keputusan yang lebih terinformasi dan memastikan nilai optimal untuk investasi pagar besi Anda.

Baca juga: harga besi siku lubang

 

3. Pilih Bahan Dasar Besi Anda

Untuk lebih bisa menghemat dan memperhitungkan biaya dengan lebih baik, Anda bisa juga mencari besi yang memiliki kualitas bagus namun dengan harga yang bersahabat.

Selain menghitung biaya pagar besi, pertimbangkan juga bahan yang cocok untuk rumah Anda, seperti contohnya rumah minimalis yang tidak membutuhkan bahan yang terlalu berat untuk pagar untuk rumah.


Usahakan untuk mencari yang masih masuk dan sesuai dengan budget Anda. Jangan malu bertanya besi mana yang cocok digunakan dalam kondisi outdoor. Cari tahu juga harga berbagai bahan lainnya seperti cat dasar besi, kawat, dan berbagai bahan lainnya. 

Baca juga: aksesoris pagar besi hollow

4. Rancang Biaya yang Akan Anda Keluarkan

Buat rancangan secara kasar, kalikan luas pagar yang diinginkan dengan biaya pembuatan. Anda bisa menghitung dengan rumus volume x harga satuan (harga per meter)

Anggap saja harga terbaik yang ditawarkan adalah Rp. 500.000, maka Anda bisa memulai dengan menghitung volume pagar, contohnya 3 m x1,5 m = 4.5 m2 .

Lalu 4,5 m2 x 500.000 = Rp. 2.250.000. Dari sini Anda bisa mendapatkan biaya pembuatan pagar rumah kasar yang akan Anda keluarkan, sehingga Anda bisa mempersiapkan dana yang tidak jauh dari Angka tersebut.

Jika bisa, buatkan juga desain pagar yang diinginkan apakah ingin pagar minimalis atau tidak agar bengkel las dapat mengetahui kerumitan dan dapat memperkirakan biaya kawat las dan cat yang dibutuhkan serta desain seperti apa yang harus mereka hadapi ketika membuat pagar rumah Anda.

Dengan perkiraan total biaya yang dibutuhkan ini maka Anda akan bisa menetapkan harga yang pasti dengan lebih mudah. Tambahkan juga foto rumah dan foto di mana Anda ingin membuat pagar besi untuk mempermudah nantinya

Kemudian, jika Anda menggunakan jasa pembuatan pagar, pertimbangkan juga perkiraan harga yang harus dikeluarkan, untuk biaya jasa tukang sendiri bergantung pada lokasi serta bagaimana Anda memilih pagar dan jenis pagar yang diinginkan.

Seperti itulah cara Anda mendapatkan perhitungan untuk pembuatan pagar besi.  Semoga informasi mengenai cara menghitung harga pagar besi per meter ini bisa berguna, dapatkan cat dasar besi dengan harga ekonomis di Klopmart sekarang juga!


Sumber rujukan: 

  • https://berita.99.co/cara-menghitung-harga-pagar-besi-per-meter/
Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Tips & Trik

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Selengkapnya
5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Tips & Trik

5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Selengkapnya
11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Tips & Trik

11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Selengkapnya